Hei Mahasiswa, Mau Sukses Ujian? Ni 8 Hal yang Perlu Kamu Jalani -Bukan.Info

Ujian hal yang paling dinanti oleh sebagian mahasiswa, bagi yang rajin dan pinter. Tapi tak sedikit mahasiswa yang merasa ujian itu sebuah beban. Beban yang harus ditanggung sampai-sampai tak tidur, alias buat belajar kebut semalam. Sampai-sampai habisin kopi lima gelas, hanya untuk begadang. Kalau sudah sampai waktunya ujian gugup, sampai-sampai lupa materi belajar semalam. Keluar kelas ujian akhiran karena biar dapat jawaban dari teman. 
Miris rasanya, namun hal tersebut tak berlaku bagi mahasiswa yang sudah mengetahui strategi menghadapi ujian. Melihat soal pun sudah langsung tersenyum, karena terlalu mudahnya soal. Keluar kelas ujian senyum-senyum sendiri, membayangkan nilai A di KHSnya nanti. Hei Mahasiswa, Mau Sukses Ujian? Ni 8 Hal yang Perlu Kamu Jalani :


1. Bedo'alah Dulu Sebelum Ujian Berlangsung

1. Bedo'alah Dulu Sebelum Ujian Berlangsung
Image Source https://retrievalboys.files.wordpress.com

Berdo'a merupakan hal terpenting dalam diri manusia, agar kita lebih dekat pada yang Tuhan yang Maha Esa. Kita ber'doa agar di beri kelancaran saat menghadapi ujian, bisa meningat kembali materi yang pernah dipelajari, dan mendapatkan hasil yang kita inginkan.

2.  Sebelum Ujian Makanlah Makanan yang Bergizi

2.  Sebelum Ujian Makanlah Makanan yang Bergizi
Image Source http://www.kaskus.co.id

Cakupan makanan yang bergizi, membuat otak kita lancar ketika berfikir, tidak lemas, dan berenergi. Jangan lupa sarapan sebelum ujian akan dimulai, dan minum secukupnya. Selain itu juga jaga pola makan agar tidak mudah sakit, jadi saat ujian badan kita bisa diajak bertempur di meja ujian.


3. Menyelesaikan Tugas Dosen Terlebih Dahulu

3. Menyelesaikan Tugas Dosen Terlebih Dahulu
Image Source http://tugaskuliah.byethost6.com

Sebelum ujian dimulai pastikan tugas-tugas terseleasikan terlebih dahulu, jangan menunda-nunda, sehingga saat menjelang ujian, kita akan lebih fokus menghadapi ujian itu dengan sebaik mungkin. Tugas juga akan membantu kesuksesan ujian mu, karena apabila nilai ujian kita kurang baik. Tugas dapat menjadi penolong kita saat penilaian akhir nanti.


4. Berburu Soal Kakak Angkatan, Siapa Tahu Ujian Tak Jauh Beda



4. Berburu Soal Kakak Angkatan, Siapa Tahu Ujian Tak Jauh Beda
Image Source www.glamour.com

Bagi kamu yang pernah mengalami ini, kamu akan merasa beruntung sekali. Kita sudah mengetahui soalnya, sebelum ujian berlangsung. Tak jarang Dosen, memberikan soal yang hampir mirip dengan tahun lalu, malahan sama persis. Kamu bisa memanfaatkan kakak angkatan yang kamu kenal, telpon atau sms kalau jarang ketemu. Apabila kamu beruntung, kamu akan mengerjakan soal ujian setengah waktu yang diberikan saat ujian.


5. Mempersiapkan Buku dan Materi yang akan Dipelajari

5. Mempersiapkan Buku dan Materi yang akan Dipelajari
Image Source https://indaharum.files.wordpress.com

Dosen biasanya memberikan soal ujian, tak jauh beda dengan materi yang sudah di pelajari. Biasanya sudah memberikan power point atau buku pegangan kepada mahasiswanya. Pastikan kamu memilki bahan yang sudah diberikan, apabila kamu belum mempunyai bisa pinjam ke perpustakaan, meminta kepada dosen. Sebaiknya kamu mempersiapkan jauh-jauh hari, sehingga kamu memiliki waktu yang banyak untuk mempelajari. Selain itu, kita juga harus mencatat point-point yang diberikan dosen saat matakuliah belangsung. Apabila teman kamu baik hati, apabila kamu lupa mencatat, Kamu bisa meminjam buka catatan milik temanmu.


6. Belajar Rutin Sepanjang Hari, Walaupun hanya 2 Jam Per Hari

6. Belajar Rutin Sepanjang Hari, Walaupun hanya 2 Jam Per Hari
Image Source http://4.bp.blogspot.com

Kesibukan, kemalasan, atau hanya sok sibuk saja. Hal tersebut membuat kita sering kali tidak belajar atau membaca. Kita terkadang lebih asik menonton tv ataupun tidur. Alasannya besok aja masih ada waktu lama, dua minggu, satu minggu sampai-sampai besok sudah ujian. Alhasil sistem SKS jadi andalan. Namun, apabila kamu ingin suskses saat ujian, meluangkan waktu belajar setiap harinya 2 jam itu sudah cukup untuk mempersiapkan ujian nanti. Sehingga, materi matakuliah sudah tertanam di otak, bukan hanya mengambang saja.


7. Luangkan Waktu, untuk Mengulang Materi

Image Source http://id.academiccourses.com

Walaupun sudah belajar jauh-jauh hari, paling tidak kita juga harus mengulang materi yang sudah dipelajari sebelum kita melakukan ujian. Bukan berarti harus kebut semalam lagi tapi hanya meluangkan waktu sebentar. Jika kamu melakukan hal ini, dapat dipastikan kamu akan mudah menghadapi ujian.

8. Perhatikan Tulisan Saat Ujian, Pastikan Tulisan Kamu Bisa Di Baca

Image Source http://stat.ks.kidsklik.com
Percayakah, ada tipe dosen yang memperhatikan tulisan mahasiswa. Ada dosen yang nggak mau baca tulisan mahasiswanya, karena tidak bisa dibaca. Cobalah menulis lebih rapi saat ujian, minimal bisa dibaca. Sehingga, kita tak sia-sia menulis banyak sekali jawaban tetapi dosen tidak tahu maksudnya.