8 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Untuk Memperingati Hari Buku Sedunia Agar Lebih Bermakna -Bukan.Info

Baru saja kemarin kita merayakan hari bumi sedunia, hari dimana kita menghargai lingkungan. Kalau hari bumi sedunia kita dapat melakukan banyak hal untuk menyelamatkan bumi ini yang sudah tua. Dengan cara membuang sampah pada tempatnya, tidak terlalu banyak mengunakan plastik, dan masih banyak lagi. Nah, kalau di Hari Buku Sedunia ini enaknya ngapain ya?

Hari buku sedunia atau dikenal dengan "world book day" diperingati tanggal 23 April.  "World book Day" adalah peringatan tentang buku dan literasi di seluruh dunia. Perayaan ini bermaksud juga untuk mengenang William Shakespeare and Miguel de Cervantes. Itulah sepengal sejarah tentang World book Day"
Di era sekarang ini buku sudah tergantikan dengan media sosial. Banyak ditemui orang yang asik bermedia sosial daripada membaca buku. Lebih miris lagi fenomena ini sudah merambah ke anak-anak. Tak jarang anak-anak yang lebih suka bermain game, bermedia sosial dari pada membaca buku atau kertas untuk mencoret-coret. Wahh bagaimana dengan kamu? sudahkah kita mencintai buku, menghargai buku, suka membaca dan memahami buku. Kalau belum, dihari buku sedunia ini kita dapat memulainya. 


1. Di Hari Buku Sedunia ini, Kamu Dapat Membaca Buku Kesukaanmu Agar Dapat Menemukan Sesuatu yang Baru 

1. Di Hari Buku Sedunia ini, Kamu Dapat Membaca Buku Kesukaanmu Agar Dapat Menemukan Sesuatu yang Baru 
Suka Membaca http://www.teruskan.com
Suka membaca buku merupakan suatu kebiasaan dan tidak instan. Di hari buku sedunia ini kamu dapat memulainya dengan penuh semangat. Tak perlu buku yang berat terlebih dahulu, kamu cukup membaca hal yang kamu sukai. Kamu bisa membaca novel, komik, majalah dan lain-lain. Selain menambah kecintaan kita terhadap buku, kamu juga mendapatkan sesuatu yang baru. Mungkin dengan membaca buku, kamu dapat terinspirasi atau menemukan sesuatu yang kamu suka.


2.  Kamu harus Lebih bisa menghargai Buku yang Kamu Miliki, Agar  Lebih Mencintai Buku

Menghargai buku ttps://fuvenanda.wordpress.com

Selain harus gemar membaca buku kita haruslah menghargai buku dengan bijak. Rapikan buku-buku, jagalah buku-buku agar buku tak terlibat-lipat, tempatkan di rak khusus, dll. Agar kamu libih tahu cara menghargai buku yuk simak artikel bukan.info yang berjudul Sejauh Mana Kita Merhargai Buku? Ini Dia 7 Cara Menghargai Buku dengan Bijaksana –Bukan.Info  dan 10 Cara yang Bisa Kamu lakukan untuk Merawat Buku - bukan.info


3. Berceritalah Mengenai Sesuatu Kepada Orang Disekitar, tentang Buku yang Kamu Sukai atau Penulis Idola yang Membuat Kamu Terinspirasi

http://www.kawankumagz.com


Dengan banyak membaca kamu dapat memperolah banyak ilmu dan pandangan. Dengan banyak ilmu dan pandangan kita dapat menyebarkan ilmu itu kepada orang lain. Dengan membaca buku kita dapat menambah wawasan dan dapat berbagi ilmu dengan orang lain. Di hari buku sedunia ini, kamu dapat memulainya dengan menceritakan buku yang kamu suka, dengan begitu orang-orang disekitarmu akan tambah wawasan dan apabila mereka suka akan tertarik membaca buku itu. 


4. Kalau Tak Memiliki Buku yang di Baca, Kamu Dapat Mendownload Buku Gratis di Situs Webite atau Mencari Di Perpustakaan

http://www.stikku.ac.id
Di zaman era modern ini, kita akan mudah mendapatkan buku. Kalau tak mempunyai dana yang lebih untuk mendapatkan buku, kita dapat mendapatkan buku tertentu dengan cara gratis. Caranya dengan mencari buku di internet, sekarang sudah banyak situs yang menyediakan buku secara. Salah satu cara untuk menemukan buku, kita dapat membuka website jurnal elektronik. Simak lebih lanjut di artikel   5 Situs Terbaik yang Memuat Jurnal Ilmiah Berbahasa Indonesia (Open Access) - bukan.info . Selain itu kamu juga dapat pergi ke perpustakaan di lingkungan sekitarmu, ada berbagai perpustakaan yang bisa kamu kunjungi. Ada perpustakaan sekolah, perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan umum, perpustakaan khusus, ataupun taman baca masyarakat. 


5. Kalau Kamu Mempunyai Buku yang Tidak Terpakai, Sumbangkan Ke Perpustakaan atau Taman Baca Di Sekitar Kamu

www.slideshare.ne

Kamu memiliki buku bekas atau buku lama yang tak kamu baca lagi, daripada dijadikan pajangan atau dijual untuk daur ulang saja. Kamu dapat memberikan buku itu ke perpustakaan, taman baca atau teman-teman kamu. Banyak taman bacaan masyarakat yang membutuhkan banyak buku untuk dijadikan koleksi untuk masyarakat. Masih ingat filosofi “Buku of All (Buku untuk semua). Setiap orang butuh membaca. Semoga di hari buku sedunia, banyak masyarakat yang lebih mencintai buku.


6.  Rencanakanlah Berbagai Kegiatan Menarik untuk Memperingati Hari Buku Sedunia

http://kids.britannica.com
Di hari buku sedunia ini kamu dapat merencanakan banyak hal, seperti kegiatan bagi buku atau kalau kamu mempunyai komunitas tertentu kamu juga dapat membagikan virus membaca di berbagai tempat. Kamu dapat melakukan story telling di taman baca atau tempat belajar, atau membuat kegiatan di perpustakaan yang menarik bersama teman-teman kamu.


7. Ikutlah Berbagi Status atau Tulisan Mengenai Hari Buku Sedunia Agar Masyarakat Tahu Tentang Hari Ini

sitimustiani.com
Untuk menyebarkan luaskan semangat dan gerakan cinta buku dalam memperingati hari buku sedunia, salah satunya yaitu dengan ikut serta membuat  tulisan terkait Hari Buku Sedunia di akun media sosialmu seperti facebook, twitter, g+, mindtalk dan lainya. Salah satu contohnya kamu bisa ikut membagikan tulisan ini melalui akun media sosialmu atau kepada teman-teman. Cukup mudah bukan dan bermanfaat.


8. Berniatlah  Konsisten untuk Gemar Membaca Buku

membacacepat.com

Membaca buku harus dimulai dengan niat. Dengan niat yang kuat kita akan lebih bersemangat untuk bisa melakukannya. Setelah kita benar-benar terbiasa dengan membaca, kita tak akan mudah lupa untuk membaca.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Ayo sebarkan virus membaca ke seluru masyarakat. Agar Indonesia menjadi lebih maju dan memiliki generasi yang cerdas.