10 Hal yang Harus diketahui Anak Perantauan untuk Menghemat Uang - bukan.info

Salah satu hal yang seringkali dialami anak perantauan di akhir bulan adalah bokek alias kehabisan uang, baik itu uang saku bagi anda yang seorang pelajar maupun uang gajian bagi anda yang sudah bekerja. Bokek atau kehabisan uang bukan menjadi kendala yang berarti jika anda menerapkan 10 hal yang  bukan.info sampaikan pada tulisan kali ini.


1. Membuat Catatan

ketika awal bulan, saat anda menerima uang saku maupun gaji kerja, catatlah beberapa keperluan pokok yang anda butuhkan selama satu bulan. Mungkin saja dengan ini anda akan lebih meminimalisir pemborosan di awal bulan.

Membuat catatan
image source http://data.tribunnews.com


2. Menarget Pengeluaran

menarget pengeluaran
image source http://images.detik.com
Target berapa uang yang anda keluarkan pada waktu satu hari. Misalnya, jika uang dalam waktu seminggu Rp. 200.000 maka paling tidak satu hari anda hanya boleh mengeluarkan uang untuk keperluan Rp. 28.000


3. Menabung untuk Hari Esok

menabung untuk hari esok
image source http//:static.ciputraentrepreneurship.com

menabung dapat menjadi salah satu cara untuk menghemat uang. misalnya, anda dalam sehari tidak sampai mengeluarkan uang Rp. 28.000 maka sisa uang tersebut bisa anda tabung untuk keperluan mendadak atau keperluan di hari- hari yang akan datang.


4. Mencatat Semua Pengeluaran

mencatat semua pengeluaran
image source jualsepatuonline.co

Cara ini yang biasanya kurang menjadi perhatian banyak orang. Padahal jika semua pengeluaran dicatat pada buku maupun selembar kertas maka anda akan mengetahui jenis pengeluaran pada setiap bulannya dan tidak akan merasa kaget jika uang kalian habis di akhir bulan.


5.Memenuhi Semua Kewajiban


penuhi semua kewajiban
image source http://suthsamosir.files.wordpress.com

Kenapa memenuhi semua kewajiban bukan.info tulis disini? apa saja yang perlu dipenuhi?
nah, memenuhi semua kewajiban diawal bulan seperti membayar listrik, membayar kos atau kontrakan, dll. Supaya, saat uang  menipis anda tidak dikejar-kejar dengan beberapa kewajiban tersebut.



6.Sembunyikan Uang di Tempat Aman


sembunyikan uang
image source http://4.bp.blogspot.com

maksud dari menyembunyikan uang di tempat aman ini berbeda dengan menabung, karena menyembunyikan ini merupakan salah satu cara untuk jaga-jaga ketika uang anda habis. anda bisa menyelipkan uang kalian pada dompet atau tempat yang jarang dijangkau.


7. Makanan yang Tahan Lama

makanan yang tahan lama
image source http://www.jasapenulisartikelmu.com

membeli makanan yang tahan lama dapat dijadikan sebagai bahan persediaan untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama. sehingga anda masih punya persediaan makanan ketika uang mulai menipis ataupun sudah habis.


8. Meminjam Uang

meminjam uang
image source http://ciricara.com

biasanya cara yang dilakukan beberapa orang ketika uang mulai habis adalah meminjam uang milik saudara maupun teman dekat. kalau bisa usahakan jangan sampai anda meminjam uang milik saudara maupun teman, karena jika anda meminjam uang kepada orang otomatis pada saat awal bulan, gajian maupun uang saku anda akan kepotong untuk membayar hutang.


9. Jangan Mudah Tergiur dengan Barang Baru

shopping
image source www.augmentedrealitytrends.com

Walaupun tidak semua orang hobi shopping atau berbelanja, namun ini menjadi suatu hal yang penting untuk diperhatikan. Jangan sampai uang anda habis hanya untuk membeli barang-barang yang tidak bermanfaat bagi diri anda, dan  tidak bisa meminimalisir pengeluaran.



10. Hati-Hati Penipuan


image source rumahpengaduan.com

Era teknologi  dan komunikasi yang semakin canggih ini marak terjadi adanya penipuan. Jadi bagi anda yang mudah akrab dengan orang baru, jangan mudah percaya pada orang yang masih anda kenal dan belum anda ketahui seluk beluknya, supaya anda aman dari tindak penipuan.

Demikian 10 hal menghemat uang diperantauan, semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi masukan bagi anda untuk menghemat uang.