5 keunikan di balik sambal tumpang khas Boyolali - bukan.info

Sambal tumpang sebagai salah satu makanan khas Boyolali memiliki keunikan tersendiri bagi penikmatnya. Mungkin ada sebagian orang yang tidak menyukai makanan ini karena bahan yang digunakan terasa asing bagi orang yang menciumnya. Namun terlepas dari bahan  yang digunakan justru terletak keunikan yang mendasar dari sambal tumpang. Berikut ini bukan.info akan berbagi tentang 5 keunikan di balik sambal tumpang khas Boyolali :



1. Sebagian warga Boyolali mengenal sambal tumpang dengan nama sambal lethok

sambal tumpang biasa di kenal di boyolali dengan sambal lethok
image source forum.indowebster.com

Sambal tumpang, sambal lethok, sambal godhok, adalah beberapa jenis nama yang diberikan kepada makanan khas ini. Walaupun makanan ini memiliki nama yang berbeda namun makanan ini memiliki rasa yang sama. jadi buat kamu yang ingin mencoba makanan khas ini di Boyolali  akan lebih mudah buat kamu untuk memesan dengan nama yang sudah bukan.info tulis diatas.


2. Sambal tumpang dapat diisi dengan beberapa jenis lauk

tahu kulit dapat dijadikan sebagai lauk yang nikmat pada sambal tumpang
image source fun-share.blogspot.com

Nah, tahukah kamu bahwa beberapa jenis lauk dapat dimasukkan kedalam sambal tumpang. Tempe muda dan tahu kulit adalah beberapa jenis lauk yang dapat dimasukkan kedalam sambal ini, diboyolali biasanya lauk yang dimasukkan kedalam sambal ini adalah tahu kulit. Jadi tidak heran kalau rasa dari sambal ini sangat memikat dan membuat ketagihan.


3. Nasi dan sayuran rebus dapat diberi kuah sambal tumpang diatasnya

nasi sayur ditabur kuah sambal tumpang
image source beingnubie.wordpress.com

Kamu akan merasa nikmat ketika makan nasi dengan sayuran rebus yang diberi kuah sambal tumpang diatasnya. Kamu dapat memilih nasi yang masih hangat sehingga akan lebih terasa nikmat ketika kamu memakan sambal ini, apalagi kalau dilengkapi juga dengan keripik teri atau kerupuk. 


4. Harga sambal tumpang sangat terjangkau

harga sambal tumpang terjangkau dibawah 10.000
image source httpimages.detik.com

Selain cita rasa yang unik, harga dari sambal tumpang ini juga sangat terjangkau karena bahan-bahan yang digunakan juga tidak sulit dan mahal. Buat kamu yang ingin mencoba sambal ini, kamu tidak perlu merogoh kocek yang banyak, karena harga dari sambal ini memang sangat terjangkau.


5. Bahan dasar sambal tumpang adalah tempe semangit

tempe semangit adalah bahan dasar sambal tumpang
image source food.detik.com

Bahan yang paling unik dari sambal ini adalah bahan dasar yang dipakai untuk pembuatan sambal. Sebenarnya bahan dasar dari sambal Tumpang ini adalah tempe semangit.  Jenis tempe ini adalah bahan  yang sudah di farmentasikan sampai cokelat namun tidak terlalu busuk,  dari tempe semangit ini maka akan  memunculkan aroma, rasa, dan warna yang spesifik dari sambal tumpang. 


Perjalanan kamu ke Boyolali akan terasa hambar kalau kamu tidak mencoba sambal tumpang ini, selain cita rasa yang khas dan unik, sambal ini akan membuat kamu menjadi ketagihan..,, :D
demikian 5 keunikan dibalik sambal tumpang khas Boyolali, semoga informasi dari buka. info dapat menambah referensi kamu tentang dunia kuliner indonesia. Jangan lupa kunjungi balik ya.., :D