Dunia Mahasiswa, 10 Jenis Pekerjaan Yang bisa Digeluti Oleh Mahasiswa

Bila berbicara mengenai Mahasiswa, mungkin yang terbayang dalam fikiran Anda adalah seseorang yang kerjanya hanya belajar, kaum cendikiawan yang hanya fokus pulang pergi untuk menuntut ilmu dan tidak melakukan hal selain itu.

Akan tetapi pada kenyataannya Mahasiswa saat ini jauh lebih kreatif lagi loh, tidak hanya berkutat dalam kegiatan belajar saja, mereka juga banyak yang melakukan kerja sampingan untuk mengisi waktu luang serta untuk menambah pengalaman.

Nah,, untuk Anda seorang Mahasiswa yang mungkin saat ini kebetulan sedang mencari rekomendasi untuk bekerja dan bingung mau kerja apa, takut mengganggu kuliah dan sebagainya, berikut ini akan diuraikan beberapa jenis pekerjaan yang bisa digeluti meski Anda masih menyandang status sebagai Mahasiswa.


1. Operator Warnet Merupakan perkerjaan sampingan yang di gemari kalangan Mahasiswa.


operator warnet
Image source http://bit.ly/1Mr.Sa9L

Operator warnet merupakan salah satu jenis pekerjaan yang bisa dilakukan oleh seorang Mahasiswa. Biasanya, akan diberlakukan model Part time, untuk menyesuaikan jadwal kuliah dan jadwal kerja. Bagi Anda yang termasuk 'penggila' internet, maka tidak ada salahnya Anda mencoba bekerja sebagai operator warnet. Selain mendapatkan pemasukan untuk belanja bulanan, Anda juga dapat bermain dengan Internet tanpa batas. 

2. Selain itu Counter HP juga di gemari Mahasiswa


counter HP
Image source blogspot


Counter, merupakan rekomendasi selanjutnya untuk tempat kerja seorang Mahasiswa. Bekerja di sebuah counter bukanlah suatu pekerjaan yang memberatkan, karena kegiatannya terbilang ringan, seperti melayanani pembeli dan mencatat transaksi yang masuk. Selain itu, disela-sela pekerjaan Anda, apabila counter tempat Anda bekerja sedang sepi pembeli, maka Anda dapat gunakan waktu luang itu untuk membaca buku ataupun materi menyangkut perkuliahan Anda.

3. Jika ada waktu luang sebaiknya menjadi tentor di Les Prifat


Les Prifat
Image source centraprivate.files.wordpress.com

Menjadi guru Les Prifat merupakan salah satu jenis pekerjaan yang bisa digeluti oleh seorang Mahasiswa. Selain waktunya yang fleksibel, menjadi pengajar Les Prifat juga dapat memperbaharui pengetahuan Anda. Sehingga selain mendapatkan income, Anda juga bisa sambil belajar. Lengkap sekali bukan? seperti halnya pepatah yang mengatakan "Sambil menyelam, minum air". Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk menjadi guru Les Prifat.

4. Foto Copy di gemari juga di kalangan mahasiwa


Foto Copy
Image source www.no1-office.com


Rekomendasi tempat kerja selanjutnya yang bisa dimasuki oleh Mahasiswa adalah jasa Foto Copyan. Mengapa demikian? karena, biasanya di jasa foto copyan juga membuka lowongan Part Time bagi karyawannya yang masih kuliah. Memang, apabila dibandingkan dengan beberapa rekomendasi pekerjaan sebelumnya, bekerja di foto copy ini relatif lebih berat. Apalagi jika tempat foto copy tersebut sekaligus membuka jasa percetakan buku, pastinya kamu akan sangat sibuk dan sedikit waktu untuk bekerja. Positifnya, apabila kamu bekerja di jasa foto copyan yang sekaligus mencetak buku, maka kamu akan memperoleh suatu ilmu baru cetak buku, dan siapa tau sesekali kamu bisa cetak buku gratis disitu, hehe.. lumayan bukan?..

