10 Tips membuat proposal skripsi Bagi kamu yang semester Akhir

Bagi kalian yang saat ini duduk di bangku kuliah pasti akan bertemu dengan tugas akhir yang biasanya dikenal dengan skripsi. Dikalangan mahasiswa skripsi dianggap sebagai salah satu tugas yang paling berat dan menantang. Nah,, kali ini bukan.info akan  berbagi tips untuk membantu anda dalam membuat proposal skripsi. Berikut ini ada 10 tips membuat proposal skripsi :

1. Judul skripsi

judul skripsi
image source http://bit.ly/1BX921u

Bagi anda yang kesulitan untuk menentukan judul skripsi, cara untuk menentukan judul skripsi bisa berangkat dari rasa penasaraan yang muncul dari benak anda terhadap suatu hal yang menurut anda unik dan langka. 


2. Tentukan Pokok Permasalahan

permasalahan
image source http://bit.ly/1M1vgAG

Dalam membuat sebuah proposal skripsi anda diwajibkan untuk menentukan pokok permasalahan yang anda dapatkan baik dalam kehidupan sehari-hari atau yang anda temui ketika belajar. sehingga anda dapat memperoleh inspirasi dalam menentukan judul tersebut.



3. Buat Topik Pertanyaan

pertanyaan
image source https://rainyrid.wordpress.com

Membuat proposal skripsi bisa berangkat dari sebuah pertanyaan yang muncul dari benak anda setelah anda menemukan permasalahan. banyak yang harus anda telaah  secara mendalam dalam membuat sebuah pertanyaan, supaya dapat membuat sebuah pertanyaan yang spesifik.


4. Menentukan Tema

tema
image source http://bit.ly/1aVShg8

Sebuah proposal skripsi memerlukan tema untuk dijadikan sebagai dasar dalam sebuah penelitian. nah caranya, tentukan tema yang tepat dan sesuai dengan pertanyaan anda. Jika anda menemui beberapa tema yang mirip dengan tema anda, carilah argument yang dapat membedakan penelitian anda dengan penelitian yang dilakukan oleh orang lain.


5. Mencari Teori yang Mendukung

teori
image source http://bit.ly/1BmBXgW

Sebuah proposal skripsi haruslah di dukung dengan  teori untuk menjadi penguat argument yang akan anda sampaikan dalam sebuah tulisan anda.  nah, carilah teori yang sesuai dengan  tema anda dalam penelitian. Jangan lupa urutkan sesuai dengan sistematika penulisannya.


6. Metode Penelitian

metode
image source http://bit.ly/1MiSiGs

Metode penelitian ini penting untuk anda dalam membuat proposal skripsi, dengan menentukan metode ini anda tidak akan kebingungan ketika terjun ke lapangan. Jangan lupa sesuaikan dengan kemampuan anda dalam menentukan metode tersebut. anda lebih ahli dalam bagian hitung menghitung atau lebih ahli dalam komunikasi dengan orang lain.


7. Kualitatif atau Kuntitatif

prosedur
image source http://bit.ly/1GgPMi3

Kualitatif ataupun kuantitatif itu bukan suatu masalah dalam membuat proposal skripsi, karena hal ini berangkat dari metode yang telah anda pilih. jika anda lebih ahli dalam hitung menghitung maka anda bisa menggunakan metode kuantitatif, namun jika anda lebih pandai bersosialisasi maka gunakan metode kualitatif. metode kuantitatif bisa berangkat dari sebuah teori kemudian mencari data di lapangan, setelah itu baru diolah oleh peneliti. Sedangkan dengan metode kualitatif peneliti bisa turun langsung untuk mengamati kejadian yang ada di lapangan kemudian data yang telah diperoleh bisa dioleh oleh peneliti.


8. Mengutip pernyataan orang lain

mengutip pernyataan orang lain
image source http://bit.ly/1E4iB19

Ketika anda menulis sebuah penelitian, kemudian anda mengutip dari pernyataan orang lain maka jangan lupa untuk mencantumkan body note atau footnote dan daftar pustaka pada tulisan anda, agar anda aman dari tuduhan plagiasi, karena jika anda melakukan plagiasi maka anda akan dikenai sanksi atau hukuman berkaitan UU tentang Hak Cipta.


9. Melakukan Konsultasi

konsultasi
image source http://bit.ly/1DZSsy3

Jangan lupa konsultasikan dengan dosen pebimbing atau orang yang ahli dalam bidang ilmu yang anda tekuni karena dengan konsultasi anda akan memperoleh masukan yang bermanfaat untuk proposal anda dan jangan sampai anda merasa kebingungan ketika berada dilapangan.


10. Buat Jadwal konsultasi

jadwal konsutasi
image source http://bit.ly/1A65eZJ
Setelah anda yakin dengan judul anda, lakukan konsultasi secara rutin. Buat jadwal konsultasi dengan pebimbing anda dan tekunlah dalam mencari informasi yang akan anda teliti. sebab jika anda tidak membuat jadwal konsultasi maka bimbingan anda tidak akan bisa teratur.

Semoga beberapa tips yang bukan.info sampaikan dapat mencerahkan dan membantu anda untuk melangkah dalam membuat proposal skripsi. Teruslah berkarya dan mulailah belajar menulis dari dini, karena dengan ini anda akan mendapatkan manfaat dihari-hari yang akan datang.