Kamu ngantuk saat kuliah? pelajari 5 cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan rasa ngantuk saat kuliah - bukan.info

Mengantuk adalah suatu kebiasaan yang sering terjadi saat mahasiswa mengikuti sebuah kuliah. Pada dasarnya mengantuk itu merupakan suatu hal yang lumprah terjadi pada siapa saja, namun tergantung bagaimana cara untuk mengatasi rasa ngatuk tersebut ketika sedang mengikuti kuliah. Sebenarnya, mengantuk saat kuliah merupakan kebiasaan yang kurang baik diterapkan oleh seorang mahasiswa. kenapa? karena kamu tidak akan konsentrasi dengan materi yang diberikan oleh dosen kamu. Sebagai seorang mahasiswa seharusnya kamu mengikuti setiap materi yang diberikan oleh dosen kamu, supaya ilmu yang kamu dapat bisa bermanfaat. Bagi kamu yang suka ngantuk dikelas, kamu harus menerapkan 5 cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan rasa ngantuk saat kuliah. 




1. Tumbuhkan rasa senang terhadap dosen dan mata kuliah yang diajarkan

senang dengan dosen dan mata kuliah
image source www.antaranews.com

Menumbuhkan rasa senang terhadap dosen dan mata kuliah dapat membantu kamu dalam menghambat rasa ngantukmu. Hal ini terjadi karena pikiran kamu bekerja secara ekstra untuk mengikuti kuliah tersebut. Sehingga rasa ngantuk  akan hilang pada dirimu. 


2. Persiapkan materi yang akan kamu pelajari saat kuliah

siapkan materi
image source ciricara.com

Kamu harus menyiapkan materi untuk mendukung proses belajar kamu dikelas, supaya ketika dosen bertanya, maka kamu sudah siap dengan jawaban yang akan kamu berikan. Dengan cara ini pula pikiran kamu akan berkonsentrasi untuk mengikuti kuliah.


3. Ungkapkan semua rasa penasaranmu kedalam sebuah pertanyaan

Bertanya dengan materi yang diberikan
image source ceritaprasmul.com

Memberikan pertanyaan juga merupakan salah satu cara agar kamu tidak mudah ngantuk saat mengikuti kuliah, karena saat itu juga otak kamu bekerja untuk berfikir dan mempersiapkan tanggapan ketika pertanyaan kamu dijawab oleh pemateri.


4. Catatlah semua materi yang disampaikan oleh Dosenmu

mencatat semua materi
image source www.isigood.com

Ketika kamu mencatat semua materi yang diberikan dosen kamu, maka tangan, mata, dan telinga kamu akan bekerja secara bersama-sama, sehingga hal tersebut akan mempengaruhi pikiran kamu untuk ikut bekerja. Manfaat dari cara ini, kamu tidak akan ketinggalan materi yang telah diberikan oleh dosen kamu. Selain itu, ketika kamu lupa, maka kamu dapat membuka kembali catatan dari materi tersebut.


5. Alternatif lain, sebelum berangkat kuliah makanlah permen untuk menghambat rasa ngantukmu

alternatif lain makanlah permen
image source nang-kenee.blogspot.com

Sebelum kamu berangkat  kuliah, makanlah permen untuk membantu menghambat rasa ngantukmu. tetapi jika hal tersebut tidak dapat dilakukan, maka kamu dapat menggunakan alternatif lain yang bukan. info berikan pada point-point sebelumnya.

Demikian 5 cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan rasa ngantuk saat kuliah, teruslah bersemangat untuk mengikuti setiap mata kuliah. semoga bisa bermanfaat dan baca juga artikel yang terkait di bukan.info :D