10 Adab Membaca Al-Qur'an Terbaik Yang Harus kamu ketahui - bukan.info

Indonesia merupakan penduduk muslim terbesar didunia, tentunya sudah tidak asing lagi bukan dengan namanya kitab Al-Qur'an???.. yep pasti kita sering menemukan orang yang sering membaca  Al-Qur'an dan kita juga wajib membacanya.  Al-Qur'an merupakan pedoman hidup orang muslim. Pengen tau adab ketika membaca  Al-Qur'an??.

Baiklah disini bukan.info akan membagikan 10 adab yang baik ketika membaca  Al-Qur'an;


1. Mengikhlas Diri sebelum Membaca Al-Qur'an

ikhlas
 Image source haulid.blogspot.com

Ikhlas merupakan hal yang wajib kita lakukan ketika membaca Al-Qur'an. Ikhlas berarti membaca Al-Qur'an yang tujuannya semata-mata hanya untuk Allah, bukan untuk pamer sama orang. Ikhlas itu bisa diterapkan ketika kita merasa bahwa kita melihat Allah, akan tetapi jika perasaan itu belum hadir, maka kita yang menghadirkan perasaan bahwa Allah selalu melihat setiap pekerjaan kita. Ikhlas itu bisa diibaratkan sebagai jantung hati kita yang bersih, ketika membaca Al-Qur'an hanya untuk Allah. 


2. Membersihkan Mulut sebelum Membaca Al-Qur'an

membersihkan mulut
 Image source m.inilah.com
membersikan mulut merupakan hal yang penting kawan dalam berinteraksi dengan AlQur'an. Karena akan menimbulkan rasa percaya diri, membuang sifat malas, dan menghilangkan bau mulut agar nafas kita segar ketika membaca setiap huruf Al-Qur'an.


3. Kamu harus Berwudhu (dalam keadaan suci)

wudlu
 Image source cintarosul.org
Ketika kita membaca Al-Qur'an harus suci kawan, maksudnya tidak dalam kondisi berhadas (tidak suci). berwudhu dengan air merupakan salah satu cara unntuk mengilangkan hadas. Air wuhdu akan menambah semangat dan konsentrasi kita ketika berinteraksi dengan ayat Allah melalui Al-Qur'an.


4. Lakukan Tayyamun (Jika tidak menemukan Air)

tayammum
 Image source uchihapermana-genjutsusingkep.blogspot.com
Jika kita hendak membaca Al-Qur'an akan tetapi air habis,  jangan khwatir karena kita bisa bertayamum menggunakan debu. Islam itu adalah agama yang banyak memberikan kemudahan, salah satu contohnya adalah saat kekeringan tidak ada air kita diperbolehkan tayamum. Lantas alasan apa lagi yang membuat kita tidak mau mebersihkan diri?.


5. Kamu harus Menghadap Kiblat

menghadap qiblat
 Image source www.konsultasisyariah.com
Saat membaca Al-Qur'an kita disunahkan untuk menghadap kiblat. Agar lebih khusuk, ini juga salah satu cara kita memuliakan Al-Qur'an. Menghadap kiblat sesuai dengan hadis yang berbunyi "Sebaik-baik majelis adalah yang menghadap kiblat". HR. Thabrani


6. Menyediakan Tempat yang bersih

tempat harus bersih
  Image source harmoko1924.blogspot.com
Tempat yang bersih tentunya membuat fikiran kita tenang dalam berinteraksi dengan Al-Qur'an.Tempat yang bersih dan fikiran yang fokus akan menambah kenikmatan saat kita berlama-lama menghabiskan waktu membaca Al-Qur'an. Bukan hanya itu saja tempat yang bersih juga enak dipandang dan Allah sangat menyukai sesuatu  yang bersih.


7. Memulai Bacaan Al-Qur'an dengan Ta'awudz

ta'awudz
 Image source shafiqolbu.wordpress.com
Bacaan ta'awudz adalah bacaan yang disunnahkan dalam memulai bacaan Al-Qur'an. Tujuan bacaan ta'awudz agar kita terlindungi dari godaan setan. Setan selalu menggoda manusia saat berbuat kebaikan, Apalagi ketika membaca Al-Qur'an pasti setan akan bekerja ekstra keras untuk menggoda manusia menghentikan bacaan friman Allah. 


8. Tartil

tartil
 Image source www.thalabilmusyari.web.id

Tartil adalah membaca Al-qur'an dengan baik, jelas, dan benar sesuai dengan tempat keluarnya huruf. Hal ini sesuai dengan firman Allah " Bacalah Al-Qur'an itu dengan tartil." (QS. Muzzammil:4).


9. Mentadabburi Ayat Al-Qur'an (mengambil hikmah/merenungi ayat Al-Qur'an)

tadabbur
    Image source www.halaqohalquranindonesia.com
Al-Qur'an merupakan sumber hukum Islam. jadi ketika membacanya kita juga harus merenungi semua artinya untuk diterapkan dalam kehidupan nyata. Agar kehidupan kita menjadi lebih baik dan selamat dunia akhirat. 



10. Membaca Al-Qur'an secara Berkelompok

berkelompok
 Image source herizalalwi.blogspot.com
membaca Al-Qur'an dengan berkelompok akan menambah semangat kita untuk terus membaca Al-Qur'an. Setidaknya dengan kelompok akan membuang rasa jenuh dan bosan karena melihat teman-teman yang selalu bersemngat tentunya akan memotivasi kita untuk terus bersemangat.


Demikianlah 10 adab yang baik bersama Al-Qur'an. Ternyata banyak hal yang harus kita lakukan agar menemukan ketenangan dan mendapat berkah dalam membacanya. Terima Kasih atas kunjungan di bukan.info, semoga bermanfaat. Terus update informasimu setiap hari di bukan.info dan share juga semua teman-teman untuk berbagi informasi. Baca juga 10 hal yang harus diketahui dalam pendidikan.