Ayo Ke Perpustakaan? Ada 9 Aktivitas Seru Yang Gak Boleh Kamu Lewatkan - Bukan.info

Mau pergi ke toko buku  dan pergi jalan-jalan, nggak punya uang. Pergi ke perpustakaan aja? Galau juga mau ngapain. Hemmm... Sekarang udah memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN, nggak tahu mau ngapain ke perpustakaan. Wah nggak gaul banget. Padahal untuk menyiapkan era tersebut diharapkan kita menjadi orang yang melek akan informasi.

Anak-anak, remaja, dan orang dewasa belum banyak paham apa itu perpustakaan. Terkadang mereka menganggap bahwa perpustakaan adalah tempat yang horor, harus diam seribu bahasa dan nggak asik buat nongkrong. Anggapan itu salah besar, dilihat dari fungsinya aja bermacam-macam seperti untuk penelitian, pendidikan, pelestarian, informasi dan rekreasi. Nyesel kalau nggak pergi ke perpustakaan. Ayo Ke Perpustakaan? Ada 9 Aktivitas Seru Yang Gak Boleh Kamu Lewatkan



1. Banyak Referensi untuk Ngerjain PR Kamu

1. Banyak Referensi untuk Ngerjain PR Kamu
Image Source https://www.flickr.com

Perpustakaan merupakan tempat yang tepat untuk kamu yang kebingungan mencari bahan referensi saat mendapatkan tugas dari dosen ataupun guru. Namun biasanya guru sudah mengarahkan siswa atau mahasiswanya untuk mencari buku tertentu yang sudah ada di perpustakaan. Sehingga kita tak perlu lagi banyak membeli buku, hanya cukup datang ke perpustakaan kita sudah mendapatkan informasi yang lebih. Kita tak perlu ke bingungan mencari kemana-mana karena referensi yang tersedia biasanya sudah mencukupi.  Di perpustakaan menyediakan koleksi buku maupun sumber rujukan yang banyak, seperti ensiklopedi, handbook, derektori, bibliografi, indeks, koleksi cetak maupun non cetak, dll yang bisa kamu jadikan materi buat tugas kuliah maupun sekolah.


2. Memanfaatkan Waktu Luang dengan Mendinginkan Badan


2. Memanfaatkan Waktu Luang dengan Mendinginkan Badan
Image Source https://www.flickr.com

Datang ke perpustakaan sangat cocok buat kamu yang memiliki banyak waktu luang. Saat istirahat siang, pulang kantor, atau bagi pelajar yang jam pelajarannya kosong. Pada saat waktu luang tersebut kita bisa menggunakannya untuk datang ke perpustakaan, dari pada melakukan hal yang tidak berguna atau berkeliaran tak tau arah, mendingan ke perpustakaan.  Udara yang semakin panas membuat kita terkadang belajar tidak konsentrasi juga,  untuk itu kalian bisa mencari perpustakaan yang ada AC-nya. Bisa ngadem sama dapat ilmu kan.  Ngadem di Perpustakaan  menyenangkan seketika hawa luar di siang hari yang sangat panas berubah menjadi hawa tenang sejuk dan membuat seketika otak menjadi rileks. Kebanyakan mahasiswa kalau  ditanyai mengenai perpustakaan ternyata banyak juga yang mengatakan hal tersebut juga. Walaupun itu kelihatannya biasa-biasa saja, namun apabila hal ini dilakukan secara terus menerus kita akan tertarik gemar membaca sekalian menaikkan angka gemar membaca yang dirasa cukup memprihatinkan. Malu sama tetangga negara dan benua. 


3. Meminjam Koleksi Perpustakaan  Kesukaan Mu


3. Meminjam Koleksi Perpustakaan  Kesukaan Mu
Image Source http://favim.com/image/2450035/
Dapat diketahui jika anak pandai dan rajin pasti kehausan akan informasi . Mereka rela kemana-mana cari informasi. Di toko buku, tv, dll. Namun untuk menghemat uang dan mendapatkan informasi yang banyak, perpustakaan adalah solusinya. Perpustakaan sudah menyediakan beberapa koleksi  yang bermacam-macam. Dari koleksi fiksi maupun non fiksi dalam bentuk kaset, CD/DVD/VCD, koleksi cetak maupun rekam,dll. Kamu yang menyukai buku novel, bisa meminjam buku secara gratis. Sampai apabila kamu kurang puas, bisa diperpanjang.


4. Mencari Informasi di Internet, Cuma- Cuma


4. Mencari Informasi di Internet, Cuma- Cuma
Image Source https://www.flickr.com
Sekarang banyak perpustakaan yang menyediakan layanan hospotan secara gratis alias cuma-Cuma. Apabila kita sudah menjadi anggota perpustakaan kita akan mendapatkan password untuk bisa mengaksesnya dengan mudah. Jika kamu membawa leptop kamu akan lebih leluasa untuk berada di semua sudut ruang perpustakaan untuk mengakses informasi yang ada di internet. Hal ini bisa kamu lakukan untuk mencari tugas sekolah atau kuliah, selain itu juga bisa kamu lakukan untuk chatting, ng-game, membuka status di jejaring sosial ataupun mengakses berita terkini. Kamu ngggak bakalan ketinggalan zaman dan up to date, karena di zamna globalisasi ini informasi sangatlah menjadi kebutuhan pokok, selain sandang, pangan dan papan.

