Kamu Pengguna Sepeda Motor?.. Ini Dia Info Penting 5 Modus Kejahatan Yang Biasa Terjadi Di Jalan Raya - bukan.info

Sepeda motor bagi sebagian orang, merupakan suatu kendaraan yang dianggap lebih efektif, simpel dan efisien. Apalagi bagi Anda yang hidup dikota-kota besar yang setiap harinya selalu dihantui oleh kemacetan, menggunakan sepeda motor untuk menjalani aktifitas merupakan suatu pilihan yang paling tepat. Karena dalam kemacetan sekalipun, seorang pengendara sepeda motor masih bisa menyelip maju diantara kendaraan-kendaraan lainnya, atau memilih jalan alternatif melewati gang-gang kecil  (jalan tikus) yang tidak mungkin dilewati kendaraan besar seperti mobil atau angkutan umum.

Nah, bagi Anda yang setiap harinya selalu beraktifitas menggunakan sepeda motor, baik ketika pergi ke kantor, kuliah, traveling dan kegiatan lainnya, maka Anda harus lebih waspada agar terhindar dari kejahatan yang mengintai  Anda sepanjang perjalanan.

Akhir-akhir ini, modus kejahatan yang banyak menimpa pengendara sepeda motor semakin marak terjadi, modusnyapun semakin beragam. Oleh karena itu, pengguna kendaraan roda dua ini dituntut untuk selalu berhati-hati, terutama ketika melintasi kawasan yang sepi.

Nah, berikut ini akan diuraikan 5 Modus kejahatan yang biasa terjadi di jalan raya. Langsung saja, Cekidott.. :D



1. Begal

Begal
image source poskotanews.com


Ini merupakan suatu modus yang tergolong sangat sadis. Modus yang satu ini dipakai para pelaku untuk merebut paksa motor dengan cara sadis dan tak segan-segan untuk melukai sang pemilik motor. Modus kejahatan ini biasanya dilancarkan di tempat-tempat yang sepi dan minim lampu penerangan.

Biasanya, pelaku kejahatan juga membawa motor, awalnya pelaku mencoba untuk memepet kendaraan calon korban, dan tak segan-segan langsung melancarkan aksinya dengan menusukkan benda tajam kepada calon korban, supaya terjatuh dari motor. Pelaku yang biasanya berjumlah lebih dari satu orang ini langsung membawa lari motor konban yang dalam keadaan terluka.

Untuk menghindari jenis kejahatan ini, maka sebaiknya Anda menghindari jalur yang sepi dan minim lampu penerangan terutama ketika menjelang malam. Jika terpaksa harus melalui jalur sepi tesebut, maka pergilan beramai-ramai dengan teman.


2. Menjerat Dengan Tali

Menjerat Dengan Tali
image sourcestatik.tempo.co

Pada jenis modus kejahatan yang satu ini, biasanya pelaku akan melintangkan tali senar yang tajam di tengah jalan, dengan tinggi setara leher pengendara motor. Ketika calon korban melintasi jalan tersebut, maka tali akan dikencangkan dan langsung menjerat leher ataupun bagian bawah pengendara, sehingga akan menyebabkan pengendara oleng atau bahkan jatuh tersungkur. Setelah itu, pelakupun segera mengambil paksa motor korban dan membawanya pergi.


Cara Ampuh yang bisa Anda lakukan adalah, dengan menggunakan helem full-face dan jaket berkerah tinggi. Selain itu, selalu tingkatkan kewaspadaan Anda ketika terpaksa harus melewati jalur sepi dimalam hari.

3. Petugas Leasing Palsu

Leasing
image source tabloidsergap.files.wordpress.com

Modus yang ketiga ini dapat dikatakan merupakan suatu modus terbaru yang biasanya digunakan oleh pelaku kejahatan kendaraan bermotor, dengan cara menyamar sebagai petugas leasing. Modus yang satu ini biasanya mengincar pengendara sepeda motor yang membeli motornya dengan sistem kredit.

Pelaku biasanya memberhentikan korban ketika berada ditengah perjalanan. Sesudah itu, dengan segala tipu dayanya, mencoba untuk meyakinkan korban bahwa motor milik korban itu akan diambil paksa oleh pihak leasing karena berbagai alasan. Ketika korban lengah, pelaku langsung membawa lari motornya. Untuk menghindari modus yang satu ini, maka tetaplah tenang saat berkendara, selain itu jangan mudah percaya dengan orang yang baru Anda kenal di jalan.


4. Ranjau Paku

Ranjau Paku
image source statik.tempo.co
Ranjau paku, merupakan istilah untuk paku-paku yang ditebar oleh para pelaku kejahatan ditengah jalan raya, dengan tujuan agar ban motor pengendara yang melintasi jalur yang telah ditaruh paku itu tertusuk dan tidak bisa melanjutkan perjalanan.

 Yang harus Anda lakukan agar terhindar dari kejahatan ini adalah, gunakan ban tubeless/tubles yang anti ranjau paku, atau Anda juga dapat membawa ban cadangan sendiri jika tidak pakai ban tubless. kemudian, sebaiknya segera laporkan ke polisi jika Anda melihat ada yang mencurigakan, banyak bertebaran ranjau dan ada oknum-oknum penambal ban yang muncul tiba-tiba. Supaya ada tindak lanjut dari pihak yang berwenang untuk mengurangi kejahatan-kejahatan yang terjadi di jalan raya. 


5. Jambret

Jambret
image source 1.bp.blogspot.com
Jenis modus kejahatan yang satu ini dapat dikatakan sebagai kejahatan yang paling sering terjadi, bukan hanya dijalan raya saja melainkan dapat terjadi didalam bus, kereta api, atau kendaraan umum lainnya. Biasanya, yang menjadi sasaran adalah wanita. Karena wanita cenderung lebih kurang waspada dengan keadaan disekitarnya, sibuk dengan aktifitasnya.

Untuk menghindari hal tersebut, khususnya untuk Anda kaum wanita, kurangi memakai aksesoris yang dapat menarik perhatian orang lain. bawalah barang yang benar-benar Anda butuhkan, jangan bawa barang berlebihan.

Itulah tadi beberapa modus kejahatan yang biasanya terjadi di jalan raya. Semoga dengan membaca postingan diatas, Anda dapat lebih waspada dan meminimalisir hal tersebut terjadi pada diri Anda. Terimakasih.. :)