6 Cara Mengenali Potensi Diri Untuk Meraih Prestasi - bukan.info

Setiap orang yang dilahir ke dunia ini pasti memiliki potensi,  banyak orang yang tidak tahu potensi apa yang dia miliki. Potensi dapat digali oleh setiap orang, namun hanya saja kebanyakan dari mereka gengsi dan takut sombong kalau memamerkan kelebihan yang dimiliki. Sebenarnya membicarakan sebuah potensi yang ada pada diri sendiri bukan suatu kesombongan, karena potensi merupakan kemampuan yang harus dikembangkan untuk menuju kesuksesan. Berikut ini bukan.info akan berbagi 6 cara mengenali potensi diri  untuk meraih prestasi :
1. Kamu dapat kenali potensi kamu lewat hobi yang kamu lakukan

menggali potensi diri lewat hobi yang disukai
image source poster.4teachers.org

Hobi dapat membantu kamu untuk mengenali potensi yang kamu miliki. Kamu dapat meneruskan dan mengasah terus hobi kamu agar potensi yang ada didalam diri kamu keluar secara sendirinya. 

2. Kamu dapat mengetahui potensi diri lewat bidang atau kegiatan yang kamu sukai

mengenali potensi lewat kegiatan yang disukai
image source www.maxmanroe.com

Bidang yang kamu sukai dapat membantu kamu untuk mengetahui potensi pada diri kamu. kalau kamu sudah suka dengan sesuatu pasti kamu akan rela  melakukan apapun untuk mendapatkannya. Begitu pula dengan potensi, kalau kamu sudah yakin maka kamu akan melakukan apapun agar bisa menggali potensi yang ada pada diri kamu.

3. Impian yang sudah kamu inginkan sejak lama bisa membuat kamu menggali potensi diri

keinginan yang sudah lama dapat membantu mengenali potensi diri
image source www.pusatgratis.com

Impian yang sudah kamu inginkan sejak lama juga akan membantu kamu untuk dapat menggali potensi yang ada pada diri kamu. Dengan impian tersebut alam bawah sadar kamu akan terus bergerak untuk menggali potensi tersebut.

4. Seandainya kamu sudah berusaha namun belum juga mengetahui potensi apa yang kamu miliki, kamu bisa menanyakan kepada teman atau orang terdekat yang kamu miliki

bertanya pada orang terdekat
image source anekaistilah.blogspot.com

Orang tua, kakak, saudara, keluarga, dan sahabat sebagai orang terdekat kamu akan membantu untuk mengetahui potensi apa yang kamu miliki, karena merekalah yang tahu tentang diri kamu sejak kecil sampai dewasa. Terkadang kita tidak dapat mengetahui potensi apa yang kita miliki, sehingga perlu bantuan orang lain untuk membantu menyadarkan diri kita.

5. Banyaklah mencari referensi untuk mengetahui potensi yang kamu miliki

banyak membaca dan mencari referensi
image sourwww.postbank.de

Membaca dan mencari banyak referensi akan membantu kamu memperoleh informasi dan pengetahuan. Jika kamu terus membaca dan mencari referensi, mungkin saja potensi kamu bisa terlihat memalui bahan bacaan yang kamu sukai.

6. Kenali kegiatan yang paling mudah untuk kamu lakukan

kenali kegiatan yang paling mudah dilakukan
image source www.bhubaneswarbuzz.com

Kamu dapat mengenali kegiatan yang menurut kamu mudah untuk dilakukan. Jika kamu sudah sering melakukan hal yang membuat kamu mudah, maka kamu akan senang untuk melakukannya dan tidak akan mau untuk meninggalkan aktivitas tersebut.

Demikian 6 cara mengenali potensi diri untuk meraih prestasi. Kamu harus terus menggali potensi apa yang kamu miliki, sebagaimana sebuah potensi dapat kamu  jadikan sebagai modal untuk kesuksesan kamu dimasa mendatang. Jika kamu sudah mengetahui potensi yang ada pada diri kamu, kembangkan terus sampai menjadi prestasi yang dapat mengantarkan kamu menuju sukses.
terima kasih telah membaca artikel di bukan.info, jangan lupa untuk kunjungi balik ya.., :)