Tahukah Anda Kota Tertua di Dunia? Berikut 7 Kota Tertua di Dunia-Bukan.info

Dunia kita ini sudah sangat tua, begitu pun dengan peradabannya yang diwakili oleh kota-kota tua di dunia. Kota-kota tersebut merupakan symbol keberhasilan manusia dalam membangun peradabannya yang hingga kini masi tetap bertahan dan kokoh. Kota-kota tersebut sampai sekarang masih dihuni dan bahkan terus berkembang menyesuaikan pembangunannya menjadi kota dengan arsitektur modern. Masyarakatnya menjadikan kota tersebut sebagai symbol kejayaan leluhur mereka, ada juga yang menjadikan kota tersebut sebagai symbol perekat yang harus di pertahankan. Sehingga muncullah perebutan kota antar masyarakat yang saling klaim kepemilikannya. Seperti yang terjadi pada kota tua Yerusalem Palestina. Berikut kami sajikan 7 kota tertua di dunia:



1. Gaziantep, Turki (3600 SM)


Image source Goggle.com

Kota yang sekarang penuh dengan keramahan, madrasa, penginapan, dan pemandian yang berasal dari beberapa zaman dahulu, dan seru dengan berbagai masjid ini, dulunya dikenal dengan nama Antep ini, sekarang menjadi ibu kota profinsi Gaziantep. Jota ini memiliki sejarah sejak zaman orang-orang Het (Hittite). Kota ini terus-menerus dihuni oleh manusia sejak zaman Peleolithik dan tumbuh besar hingga zaman Ottoman Turki Usmani.

2. Yerusalem, Palestina (3000 SM)

Image source Goggle.com

Kota yang sekarang menjadi perebutan bangsa Israil dan Palestina ini merupakan kota suci oleh tiga agama, yaitu Islam, Nasrani, dan Yahudi. Ini yang menjadikan alas an terjadinya konflik perebutan kota tua tersebut. Kota ini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu Yerusalem Timur yang menjadi tempat pemukiman populasi Arab, Yerusalem Barat merupakan yang paling cepat berkembang dan menjadi pusat perdagangan, dan kota tua dengan pemandangan yang luarbiasa indah.

3. Kirkuk, Irak (3000 Sm)

Image source Goggle.com

Kota yang pernah menjadi pertempuran tiga kekaisaran besar yaitu Asiria, Babilonia, dan Media yang bergantian mengambil kuasa atas kota ini. Kota yang meninggalkan banyak bekas arkeologi yang berusia lebih dari 50 abad. Kirkuk adalah kota paling penting oleh bangsa Kurdi. Kota ini sekalogus menjadi pusat industry minyak Irak.

4. Zurich, Switzerland (3000 SM)

Image source Goggle.com

Kota terbesar di Swiss ini merupakan sekaligus kota tertua di Eropa. Kota ini pertama kali didirikan oleh kekaisaran Romawi dengan nama Turicum. Grossm√ľnster dan Fraum√ľnster adalah dua gereja tua yang penuh dengan interior indah. Swiss National Museum atau Kunsthaus, juga adalah salah satu museum paling terkenal di dunia. Anda pasti akan tahu betapa kota ini menawarkan semua hal terbaik dalam kehidupan Anda di dunia.

5. Konya, Turki (2600 SM)

Image source Goggle.com

Kota yang diapit oleh dua laut Tengah dan Laut Hitam ini pernah disinggahi oleh seorang Sufi besar Islam yaitu Jalaluddin Rummi dan menetap di sana. Kota yang berada di ketinggian 1.000 m di atas air laut ini dibangun di atas pandang rumput Anatolia ini merupakan salah satu kota yang paling menarik di Turki. Salah satu monument yang paling popular di kota ini adalah Green Moesoleum of Mevlana Celaleddin Rummi, Makam penbyair Turki ternama Jalaluddin Rumi.

6. Giza, Mesir (2568 SM)

Image source Goggle.com

Kota yang dipenuhi dengan berbagai Piramida peneinggalan Kekaisaran Mesir Kuno yaitu Firaun ini pernah digunakan oleh Napoleon Bonaparte sebelum pertempuran pada tahun 1798 sebelum perang Giza. Giza merupaka kota dengan peninggalan peradaban yang tinggi, hal ini menunjukan bahwa bangsa Mesir merupakan Bangsa yang besar di zaman dahulu, dan mungkin juga sekarang.

7. Xi’an, China (2205 SM)

Image source Goggle.com

Dengan sejarah panjang yang terbentang sampai 30 abad lamanya, kota ini adalah salah satu kota paling penting dalam sejarah China. Kota ini adalah salah satu dari Empat Ibukota Kuno Paling Agung di Cina. Kota ini banyak sekali dinikmati dan memiliki tempat yang sama dalam sejarah dengan kota-kota Athena, Kairo dan Roma. Berbagai relik kuno dan berbagai situs budaya penting menempatkan kota ini sebagai Museum Sejarah Alami. Museum Teracota yang berada di kota ini juga dianggap sebagai “Keajaiban Dunia ke Delapan”. Jika Anda ingin ke China, kota ini adalah salah satu kota yang harus dituju.