ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Kamu Anak Kost yang Hobi Masak? Beruntungnya Dirimu..Inilah 10 Manfaat Memasak Bagi Anak Kost- Bukan.Info

Memasak erat hubungannya dengan kaum Hawa, walaupun tidak menutup kemungkinan kaum Adam pun banyak yang suka memasak, bahkan terkadang masakannya lebih lezat. Nah bagi Sobat Bukan.Info yang hidup sebagai anak kost dan suka memasak, kali ini Bukan.Info akan membagikan 10 Manfaat Memasak Bagi Anak Kost. Apa sajakah itu? Mari kita simak bersama :)

1. Memasak Sendiri Bisa Menghemat Uang


Kamu Anak Kost yang Hobi Masak? Inilah 8 Manfaat Memasak  Bagi Anak Kost- Bukan.Info
image source mta.co.id



Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menghemat pengeluaran adalah dengan tidak membeli makanan di luar alias tidak sering jajan. Maka memasak sendiri di kost bisa saja menghemat uang karena harga membeli bahan mentah di pasar atau supermarket jauh lebih murah dibandingkan membeli makanan yang sudah diolah. Misalnya saja, sahabat Bukan.Info membeli ikan bandeng yang sudah masak dengan harga Rp 5000, sedangkan jika membeli yang belum digoreng hanya Rp 3500, lebih hemat Rp 1500 kan? Walaupun memang membutuhkan minyak goreng untuk memasaknya, tetapi pada keadaan tertentu, memasak sendiri itu bisa menekan pengeluaran, misalnya ketika akhir bulan, ketika uang menipis, sahabat masih punya persediaan bumbu-bumbu memasak sehingg tinggal membeli sayuran dan lauknya saja untuk kemudian diolah sendiri dengan selera kita sendiri. Eits, tapi berhemat tetap karena Allah yaa.. hehe

2. Membuat Hidup Lebih Sehat

Kamu Anak Kost yang Hobi Masak? Inilah 8 Manfaat Memasak  Bagi Anak Kost- Bukan.Info
image source tubuhwanita.com
Selain dalam rangka berhemat, memasak bisa membantu sahabat Bukan.Info menjaga kesehatan, karena dengan memasak sendiri kita bisa tahu persis bahan dan bumbu yang digunakan. Membiasakan tidak menggunakan penyedap masakan dan bahan-bahan instan adalah tips untuk menjaga kesehatan. Kalau jajan di luar, apakah kita bisa memesan masakan yang tanpa pengawet dan penyedap?  Mungkin bisa saja sih, tapi konsumennya kan bukan hanya sobat seorang. Betul tidak? :D


3.  Melatih Kreativitas
 
Kamu Anak Kost yang Hobi Masak? Beruntungnya Dirimu..Inilah 8 Manfaat Memasak Bagi Anak Kost- Bukan.Info
image source forum.kompas.com
Ketika akan memasak, sobat pasti berpikir hari ini mau masak apa ya? Ketika banyak keinginan, bosan dengan menu yang itu-itu saja dan belum banyak tahu resep-resep masakan, maka kita akan mencari resep-resep di internet atau membeli buku-buku resep masakan, mulai dari yang tradisional sampai yang sedang jadi trend. Awalnya mungkin masih ngikut resep orang lain, memodifikasi resep, dan nantinya bisa membuat resep sendiri. Menyenangkan sekali.
 
4.  Mengenal Macam-Macam Bumbu dan Sayuran

Kamu Anak Kost yang Hobi Masak? Beruntungnya Dirimu..Inilah 8 Manfaat Memasak Bagi Anak Kost- Bukan.Info
image source antaranews.com
Sebelum memasak, Sobat harus tahu dulu donk bahan-bahan yang dibutuhkan. Kalau belum tahu, bisa searching di internet atau telpon Mamah :D . Ketika membeli di pasar, kita harus menyebutkan nama bumbu yang akan kita beli, agar penjual tahu yang kita maksud. Atau bisa juga sih ketika belum tahu nama sayuran dan bumbu yang Sobat lihat di pasar, Sobat bisa saja tanya ke penjualnya, misalnya: "Bu, ini namanya sayuran apa ya? rasanya seperti apa?" (sedikit bocoran, itu yang sering penulis lakukan, tapi lihat-lihat dulu penjualnya ramah atau tidak hehe). Lambat laun, Sobat pasti akan menjadi familiar dengan berbagai macam bumbu dapur, so ketika ditanya orang Sobat bisa menjawab mana yang namanya kemiri, ketumbar, dan mrica. Mana yang namanya jahe, kunyit, lengkuas dan kencur. Bangga juga kan? :D
 

