Ketika Kegagalan menghampirimu, Katakan Padanya: "Aku tak Akan Menyerah Karenamu" - bukan.info

Pernahkah kamu merasa patah semangat, gagal, tak punya harapan dan merasa dalam keterpurukan yang paling dalam? Tahukah kamu, penyakit semacam itulah yang akan membuat dirimu menjadi lemah padahal kamu tidak lemah. Kekuatan mutlak memang berada di tangan Allah, akan tetapi segala keberhasilan tergantung pada usaha dan keyakinanmu. Iya kan?

Gagal itu merupakan hal yang biasa, bukan akhir dari semua cerita. So, kamu jangan terus menggalau sepanjang hari sampai menyiksa diri sendiri karena sebuah kegagalan. "Bukankah benih itu justru akan tumbuh ketika ia sudah jatuh?" Maka dari itu, bangkitlah kawan karena kesuksesan telah menantimu. :). Oke, biar nggak menggalau terus menerus, di sini bukan.info akan berbagi tips untuk kamu yang baru merasakan patah semangat, gagal dan semacamnya. Simak berikut ini!

1. Sabar dan tabah saat menghadapi kegagalan
Sabar dan tabah saat menghadapi kegagalan
portal-zulfikar.blogspot.com
Kesabaran dan ketabahan merupakan satu paket yang tak boleh kamu tinggalkan, karena  sebuah cobaan itu akan berlalu seiring dengan besarnya kesabaran seseorang. Memang, bertindak tak semudah mengucap. Akan tetapi, sabar itu bisa dilatih bagi setiap orang untuk dapat merasakan arti sesungguhnya sebuah kehidupan.

2. Yakin dan optimis bahwa kegagalan merupakan awal dari sebuah kesuksesan

Yakin dan optimis bahwa kegagalan merupakan awal dari sebuah kesuksesan
gambardp.com
 Tak ada kegagalan yang abadi selama ada usaha untuk memperbaikinya. Kesuksesan adalah saat kita belajar tabah dari kegagalan dan bersikap sederhana menghadapi keberhasilan. Teruslah berusaha, jangan berhenti hanya dalam satu kegagalan. Karena mungkin saja Allah mencobamu dengan kegagalan di awal agar kamu siap untuk menghadapi tantangan hidup selanjutnya. Mungkin juga Allah rindu dengan rintihan tangis pintamu padaNya. Dan mungkin juga, dengan kegagalanmu itu kamu akan lebih menghargai ni'matnya berproses.

3. Instropeksi Diri
instropeksi diri
allmynotes-51.blogspot.com
Tips ketiga  yang dapat kamu lakukan adalah instropeksi diri. Cobalah menilik ke belakang atas berbagai hal yang telah kau lakukan. Mungkin saja ada satu hal yang kamu lewatkan sehingga kamu bisa gagal seperti ini. 

4. Minta maaf dan doa restu orang tua
Minta maaf dan doa restu orang tua
twicsy.com
Point keempat ini wajib kamu lakukan! Tidak boleh tidak. Kenapa begitu? karena ridlallah bi ridlal walidain (Ridla Allah itu tergantung dari ridla orang tua). Bisa jadi, kamu gagal karena orang tuamu tidak meridlaimu. Atau bisa juga karena kamu punya banyak kesalahan dan belum meminta maaf pada kedua orang tua. Tak ada salahnya kan jika sering minta maaf kepada kedua orang tua.? Orang tuamu pasti akan senang dan merasa bangga ketika melihat anaknya santun, dan berperilaku baik kepada kedua orang tua. Mintalah doa dan restu dari mereka berdua agar jalan hidupmu lurus dan urusanmu dimudahkan olehNya. :)

5. Mendekatkan diri kepada Allah
mendekatkan diri kepada Allah
lukmanisihati.blogspot.com
Tips berikutnya adalah mendekatkan diri kepada Allah.  Inilah yang sering dilewatkan banyak orang ketika baru meraih kesuksesan. Menempatkan Allah selalu dihati adalah kewajiban kita karena kita adalah hambaNya. TanpaNya, kita bukanlah apa. Begitu pun ketika kita sedang patah semangat, gagal dan sebagainya.Ingatlah, bahwa miskin kaya adalah pemberian dariNya. Satu-satunya kekuatan yang bisa menguatkan dirimu adalah Allah. Berdoalah, dan yakinlah ada jalan lain untuk meraih kesuksesan. Yakinlah bahwa kamu bisa menghadapi kegagalanmu itu dengan cara bangkit dan tak kan pernah menyerah. Tidak ada perkara yang sulit jika diusahakan dan diiringi dengan doa, karena Allah tidak pernah menyia-nyiakan semua permintaan hambaNya. Ingatlah bahwa, "yang menjadi penghalang dari impian kita itu sejatinya bukanlah tantangannya namun lebih kepada mental yang rapuh".

Tetap semangat, semoga tulisan ini bermanfaat! :)