Susah Mengajak Anak Membaca? Ini nih 10 Tips Agar Anak Anda Gemar Membaca - bukan.info


Sebagai orangtua tentu kita menginginkan anak kita menjadi pandai, namun kepandaian tidaklah muncul dengan sendirinya. Seseorang membutuhkan proses untuk menjadi pandai, salah satunya yaitu melalui membaca. Membaca juga bukanlah hal yang mudah untuk dijadikan sebagai kebiasaan. Supaya kebiasaan membaca itu ada dalam diri anak, maka kebiasaan membaca harus diterapkan sejak anak masih kecil (sekitar umur 2-7 tahun).


 Berikut 10 tips agar anak anda gemar membaca :


1. Ajaklah Anak ke Toko Buku Sesering Mungkin

sumber gb. http://bit.ly/1BkUKdU

Anak anda lebih suka mainan daripada buku? Nah, sebagai langkah awal ajaklah anak anda ke toko buku sesering mungkin. Jika anak sering diajak ke toko buku sejak balita, maka ketika anak beranjak besar akan lebih memilih buku daripada mainan. Bisa dikatakan hal ini adalah langkah awal untuk membuat anak menyukai buku.

2. Berilah Anak Kebebasan untuk Memilih Buku

sumber gb. http://bit.ly/1CXFB4e

Pada umumnya anak-anak tidak suka dipaksa. Jika anak dipaksa untuk membaca buku tertentu sesuai kehendak anda, maka anak akan merasa terbebani dan buku yang dibeli malah tidak dibaca. Dan yang lebih mengkhawatirkan, anak akan menjadi tidak menyukai buku. Maka dari itu, lebih baik anak diberi kebebasan untuk memilih buku yang disukainya, tetapi harus tetap memantau anak kita dalam memilih buku.

3. Berikan Buku Yang Sesuai Dengan Hobi dan Cita-Cita Anak


sumber gb. http://bit.ly/1wUVkPM
Anda ingin membelikan sebuah buku kepada anak sebagai hadiah? Agar buku yang anda berikan kepada anak anda tidak sia-sia, maka berikanlah buku yang sesuai dengan hobi dan cita-cita anak. Hal ini juga bisa mmotivasi anak untuk mencapai cita-citanya.

4. Berikan Buku yang Mendudukung Ketrampilan Anak.



sumber gb. family.fimela.com


Sebagai orangtua tentu kita mendukung ketrampilan yang anak kita miliki.  Salah satu cara mengasah ketrampilan anak bisa melalui buku. Sebagai seseorang yang selalu berinteraksi dengan anak setiap hari, kita tentunya mengetahui ketrampilan yang dimiliki anak kita. Untuk mendukung ketrampilan anak, berikanlah buku yang bisa mengasah ketrampilan anak. Misalnya anak anda suka menari, maka berikanlah buku yang terkait dengan tarian.

5. Berikanlah Buku Yang Sesuai Dengar Umur Anak

sumber gb.  http://bit.ly/1BkTAzc
Berapakah umur anak anda? Dalam memberikan buku kepada anak, kita tidak boleh sembarangan, karena hal itu akan berpengaruh pada pada perkembangan anak. Menurut Lynch-Brown (seorang ahli literatur anak), untuk anak usia 0-2 tahun, berikanlah buku yang berwarna cerah dan tidak mengandung banyak kalimat. Usia 3-4 tahun, berikanlah buku bergambar dengan alur cerita yang sederhana. Untuk anak usia 4-7 tahun, berikanlah buku cerita bergambar. Untuk anak usia 7-9 tahun berikanlah buku bergambar yang realistis. Dan untuk anak usia 9-12 tahun berikan buku mengenai petualangan dan cerita hewan realistik.

6. Jangan Memberikan Buku Yang Full text


sumber gb. http://bit.ly/1MmRZue

Seperti apakah buku full text? yang dimaksud buku teks adalah buku yang berisi teks penuh, jarang terdapatt gambar atau bahkan tidak terdapat gambar didalamnya. Anak-anak akan bosan membacanya, karena secara umum anak lebih menyukai gambar daripada tulisan.

7. Berikanlah Anak-Anak Buku Yang Full Color dan Full Pictures


sumber gb. http://bit.ly/1wUUxye
Kenapa kita harus memberikan buku yang bergambar dan berwarna kepada anak? Pada umumnya anak tertarik dengan sesuatu yang mempunyai warna yang menarik dan cerah. Adanya gambar tetapi tidak berwarna akan bisa mengurangi minat anak untuk membaca.

8. Ajakah Anak Membaca Sebelum Tidur


sumber gb. www.bimba-aiueo.com
Apa yang anda lakukan jika mengantar anak tidur? Membacakan cerita kepada anak sebelum tidur sangat bagus untuk membantu menumbuhkan minat baca kepada anak. Ketika anda bercerita, sebaiknya anda gunakan buku yang berisi cerita yang anda sampaikan.

9. Gunakan Intonasi Yang Menarik Saat Bercerita Atau Saat membacakan Buku Kepada Anak.


sumber gb. butiksihatcomel.blogspot.com
Kenapa harus menggunakan intonasi yang menarik saat bercerita? Karena intonasi yang menarik saat membacakan cerita akan membuat anak antusias dalam mendengarkan cerita, serta dapat merangsang imajinasi anak.

10. Berikan Contoh Kepada Anak

sumber gb.  www.balitasehat.net
Poin terakhir yang paling penting untuk menumbuhkan minat baca anak yaitu dengan memberikan contoh kepada anak. Anak-anak cenderung mudah menirukan kebiasaan seseorang yang dilihatnya. Misalnya anda terbiasa memasak dengan menggunakan buku resep, maka anak anda akan berpikir kalau buku bisa menuntun kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Sehingga anak akan menganggap buku itu penting.

Selamat mencoba ya, semoga anak kita bisa menjadi penerus bangsa yang mampu merubah bangsa ini menjadi lebih baik lagi melalui MEMBACA ^_^