5 Hal Unik Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Sunan kalijaga Yogyakarta – bukan.info


Beragamnya Univesitas dan Jurusan di Indoensia tentunya mempunyai daya tarik dan keunikan sendiri. Hal ini tentunya juga terjadi di jurusan Ilmu Perpustakaan di UIN Sunan kalijaga, apa sih yang menjadi hal unik?, kayak informasi? Banyak baca buku? banyak pengetahuan?  Melek IT?

Baiklah untuk menjawab semuanya pertanyaan diatas bukan.info akan membagikan informasi tentang 5 hal unik  di jurusan Ilmu Perpustakaan UIN. 

1  1. Melek informasi 

image source : www.jababekainfrastruktur.com

 

Melek informasi atau update informasi tentunya semua jurusan harus memilki hal ini. Mahasiswa jurusan harus lebih update dari yang lainnya, hal ini dikarnakan seorang pustakwan harus bisa menjawab semua informasi yang diajukan pemustaka. Jika dari mahasiswa saja  sudah kudet  bagaimana jika sudah bekerja diperpustakaan ingat Iformation for  all.

    2. Dosen yang Eksis Abis

image source : uin-suka.ac.id
 Jika dosen yang lainnya sering tidak aktif dengan dunia maya, beda halnya dengan dosen IP yang selalu update informasi di sosmed. Setiap kegiatan dan informsi terbaru pasti dosennya selalu eksis di dunia maya. Bahkan ada beberapa dosen yang mewajibkan untuk memperbaharui status intinya status yang bermanfaat  serta   tulisan tentang hal-hal yang positif. 

  3. Teknologi Informasi

image source : akatelkom-akatek-bogor.kampus-indonesia.com

Jika bersentuhan dengan perpustakaan pasti yang terbayang hanya buku dan buku. akan tetapi ketika kita belajar di IP kita dituntut untuk menguasai tekhnologi, karena apa ? Hal ini disebabkan karena perpustakaan sekarang mengikuti perkembangan zaman. Sekarang sudah marak  perpustakaan digital yang dilengkapi dengan fasilitas tekhnologi yang bagus dan lengkap. Perpustakaan masih manual rasanya akan ketinggalan zaman dan ditinggal pemustaka, so itulah gunanya mengusai IT.  

  4. Minat Baca

image source : www.telkomsolution.com

 

Minat baca kog masuk ke perpustakaan? Hehe pada bingung . Dalam dunia perpustakaan minat baca menjadi hal yang paling urgen di perpustakaan, mengingat kondisi masyarakat Indonesia yang  minat bacanya masih dibawah rata-rata.   Disinilah keunikan jurusan ini harus bisa mengusai dan memberikan solusi atas minat baca di Indonesia. 

    5. Wisata Perpustakaan

image source : www.hipwee.com

Biasanya kalo orang pergi wisata ketempat yang indah baik itu gunung, laut, dan hutan beda halnya dengan anak-anak jurusan perpustakaan. Nostalgia ke perpustakaan merupakan hal yang paling asyik dalam dunia perpustakaan, selain nambah ilmu juga nambah pengalaman. Setiap perpustakaan yang dikunjungi memiliki keunikan tersendiri, selain itu kita juga akan tersadar betapa pentingannya ilmu pengetahuan yang ada di dunia ini. Tanpa perpustakaan  semua ilmu pengetahuan akan lenyap karena tidak tersimpan dan terola dengan baik. So alasan apalagi yang membuat eggan ke perpustakaan?


Itulah guys keunikan dari jurusan ilmu, melek informasi, nambah pengetahuan dan merasakan bahagianya ketika berbagi informasi. Sekian 5 keunikan jurusan IP UIN Sunan Kalijaga terima kasih atas kunjungannya di bukan.info. Untuk menambah infromasi baca juga 9 aktivitas seru yang bisadilakukan di perpustakaan.