Mitos atau Fakta? 11 Manfaat Mitos Waktu Kecil Bagi Kesehatan -Bukan.Info

Masih ingat zaman masih kecil, anak-anak suka bermain sampai lupa waktu, Terkadang suka marah, kalau dinasehati. Semoga bukan termasuk kamu. Orang tua harus melakukan berbagai strategi agar anaknya mau menurut, walau zaman sudah modern. Namun nilai-nilai budaya zaman leluhur masih melekat pada tradisi kita. Banyak mitos leluhur yang dipakai sebagian orang tua untuk menasihati ananknya yang suka susah dinasehati. Namun ternyata dibalik mitos itu semua, menyimpan banyak manfaat jangka panjang. Banyak sekali mitos yang sering diucapkan oleh kakek, nenek, ibu, bapak bahkan teman yang membuat kita berfikir. Ternyata walau tidak menempuh sekolah, mereka sangat peduli terhadap kesehatan. Mitos atau Fakta? 11 Manfaat Mitos Waktu Kecil Bagi Kesehatan




1. Nenek Dulu Bilang "Jangan Makan Biji Jambu Nanti Bisa Tumbuh di Perut... "Masak Iya Nek?

1. Nenek Dulu Bilang "Jangan Makan Biji Jambu Nanti Bisa Tumbuh di Perut... "Masak Iya Nek?
Image Source http://disehat.com/

Mitos atau Fakta. Jawabnya Mitos. Namun jangan diaggap ringan nasehat ini. Kalau dipikir ada benernya juga. Sekarang banyak yang namanya penyakit usus buntu. Salah satu penyebabnya suka makan biji-bijian. Karena biji ini dapat memperberat saluran pecernakan kita sehingga dapat membuat radang usus buntu dan sembelit. Makannya makan buahnya saja, nanti tubuh kita akan menjadi lebih sehat. Jambu biji, buahnya ampuh mengobati penyakit demam berdarah dan menjaga metabolisme tubuh.


2  Kata Orang Jawa " Jangan Pergi Sore Nanti Diculik Sama Candek Olo" . Emang Ada ya?


2  Kata Orang Jawa " Jangan Pergi Sore Nanti Diculik Sama Candek Olo" . Emang Ada ya?
Image Source antarafoto.com

Mitos atau Fakta. Jawabnya Mitos lah.. apaan tu candek olo. Tapi kalau dipikir, kalau sore di jalan-jalan banyak binatang-binatang kecil (Samber Moto) di jalan-jalan. Kalau terkena mata sakit sekali, makannya orang tua nasehatin jangan suka pergi sore-sore. Selain baik bagi kesehatan mata, namun juga mengajarkan anak-anak untuk suka mengaji atau belajar.


3. Aku Tak Punya Ayam. Tapi Ibu bilang "Kalau Makan Harus Dihabisin, Nanti Ayamnya Mati"

Image Source sp.beritasatu.com 

Ayamnya siapa ma? Adek kan nggak punya ayam. Namun dulu kayaknya nurut-nurut aja. Sebenernya tujuannya baik, yaitu anak-anak dapat gizi yang cukup, tumbuh menjadi anak yang pintar dan cerdas dengan makan yang banyak. Selain itu mubazir kalau makan tidak dihabisin. Banyak orang gak semuanya bisa makan enak kan.


4. Makan Ayam Enak Sekali. Tapi Mama Bilang, " Jangan Makan Brutu Ayam Nanti Cepet Lupa"


Image Source cramembuatresepayam.com

Wahhh... padahal makanan ini banyak digemari banyak orang. Apalagi dimakan sama mie godong, rasanya nikmat. Tapi kalau kebanyakan juga bisa bahaya, soalnya brutu atau pangkal ayam mengandung kolesterol yang membuat kolesterol dan darah tinggi.  Kalau udah kolesterol tinggi dapat memicu penyakit jantung, stroke. 


