Punya Masalah dengan Gigi? Nih, 10 Tips Membersihkan Karang Gigi Secara Alami - bukan.info

Setiap orang pasti mendambakan punya gigi putih, bersih dan sehat. Namun, tak sedikit orang punya masalah mengenai karang gigi. Tentu Anda nggak mau kan jika membiarkan gigi anda terlihat kotor, jelek, dan tidak sehat?
Nah, di sini, bukan.info akan berbagi tips untuk Anda mengenai 10 Tips membersihkan karang gigi secara alami. Simak berikut ini:

1. Rajin gosok gigi dengan benar minimal 2x sehari

rajin gosok gigi
sumber www.yasudahlah.com

Menggosok gigi merupakan kebutuhan tersendiri untuk hidup sehat dan tampil percaya diri. Tentu saja, jika memiliki gigi putih, bersih dan sehat akan lebih bebas berekspresi. Nah, seperti apakah cara menggosok gigi yang benar?
yang benar adalah pada bagian gusi atas, sikat dari atas ke bawah. sedangkan untuk gusi bagian bawah, sikat dari bawah keatas. Jangan lupa juga lakukan minimal 2x sehari yaitu setelah makan dan sebelum tidur. Namun ada satu hal yang perlu diperhatikan adalah jangan gosok gigi langsung sesaat setelah makan. Kenapa begitu? karena itu bisa merusak enzim yang ada di mulut kita sehingga membuat nafas tak segar jika dilakukan terus menerus. nggak mau kan?

2. Mengkonsumsi apel secara rutin


mengkonsumsi apel
sumber www.budayahidupsehat.net
Buah apel adalah buah yang kaya akan nutrisi, vitamin dan kalsium. Perlu Anda ketahui bahwa mengkonsumsi buah apel secara rutin tanpa mengupas kulitnya dapat menghilangkan karang pada gigi. Selain enak rasanya, mengkonsumsi buah apel juga dapat mencegah pengkroposan pada gigi.

3. Menggunakan biji cengkeh


biji cengkeh
sumber: jakarta.teraspos.com
Untuk menghilangkan karang pada gigi, caranya adalah siapkan beberapa biji cengkeh yang sudah dikeringkan. setelah itu, tumbuk halus. Nah, kalau sudah halus, gosokkan pada karang gigi Anda secara perlahan. Selamat mencoba.

4. Menggunakan biji asam kawak


biji asam kawak
sumber: sarisyahnan.blogspot.com
Membersihkan karang gigi dengan biji asam kawak caranya hampir sama dengan menggunakan biji cengkeh seperti di atas. Caranya adalah: pertama, sangrai biji asam kawak tersebut kemudian tumbuk biji asam kawak sampai halus. Setelah itu, gosokkan pada karang gigi Anda dengan bantuan sikat gigi atau kapas.

5. Menggunakan campuran daun sirih, kapur dan buah pinang


campuran daun sirih, kapur sirih dan buah pinang
sumber: shalyhasny.wordpress.com
Tips yang kelima adalah dengan menggunakan campuran daun sirih, kapur dan buah pinang. Caranya adalah campurkan satu atau dua lembar daun sirih  dengan kapur. Kemudian oleskan keduanya pada karang gigi Anda. Setelah itu, ambil sedikit saja buah pinang. Campurkan ketiga bahan tersebut lalu kunyah selama kurang lebih 1 jam. Untuk hasil maksimal, lakukan secara teratur sampai karang gigi Anda hilang.

6. Menggunakan pasta gigi khusus


pasta gigi khusus
sumber health.compas.com
Menghilangkan karang gigi yang membandel tidaklah semudah yang kita kira. Tentu saja ada pasta gigi khusus yang digunakan. Pasta gigi yang pas untuk menghilangkan karang gigi adalah yang mengandung fluroid dan tartar control.

7. Minum air putih secara teratur dan berkumur

minum air putih
sumber: jangseu.blogspot.com
Air merupakan kebutuhan pokok yang tak bisa kita hindari. Dengan minum air putih secara teratur, minimal 8 gelas sehari akan sangat bermanfaat bagi kesehatan dan metabolisme tubuh kita. minum air juga dapat membantu membersihkan karang pada gigi yaitu dengan berkumur secara rutin.

8. Mengkonsumsi melon secara rutin


melon
sumber: bigodino.it

Tahukah kamu? Mengkonsumsi melon secara teratur dapat membersihkan karang gigi lho. Makanya, bagi anda yang tidak suka makan buah, anda bisa rutin mengkonsumsi melon untuk membantu membersihkan karang gigi anda.

9. Gunakan baking soda


baking soda
sumber: health.liputan6.com
Cara membersihkan karang gigi dengan baking soda adalah tuangkan baking soda pada 1 sendok makan kemudian gunakan baking soda tersebut sebagai pengganti pasta gigi. cukup mudah bukan?

10. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung tepung dan gula


kurangi makanan manis
sumber: sehatmasakini.blogspot.com
Tips ke 10 ini adalah yang paling penting. Tentu anda suka makan makanan yang manis-manis bukan? Nah, untuk mencegah timbulnya karang pada gigi, Anda harus mengurangi makanan yang mengandung tepung dan gula, karena makanan tersebut sangat mudah menimbulkan plak pada gigi. 

Demikianlah ke 10 tips membersihkan karang gigi secara alami. Untuk hasil maksimal silakan mencobanya dengan beberapa tips yang bukan.info tawarkan.

Terima kasih atas kunjungannya. Selamat mencoba! ^_^