5. Mendengarkan Cerita, Menumbuhkan Imanjinasi Anak


5. Mendengarkan Cerita, Menumbuhkan Imanjinasi Anak
Image Source https://www.flickr.com


Minat baca di Indonesia masih tergolong rendah, dalam meningkatkan budaya gemar membaca. Maka seharusnya dapat ditanamkan sejak dini. Salah satu kegiatannya yaitu dengan cara story telling atau mendongengkan pada anak sesuai dengan buku. Kegiatan ini bisa kita dapatkan di perpustakaan. Biasanya perpustakaan mengadakan kegiatan ini, apabila anak-anak TK atu SD diajak ke perpustakaan. Selain mendapatkan ilmu, anak-anak bisa berekreasi. Anak-anak bisa membaca buku kesukaannya, apabila belum bisa membaca orang tua diharapkan bisa membimbing anaknya untuk membaca.


6.  Mengerjakan Tugas Akhir, yang Nyaman


Image Source https://www.flickr.com


Perpustakaan universitas biasanya disediakan tempat khusus ruang skripsi. Tempat itu menjadi nadinya mahasiswa membuat skripsi. Tempat ini menjadi tempat nyaman dan tenang. Di ruang baca rung skripsi dapat dilihat mahasiswa yang membawa leptop dan menumpuk tugas akhir dan buku di meja baca. Mahasiswa biasanya khusyuk sekali, sampai-sampai di sapa tak menghiraukan. Mereka sibuk mencari sumber referensi dalam menulis. Apalagi sudah tidak menemukan sumber buku asli yang dapat dijadikan sumber rujukan untuk menulis, namun sedikit diantara mereka yang masih menghandalkan copy-paste tanpa mengutip dari skripsi itu dan mencocokan dengan sumber asli. Mengetik ulang dengan teliti, dengan membolak-balik daftar pustaka. Sepertinya sudah lihai dan mahir. Namun hal ini jangan sampai ditiru, karena ini sangatlah menyesatkan. Sumber informasi di skrisi, tesis, disertasi ini hanya sebagai acuan kita untuk berfikir kembali menyusun tugas akhir kita. Kita bisa mencocokan dengan sumber asli yang ada diperpustakaan, apabila kita tidak ingin mengutip lewat tugas akhir kakak angkatan kita.

7. Diskusi Bareng Teman, dan Kumpul Bareng Komunitas


Image Source https://www.flickr.com

Perpustakaan sebagai tempat yang begitu kental dengan  suasana ”kepenulisan” . Perpustakaan yang sudah mengembangan perpustakaan dengang baik sering mengadakan diskusi dengan penulis buku, komunitas, maupun para ahli, di treatikal perpustakaan atau disudut-sudut ruang perpustakaan. Dengan diadakan diskusi ini dapat menambahkan wawasan yang baru terhadap para penikmat perpuatakaan itu sendiri. Selain itu mereka dapat bertukar ide, sehingga memunculkan ide yang bagus dan baru. Mereka dapat memberi saran satu dan lainnya.


8. Tempat Janjian Sama Seseorang


Image Source https://www.flickr.com


Perpustakaan saat ini bukan hanya untuk belajar, membaca, menulis, diskusi namun juga tempat janjian yang tepat untuk ngerjain tugas. Biasanya apabila dikerjakan diperpustakaan bersama-sama diperpustakaan menjadi cepat selesai. Namun sebagian orang, perpustakaan tidak hanya buat janjian ngerjain tugas sama teman. Namun beberapa fakta membuktikan, sebagian anak sekolah maupun kuliah. Perpustakaan dijadikan tempat untuk bertemu dengan kekasih pujaan hati alias pacar. Katanya sihh buat nemenin buat ngerjain tugas, tapi akhirnya cuma ngobrol di sudut perpustakaan. Jangan ditiru yaa, ke perpustakaan harus dengan niat yang baik. Agar berkah, dapat ilmu dan manfaat.


9. Mengikuti Beragam Agenda Menarik, Bikin Kreativitas Bertambah


Image Source https://www.flickr.com
Untuk meningkatkan promosi, sekarang ini perpustakaan menyediakan beberapa agenda menarik. Seperti mengadakan lomba puisi, mewarnai, membuat lego pemutaran film, membuat kerajinan tangan, senam dan lain-lain. Agenda ini biasanya dilakukan seminggu ataupun sebulan sekali. Saat hari penting seperti hari kartini, 17 Agustus, dll agenda perpustakaan diadakan secara meriah. Tak kalah menarik perpustakaan biasanya mengundang para ahli untuk memeriahkan acara. Pemustaka dapat mengikuti agenda tersebut dengan ketentukan menurut peraturan yang berlaku. Banyak yang gratis, namun ada juga yang membayar. Namun santai saja tidak semahal naik pesawat.

Wahh... ternyatabanyak aktivitas di perpustakaan yaa. Menyenangkan bukan, jangan bosan yaa dateng ke perpustakaan. Ayo Ke Perpustakaan? Ada 9 Aktivitas Seru Yang Gak Boleh Kamu Lewatkan. Jangan lupa lihat juga  Luar Biasa 25 Gambar yang terstruktur kerapiannya Membuat Kamu Bilang Wow.