Tahukah Anda Perpustakaan Tertua Di Dunia? Berikut 5 Perpustakaan Tertua Di Dunia - bukan.info.

Tahukah Anda? kalau sekarang jumlah perpustakaan nasional berdasarkan data Wikipedia sebanyak 62 perpustakaan yang tersebar di lima benua di dunia ini. Wah banyak juga kan, lalu bagaimana dengan perpustakaan lainnya, seperti perpustakaan perguruan tinggi, sekolah, daerah, dan khusus, pasti jumlahnya lebih banyak, ribuan atau bahkan jutaan yang tersebar di dunia ini. Nah, dari sekian banyaknya perpustakaan di dunia tersebut, adakah perpustakaan yang tertua di dunia ini? Pasti ada, dan berikut merupakan lima perpustakaan tertua di dunia yang sampai sekarang masih beroperasi.

1. Perpustakaan The Royal Ashurbanipal (sebelum abad ke 7)


1. Perpustakaan The Royal Ashurbanipal (sebelum abad ke 7)
image source kompas.com

Perpustakaan yang merupakan peninggalan Kekaisaran Asiria Baru ini bernama lengkap The Royal Library of Ashurbanipal. perpustakaan ini didirikan oleh Raja Ashurbanipal, raja terakhir dari Kekaisaran Asiria Baru. Di perpustakaan ini tersimpan ribuan tablet tanah liat dan juga fragmen-fragmen yang berisi teks berbagai macam jenis dari abad ke-7 sebelum masehi. Saat pertama kali ditemukan, ada banyak potongan-potongan teks yang berserakan yang membuat para ahli kesusahan dalam merekonstruksi ulang teks-teks aslinya. Fragmen-fragmen ini ditemukan di daerah arkeologis di Kouyunjik yang diperkirakan merupakan kota Niniwe dalam Perjanjian Lama, di utara Mesopotamia. Situs ini dapat ditemui di Irak saat ini.


Perpustakaan yang sudah berusia jutaan tahun ini pertama kali ditemukan oleh Austen Henry Layard. Situs ini kemudia dikenal dengan nama South-West Palace yang merupakan Royal Palace dari Raja Senacherib pada tahun 1849. Sebagian besar teks yang ada di sini sudah dipindahkan ke Inggris dan sekarang dapat dilihat di British Museum. Konon, Raja Ashurbanipan suka dengan literatur, dan merupakan seorang kolektor tablet dan text yang sabar.


2. Perpustakaan di Biara St Catherine, Gunung Sinai Mesir (Antara 548-565)


2. Perpustakaan di Biara St Catherine, Gunung Sinai Mesir (Antara 548-565)
image source kompas.com

Perpustakaan yang tercatat sebagai perpustakaan tertua kedua di dunia ini letaknya sangat isolatif dari daerah perkotaan. Perpustakaan yang  bersamaan dengan Biara ini terletak di lereng yang lebih rendah dari Gunung Sinai Mesir. Perpustakaan yang unik dan sangat berbeda dengan perpustakaan pada umumnya di abad setelahnya itu jauh dari keramaian kota. Jika Anda datang dari Kairo, Anda dapat mencapai Biara Catherine melalui jalan darat dengan waktu tempuh selama 6 jam
.

3. Perpustakaan Nasional Republik Czek, Praha (1.366)


3. Perpustakaan Nasional Republik Czek, Praha (1.366)
 image source google.co.id
Perpustakaan Nasional Republik Czek ini bukan hanya salah satu perpustakaan tertua di dunia, tetapi juga salah satu perpustakaan terbesar yang melayani lebih dari 1 juta pembaca setiap tahun. Bahkan, melayani setiap orang yang lebih dari 18 tahun, jadi siapa saja boleh berkunjung ke perpustakaan Nasional Republik Czek ini. Baik mahasiswa, sarjana, peneliti, maupun guru, bebas berkunjung dan meminjam koleksi yang ada di perpustakaan tersebut, karena koleksi yang dimiliki sebanyak 1 juta.
Perpustakaan yang dibangun berawal dari sumbangan buku oleh Raja Charles ke IV ini memiliki gaya arsitektur yang unik. Maka dari itu, sejarah perpustakaan ini erat hubungannya dengan berdirinya Charles University pada tahun 1348. Perpustakaan mendapat dukungan besar dari dunia internasional dan bahkan dari UNESCO karena menjunjung tinggi misi asli dari perpustakaan nasional untuk melayani masyarakat dan sebagai arsip dokumen, yang juga termasuk file digital. Pemandangan yang paling mempesona adalah arsitektur baroque dari kompleks Klementium di dalam perpustakaan tersebut.


4. Perpustakaan Nasional Austria, Wina (Tahun 1368)


4. Perpustakaan Nasional Austria, Wina (Tahun 1368)
image source google.co.id

Perpustakaan ini didirikan oleh Dinasti Habsurg sebagai bagian dari Imperial Caurt Library dan merupakan perpustakaan utama di Austria sejak 1368. letaknya di Hofburg Palace di Wina. Perpustakaan ini memiliki atlas terbaik di dunia. Perpustakaan ini juga memiliki lebih dari 180 ribu manuskrip dari kertas papirus yang merupakan koleksi papirus terbesar di eropa dan kedua di dunia setelah Museum Mesir di Kairo. Hal ini juga menjadi perpustakaan kekaisaran pertama dalam sejarah negara menjadi yang terbesar, karena itu membuat sekitar 7,4 juta item dari berbagai koleksi. Nama itu diganti dengan Perpustakaan Nasional Austria pada tahun 1920 di mana itu terdiri dari empat museum, arsip, dan koleksi khusus.


5. Bibliotheque Nationale de France di Paris, Prancis (Tahun 1461)


5. Bibliotheque Nationale de France di Paris, Prancis (Tahun 1461)
image source google.co.id

Bibliotheque Nationale de France adalah Perpustakaan Nasional Perancis, yang terletak di Paris. Menurut catatan, pendiri sebenarnya dari perpustakaan ini adalah Louis XI yang benar-benar memerintah antara 1.461 sampai 1483. Alasan utama untuk awal adalah kelangsungan koleksi kerajaan.perpustakaan Ini tidak hanya melayani orang-orang di Paris, tapi bahkan komunitas ilmiah global. Ini memiliki 30 juta item, yang mencakup 14 juta buku, publikasi, 5.000 manuskrip Yunani, dan dokumen digital lainnya.

Demikianlah ke-5 perpustakaan tertua di dunia yang wajib kamu ketahui. Terima kasih atas kunjungannya di bukan.info.  baca juga artikel terkait lainnya