5. Jika kamu pandai Marketing cobalah untuk kerja di Online Shop


Online Shop
Image source www.jamestowncycleshop.com
Untuk pekerjaan yang satu ini, biasanya lebih digemari oleh para cewek. Meskipun tidak menutup kemungkinan para cowok pun bisa menjalankan online shop ini. Bagi kamu yang memiliki hobby shopping (perempuan), pastinya kamu tau tempat-tempat yang menjual berbagai perlengkapan cewek dengan harga yang sangat miring. Nah, bisa tuh kamu jadikan sebagai relasi bisnis, dengan menawarkan produknya melalui online shop.
kemudian, bagi kamu para cowok yang senang mengoleksi barang-barang yang cowok banget gitu, pastinya kamu tau banyak rekomendasi barang terbaru untuk dikenakan para cowok. Nah, gak ada salahnya tuh jika kamu mencoba bisnis online shop. 
Dengan begitu, uangmu tidak akan terbuang sia-sia hanya untuk menuruti kesenangan berbelanja dan mengoleksi barang baru, namun juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Bagaimana, cukup asik bukan?

6. Mau menjadi pelayan? kerja di Warung Makan cocok buat kamu.


Warung Makan
Image sourcehttp://bit.ly/1xc6aLS
Usaha warung makan, bisa dikatakan sebagai salah satu usaha yang tidak pernah sepi pembeli. Apabila kamu bekerja di warung makan, bisa dibayangkan betapa lelahnya kamu kesana kemari melayani pembeli. Namun, jangan dulu berfikiran seperti itu. Karena, bekerja diwarung makan, selain jam kerjanya bisa disesuaikan dengan waktu kuliahmu, biasanya warung makan juga menyediakan tempat tidur gratis bagi karyawannya dan tentu saja makanan gratis. Hal itu berarti uang hasil kerjamu bisa utuh selama satu bulan. Meskipun tidak semua warung makan akan menyediakan tempat tidur gratis untuk para karyawannya. Jadi, apabila kamu ingin berhemat, carilah warung makan yang memberikan fasilitas tempat tidur dan makan 3x sehari (apa ada ya?) *semoga kamu menemukannya ya, :D


7. Suka jalan-jalan Loper Koran, cocok buat kamu.


Loper Koran
Image source 2.bp.blogspot.com


Loper koran, merupakan salah satu rekomendasi jenis pekerjaan yang bisa digeluti oleh Mahasiswa. Tidak perlu malu dengan pekerjaan ini karena loper koran adalah jenis pekerjaan yang keren. Kamu selalu memiliki informasi terbaru setiap harinya, jadi tidak mungkin ketinggalan jaman kan? karena siapa yang memiliki informasi lebih banyak, maka dialah yang akan menjadi pemenangnya.

8. Bagi kamu yang suka nulis sebaiknya menjadi Penulis Artikel di berbagai media masa.


Penulis Artikel
Image source www.penulisartikelwebsite.com
Untuk rekomendasi pekerjaan yang satu ini, memang dibutuhkan suatu ketelatenan dan kesabaran super ekstra. Karena, seorang penulis artikel, akan selalu disuguhi dengan tuntutan-tuntutan inovasi baru sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi informasi. Bagi kamu yang memiliki hobi menulis, maka tidak ada salahnya jika kamu melamar menjadi penulis artikel, Bisa artikel untuk website atau untuk surat kabar.

9. Kekampus bawa Jualan, nah ini cocok buat kamu yang ingin Berjualan Makanan Kecil


Berjualan Makanan Kecil
Image source http://ayyu45.blogspot.com/
Nah, untuk kamu yang memiliki hoby memasak, maka tidak ada salahnya jika kamu membuka usaha kecil-kecilan, dengan membuat berbagai jenis makanan ringan, atau kue tradisional. Makanan tersebut bisa kamu titipkan kewarung-warung, atau bisa juga dititipkan kepada teman untuk dijual dikosnya. Akan tetapi, satu hal yang perlu diingat adalah, usahakan untuk menjual makanan yang tidak mudah basi, sehingga apabila suatu saat makanan tersebut tidak terjual habis, maka masih bisa diusahakan menjualnya kembali dilain hari.

10. Laundry merupakan pekerjaan yang cocok buat kamu yang mahasiwi.

Laundry
Image source http://www.sodahead.com/


Nah, pekerjaan yang satu ini bisa dibilang merupakan pekerjaan paling berat jika dibandingkan dengan beberapa rekomendasi pekerjaan sebelumnya. Oleh karena itu, kami meletakkan jenis pekerjaan ini pada posisi ke 10. Demikian tadi 10 Jenis pekerjaan yang bisa digeluti oleh Mahasiswa.

Semoga setelah membaca artikel ini, kamu memiliki gambaran serta rekomendasi yang pas untuk kamu pilih menjadi pekerjaan sampinganmu. Terimakasih.. Salam Sukses selalu.. :)