Menjaga Kesehatan Mata dengan Senam Mata - bukan.info

Sobat pasti sudah sering mendengar kata senam bukan? Bahkan mungkin banyak yang sudah terbiasa senam setiap hari atau pekannya. Senam otak mungkin sering juga yaa :) Tapi pernahkah Sobat melakukan senam mata? Jika belum, nah kesempatan nih, hari ini bukan.info akan berbagi tentang senam mata. Selain menjaga kesehatan mata dengan konsumsi makanan yang baik untuk mata dan tips lainnya, senam mata juga ada lho..
Tulisan ini kami ambil dari tulisan Ade Yulian P dalam bukunya "Mata Sehat Mata Indah". So, apa saja dan bagaimana gerakan senam mata itu? Yuuk baca di sini :)

1. Kepala tegak lurus ke depan. Arahkan pandangan mata ke atas (langit-langit), kemudian melihat ke lantai. Lakukan gerakan ini secara perlahan-lahan dan mantap 5-10 kali setiap hari.
image source:duniaterapish.wordpress.com

2. Gerakkan bola mata ke kiri dan ke kanan. Usahakan seperti ingin melihat telinga. Lakukan gerakan ini sebanyak 5-10 kali setiap harinya.

image source: blog.ichaferry.com

3. Gerakkan bola mata ke atas. Tahan bola mata di atas. Kemudian gerakkan ke kiri atas dan ke kanan atas. Lakukan gerakan ini sebanyak 5-10 kali setiap hari.


image source: totokauramrkwan.com

4. Gerakkan bola mata ke bawah dan tahan di bawah. Kemudian gerakkan bola mata ke kiri bawah dan ke kanan bawah. Lakukan gerakan ini sebanyak 5-10 kali setiap harinya.
image source: akupunturpijatprana.wordpress.com
5. Gerakkan bola mata ke atas dan ke bawah pada sudut-sudut yang berlawanan (selang-seling), dimulai dari pojok kiri atas ke pojok kanan bawah. Lakukan gerakan ini sebanyak 5-10 kali setiap hari. 


image source: yafi20.blogspot.com

6. Gerakkan bola mata seperti pada gerakan sebelumnya, tetapi dimulai dari pojok kiri bawah ke pojok kanan atas.


image source: mizzqiyut.blogspot.com

7. Putar bola mata ke kiri searah jarum jam sebanyak 5-10 kali. Kemudian, putar bola mata ke kanan, berlawanan dengan arah jarum jam sebanyak 5-10 kali. Lakukan gerakan tadi sebanyak 5-1- kali.


image source: www.akusehat.com

catatan: pada saat akan berganti di putaran ke kiri, hentikan dulu dan pejamkan mata selama 5-10 detik.

Itulah Sobat senam mata yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mata kita. Tapi perhatikan pula gerakannya ya Sobat, jangan terburu-buru, bisa juga dikonsultasikan ke dokter mata dulu. Semoa bermafaat yaa :)

Baca juga Tips Menjaga Kesehatan Mata lainnya.