5. Terjamin Kehalalannya



Kamu Anak Kost yang Hobi Masak? Beruntungnya Dirimu..Inilah 8 Manfaat Memasak Bagi Anak Kost- Bukan.Info

image source halalmui.org


Hal yang paling penting bagi Sobat Bukan.info yang muslim sebelum menyantap makanan adalah kehalalannya. Ketika membeli makanan kita pasti melihat dulu warung makan yang kita datangi, sudah ada label halalnya belum ya? Ketika membeli makanan kemasan juga harus mengecek label halalnya. Nah dengan memasak sendiri, Sobat bisa lebih menjaga kualitas makanan yang akan dikonsumsi, bumbu sudah ada izin dari BPOM dan DepKes plus MUI belum ya? Kalau sudah ada, lebih mantap rasanya untuk mengkonsumsinya. Langsung lahap deh hehe


6. Lebih Higienis 


Kamu Anak Kost yang Hobi Masak? Inilah 8 Manfaat Memasak Bagi Anak Kost- Bukan.Info
image source higienisindonesia.com



Memasak sendiri lebih terjamin kebersihannya. Jika membeli makanan, kita tidak tahu bagaimana keadaan sayuran yang dimasak, apakah masih segar atau sudah layu dan menguning? Apakah bumbu yang digunakan sudah dijamin masih baik dikonsumsi? Apakah sayuran dan daging sudah dicuci sempurna? Apakah makanan sudah matang sempurna? Bagaimana dengan kondisi perlatan dapur, apakah pisau yang digunakan benar-benar telah dicuci bersih, dan lain sebagainya. Tidak mungkin juga kan kalau kita mencari lebih jauh tentang informasi ini? So, memasak sendiri jauh lebih aman karena kita tahu persis bagaimana kondisi alat, bahan dan bumbu yang digunakan.


7. Mempererat Persaudaraan dengan Teman-teman Kost


image source jasakaterinmalang.com





Memasak di kost seringkali tidak hanya sendiri, tetapi teman-teman juga ikut berpatisipasi, sehingga momentum memasak menjadi momen yang pas untuk berbagi cerita, becanda, dan tak jarang pula diskusi. Jadi, sangat bermanfaat untuk mempererat hubungan kita teman teman-teman kita.

 
8. Agar Tidak Kaget Ketika Nanti Sudah Menikah


Kamu Anak Kost yang Hobi Masak? Beruntungnya Dirimu..Inilah 10 Manfaat Memasak Bagi Anak Kost- Bukan.Info
image source visitcariboo.com
Nah, ini yang tak kalah penting bagi kaum wanita. Menjadi istri adalah dambaan semua wanita. Menurut beberapa pria, salah satu kriteria istri yang ideal itu adalah yang pandai memasak, sehingga suami tak perlu jajan di luar terus. Begitu pun ketika kelak memiliki anak, kita harus bisa menyiapkan bekal anak sekolah karena tidak mungkin dong kalau anak tidak pernah nyicipi masakan ibunya. :)


9. Bisa Berbagi

Kamu Anak Kost yang Hobi Masak? Beruntungnya Dirimu..Inilah 10 Manfaat Memasak Bagi Anak Kost- Bukan.Info
image source ummi-online.com

    Dengan memasak sendiri, sobat bisa berbagi makanan dengan teman-teman. misalnya ketika sobat membuat kue seperti bolu, brownies, nastar ataupun klepon, sobat bisa bagi-bagi ke teman-teman kost atau tetangga kost, walaupun hanya sedikit tapi kita bisa belajar berbagi makanan buatan sendiri, sungguh menyenangkan :D

10. Membuat Bahagia

Kamu Anak Kost yang Hobi Masak? Beruntungnya Dirimu..Inilah 10 Manfaat Memasak Bagi Anak Kost- Bukan.Info
image source ibubercahaya.com
   Memasak bisa membuat kita bahagia, terlebih bagi Sobat Bukan.info yang hobi masak, senang mencoba resep baru, ketika masakan kita berhasil pasti kita akan merasa senang.  Tidak jarang pula wanita mengalihkan kepenatan lewat memasak selain pergi shopping atau membaca buku. Seringkali ketika wanita memasak itu sambil bersenandung atau pun mendengarkan rekaman yang bermanfaat, seperti mendengarkan kajian, mendengarkan radio dan sebagainya., so ketika memasakpun Sobat masih bisa mendapatkan ilmu :)

  Nah, itulah  10 Manfaat Memasak Bagi Anak Kost yang bisa Bukan.Info bagikan kali ini, masih banyak sekali manfaatnya, mungkin Sobat Bukan.Info mau menambahkan? 

  Terima kasih sudah membaca tulisan kami, semoga Sobat jadi lebih rajin lagi masaknya yaa hehe... semoga bermanfaat ya.. :)
Post a Comment

Post a Comment