5 Situs Terbaik yang Memuat Jurnal Ilmiah Berbahasa Indonesia (Open Access) - bukan.info

Bingung cari referensi untuk skripsi yang berbahasa Indonesia? sudah nggak jamannya lagi deh!! Di era teknologi yang serba canggih ini, orang akan memperoleh informasi lebih mudah dari sebelumnya. Semuanya serba lengkap tersedia di berbagai mesin pencari (search engine). Tinggal pinter-pinternya gimana kamu bisa memperoleh informasi yang relevan untuk penelitianmu itu.

Oke, disini bukan.info akan berbagi ilmu mengenai sumber rujukan yang paling cocok untuk penelitian kamu. Tentu kamu sudah mengenal yang namanya jurnal ilmiah bukan? Jurnal ilmiah merupakan terbitan berkala yang berisi artikel-artikel ilmiah yang mana artikel tersebut dapat kamu jadikan sebagai sumber rujukan untuk keperluan penelitian.

Sebagian besar jurnal ilmiah berkelas internasional terbit dengan menggunakan bahasa Inggris. Lalu, gimana dengan yang kurang mahir bahasa Inggris? Pertanyaan itu selalu menjadi alasan seseorang untuk enggan mencari referensi jurnal yang berbahasa Indonesia sehingga banyak peneliti yang menyalin skripsi/thesis/disertasi orang lain. Padahal, hasil penelitian yang baik adalah yang merujuk sumber asli secara langsung (sumber utama) dengan menerapkan metode penelitian yang sesuai aturan. Baiklah, simaklah 6 situs terbaik yang memuat berbagai jurnal ilmiah berbahasa Indonesia berikut ini:

1. PNRI (Perpustakaan Nasional Republik Indonesia)

PNRI
sumber website.informer.com
Berbahagialah kamu sebagai warga negara Indonesia karena saat ini pnri masih membuka pendaftaran keanggotaan secara online melalui situs pnri.go.id. Melalui situs itu, kamu bisa mengakses penuh seluruh koleksi yang dimiliki oleh perpusnas, termasuk e-journal. Untuk bisa mengakses secara leluasa, terlebih dahulu kamu harus mendaftar keanggotaan di e-resources kemudian klik anggota. Lalu, ikuti langkah pendaftaran selanjutnya. Selain bisa mengakses jurnal-jurnal yang dilanggan perpusnas seperti EBSCO, SAGE, ProQuest, ALA, Cambridge University Press, kamu juga bisa mengakses majalah online seperti Visi Pustaka yang memuat artikel-artikel ilmiah yang ditulis oleh para pakar.

2. Portal Garuda IPI
portal garuda IPI
sumber portalgaruda.org

Situs kedua setelah pnri.go.id yang dapat kamu kunjungi adalah portal garuda IPI. Portal yang diinisiasi oleh IAES ini menyediakan berbagai hasil penelitian, artikel-artikel ilmiah dan jurnal ilmiah. Kamu juga bisa mengunduhnya fulltext pdf dengan mudah dengan mengunjungi situs resminya portalgaruda.org.

3. Lapan Online Journal
Lapan Online Journal
sumber www.lapan.go.id
Lapan Online Jurnal merupakan jurnal ilmiah yang dimiliki oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional. Dengan mengunjungi jurnal.lapan.go.id kamu bisa memperoleh banyak artikel dan jurnal dibidang teknologi penerbangan, roket, sains atmosfer, sains antariksa dan lain-lain. Jurnal ini bisa kamu download full text juga.

4. Pustaka IPTEK Nasional
pustaka iptek nasional
sumber pustaka.ristek.go.id

Selain 3 situs diatas, kamu juga bisa mencoba mengunjungi pustaka.ristek.go.id yang menyediakan berbagai jurnal berbahasa Indonesia.

5. Google Cendekia (Google Scholar)
google scholar
sumber scholar.google.com

Untuk urutan kelima ini, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan google scholar. Yaps, google scholar memang menyediakan beberapa literatur ilmiah yang mencakup laporan penelitian, skripsi, jurnal, dll. Kamu juga bisa mencari literatur terkait untuk penelitian kamu. Kunjungi saja di  http://scholar.google.com/schhp?hl=id

Demikianlah kelima situs yang bisa kamu jadikan refrensi untuk penelitian kamu. Nah, sekarang sudah tahu kan?Jangan bilang lagi lho ya kalau nyari jurnal berbahasa Indonesia itu sulit. hehe
terima kasih atas kunjungannya di bukan.info. Semoga bermanfaat