5. Temen-temen Bilang " Kalau Nyapu yang Bersih Nanti Suaminya Brewokan"


Image Source http://vang.blob.core.windows.net/
Dapet info dari siapa kurang tahu. Tapi sering gak, waktu kamu diminta menyapu kelas, tak jarang teman-teman mu untuk memintamu untuk mengulang bagian yang kurang bersih. Tapi kalau kamu sudah denger "Menyapu harus bersih nati suaminya brewokan", kamu lansung diem dan kembali menyapu.
Pesennya supaya kita menjaga kebersihan supaya kita hidup menjadi sehat. Masih ingat kan" Kerbersihan juga sebagian dari iman". Tapi suami brewokan apa salahnya coba, kalau keren kan ngak masalah. Mengikuti sunah nabi juga. 


6. Tante Berkata, "Jangan Makan Sambil Tiduran, Nanti jadi Anak Nangisan"

Image Source http://aliffahri-fst12.web.unair.ac.id/

Makan sambil tidur emang ngak baik. Tapi kalau anak nangisan, emang dasarnya. Mungkin baru sedih, dinakalin sama temen. Dalam dunia kesehatan makan sambil tidur itu berbahaya, karana dapat mengakibatkan asam lambung naik atau menyebabkan muntah.


7. Kata Umi, "Jangan Mainan Capung Nanti Telinganya Sakit"


Image Source  https://dewiwidayanti10.files.wordpress.com
Masih ingat gak cari capung pakai sarang laba-laba. Hal itu sangat menyenangkan bukan. Capungnya di taruh benang ditarik pakai lidi. Wahh kalau sekarang kasihan juga sama capungnya, menyiksa hewan yang tak ada salah. Orang tua kita memang benar, tapi kalau dipikir mitos ini absurd, capung kan gak bisa masuk telinga. Namun ada manfaatnya juga, kalau mencari cabung siang-siang. Anak-anak nanti pada kepanasan dan lupa makan.


8. Menopang Dagu, Saat Berfikir. Tapi Dibilang Seperti Orang Susah


Image Source kfk.kompas.com 

Kalau kita kebanyakan menyangga dagu maka tangan kita akan mudah kesemutan dan gigi kita menjadi tidak rata. Mau Seperti itu? Kamu harus benerin gigi dengan biaya yang cukup mahal. Jangan mudah sedih juga, nanti kalau masih mudah suka sedih nanti cepet tua loo. 


9. Pakai Topi Kan Keren, Tapi Malah Dibilang Borokan

Image Source www.tupperware.co.id

Kalau ini sulit dicerna maksudnya. Disangkutin sama yang lain saja, mungkin kalau gak pernah keramas dan mencuci topi nanti banyak kuman yang akan memicu borok atau kutu (tumo). Kutu ini suka sekali tempat yang lembab. Kalau rambut dan topi kita gak sering dicuci, dipakai diruangan. Maka, saat kita berada diterik matahari kutu-kutu itu akan berbaris mengitari topi. 


10. Menjadi Keriput atau Cepat Tua, Hal  Itu Sering Ditakuti Banyak Anak. Berlama-lama Dikamar Mandi Bikin Cepet Keriput



Image Source www.viva.co.id

Anak-anak identik dengan main air. Kalau sudah mencium bau air atau tanah. Seperti dikasih mainan mahal, betah banget. Sampai-sampai tangan menjadi keriput, karena kedinginan. Tapi maksud orang tua, agar anaknya jangan sampai masuk angin, keliliban sabun atau kepleset bukan.


11. Jangan Duduk atau Berdiri di Bantal  Nanti Wudunen atau Bisulan.

Image Source http://www.nyunyu.com/


Hal ini memang terdengar absurd sekali. Apa hubungannya coba. Orang tua kita mengajar arti kesopanan. Selain itu apabila kita berdiri di bantal ketika kaki kotor kan jorok.

Sebenarnya masih banyak lagi mitos-mitos yang berkembang di masyarakat, setiap daerah mempunyai mitos yang beragam. Ternyata mereka mempunyai cara tersendiri untuk mendidik anaknya. Semoga Mitos atau Fakta? 11 Manfaat Mitos Waktu Kecil Bagi Kesehatan -Bukan.Info bermanfaat. Lihat juga Golongan Darah Kamu A? Ini nih ada7 hal yang harus kamu harus kamu ketahui bahwakamu bergolongan darah A