Susah Buat Fokus Dalam Belajar? Ini dia 5 Tips Fokus belajar - bukan.info

"Belajar??.. Apa si sebenarnya belajar itu? apa pentingnya si, dan kenapa harus belajar? toh meskipun tidak belajar kehidupan ini akan tetap normal, kuliahku masih tetap berjalan" tutur Mbak Rempong. 

Mungkin, perkataan Mbak rempong (panggilan saja begitu, hehe..) yang tertulis diatas, juga merupakan salah satu pertanyaan yang sering muncul dalam hati kebanyakan orang ya? *semoga si kita tidak termasuk didalamnya ya, hehe. Nah, kalau saat ini masih ada yang berfikir seperti itu, wah harus waspada tuh, kasian masa depanmu, udah besar kok masih bingung cara belajar, udah besar kok masih belum tau arti belajar, waduh waduh,, kasihan,, belajar kok buat mainan :D.

Belajar itu adalah hal yang sangat penting, apalagi bagi kamu yang saat ini masih duduk dalam bangku sekolah atau kuliah, belajar itu adalah kewajiban. Memang si, sulit sekali untuk bisa fokus dan istiqomah dalam belajar, apalagi untuk mencintai belajar, merasa ada yang kurang saat belum belajar, merasa galau karena belum belajar *wuihh,, keren sekali ya, kalau ada yang merasa seperti itu, saya acungin dua jempol deh.. :D.

Tapi meskipun susah, bukan berarti tidak bisa loh, pada postingan kali ini akan dibahas mengenai tips mudah untuk dapat fokus dalam belajar, yukk mari kita simak bersama, ini dia 5 Tips Fokus Belajar.




1. Carilah Tempat Belajar Yang Tenang Dan Nyaman


Tempat belajar tenang dan nyaman
image source www.hipwee.com

Apabila kamu ingin bisa fokus dalam belajar, maka kamu perlu menemukan tempat yang nyaman dan tenang untuk belajar. Apalagi jika kamu termasuk orang yang sulit konsentrasi, harus benar-benar belajar dalam suasana yang sunyi, tidak ada suara apapun (bahkan suara jam dinding sekalipun) itu akan membuatmu terganggu. Nah, itu berarti kamu harus temukan tempat dimana kamu bisa belajar dengan tenang serta nyaman, kalau perlu buatlah desain khusus untuk ruang belajarmu, pasang foto-foto yang lucu, atau foto keluarga sebagai tambahan penyemangat belajarmu.

Satu hal yang juga tak kalah penting adalah penerangan ruang belajar yang sesuai dengan standarnya (tidak terlalu terang dan tidak pula redup), karena penerangan yang tidak sesuai, akan membuat mata menjadi cepat lelah dan akan berakibat pada terhentinya aktifitas belajar. 


2. Pikirkanlah Manfaat Belajar Dimasa Yang Akan Datang

Belajar kunci sukses
image source tienkartina.files.wordpress.com


Saat kamu merasa malas, ogah-ogahan dalam belajar, tidak konsen atau sulit fokus, maka hal yang harus kamu lakukan adalah berfikirlah mengenai manfaat dari aktifitas belajar yang sedang kamu jalani. Taukah kamu bahwa salah satu kunci sukses adalah dengan belajar?.. Ya,, orang yang sukses, tidak akan pernah puas dengan pencapaian yang telah diraih, dia akan terus belajar dan belajar untuk meraih kesuksesan-kesuksesan yang lainnya.

Belajar saat ini, untuk investasi dimasa depan, tidak ada ruginya bagi seseorang yang mau belajar. Maka dari itu, fokuslah dalam belajar, persiapkan masa depanmu dengan baik. :)


3. Pilihlah Metode Belajar Yang Sesuai 


Metode Belajar yang sesuai
image source dreamkita2.files.wordpress.com

Setiap orang, memiliki kecenderungan yang berbeda  dalam hal gaya belajar untuk peningkatan konsentrasi. Bagi kamu yang termasuk ke dalam orang visual, mungkin kamu lebih suka untuk belajar sendiri daripada belajar berkelompok dengan teman-temanmu, kamu menyukai suasana sepi dan mudah berkonsentrasi dengan melihat tulisan-tulisan, maka jika kamu termasuk kedalam kelompok yang ini, lebih baik kamu belajar sendiri, tetapkan waktu yang tempat dan persiapkan hal-hal yang kamu butuhkan untuk mendukung proses belajarmu.

Kemudian, jika kamu orang Auditory, yang mengandalkan pendengaran untuk dapan memahami dan mengingat, maka ketika belajar, kamu dapat melakukannya sambil mendengarkan musik atau lagu yang kamu sukai, sehingga itu akan menambah konsentrasimu dalam belajar. 

Nah, untuk kamu yang termasuk orang Kinesthetic,yang memiliki ciri-ciri senang menyentuh segala sesuatu yang dijumpai, termasuk saat kamu sedang belajar, sulit untuk berdiam diri dan duduk manis, maka kamu dapat menerapkan metode belajar dengan cara membuat suatu bagan atau gambar, merangkumnya, sehingga hal itu akan membuat tanganmu bergerak (tidak hanya membaca tulisan dalam buku) sehingga kamu memiliki aktifitas lain selain sekedar membaca, dan hal itu akan membantumu dalam memahami dan berkonsentrasi terhadap materi yang sedang kamu pelajari.


4. Siapkan Makanan dan Minuman Pendamping Belajar


Makanan dan Minuman Pendamping Belajar
image source www.pendidikankarakter.com

Nah, ini nih yang gak boleh dilupakan saat kamu sedang belajar. Sebelumnya, persiapkan terlebih dahulu makanan pendamping belajar, dapat berupa buah-buahan, snack atau makanan kecil lainnya serta minuman. Jika kamu merasa lelah dalam belajar, kamu dapat beristirahat sejenak dan memakannya, untuk kemudian melanjutkan kembali aktifitas belajarmu.


5. Hindari belajar sambil berbaring, bermain Gadget, Dsb.

Hindari Belajar sambil berbaring, bermain gadget
image source edukasi.kompas.com

Ketika kamu sedang belajar, maka sebisa mungkin hindari posisi belajar sambil berbaring, karena hal itu akan memberikan sugesti kepada dirimu bahwa sekarang waktunya untuk istirahat, yang ada nantinya kamu malah tidur, bukannya belajar. Kemudian, ketika sedang belajar, usahakan jangan memainkan gadgetmu terlebih dahulu, entah itu handphone ataupun tablet. Berikan target waktu belajarmu, misal 1 jam, dan selama 1 jam itu usahakan untuk tetap fokus belajar, abaikan kegiatan-kegiatan lain yang tidak menunjang proses belajarmu.


Demikian tadi beberapa tips yang dapat kamu praktekan untuk membuatmu fokus dalam belajar, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.. :)