Mau Tau Hal Unik di UIN Sunan Kalijaga ? Inilah 5 Hal Unik UIN Sunan Kalijaga - bukan.info

Banyak universitas  yang ada di Indonesia mulai dari daerah Jawa, Sumatra dan daerah timur.  Saat ini kita akan bernostalgia di salah satu kampus daerah Yogyakarta yaitu  Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga. Universitas ini merupakan satu – satunya universiata Islam negeri di Jogja. Baiklah gays bagi kamu yang orang Jogja dan sekitarnya tentunya sudah tidak asing dengan univerista ini. Ternyata dibalik ke megah dan  Islamanya kampus ini banyak hal menarik dan unik  yang bisa membuat kita selalu teringat jika mengunjungi kampus ini. Untuk anak baru dan pengunjung baru kampus pasti menjaid hal yang baru saja ditemukan dikampus ini.

Baiklah sekarang  bukan.info akan membagikan informasi mearik dan unik mengenai UIN Sunan Kalijaga. Rugi kalo tidak baca, ini dia 5 hal unik UIN Sunan Kalijaga.


  1. Laboratorium Agama Masjid UIN Sunan Kalijaga 


image source :  difikomagazine.blogspot.com

Dari namanya aja sudah unik bukan laboratorium agama apa ya ? pasti pada bingung termasuk mahsiswanya juga bingung, hehe. Laboratorium agama UIN Sunan Kalijaga adalah tempat beridah alias masjid yang digunakan untuk sholat. Banyak kegaiatan dimasjid ini mulai dari tempat ibadah, kajian keislaman, dan tempat diskusi para mahasiswa yang mengerjakan tugas atapun hanya sekedar sharing informasi.

Kondisi laboratorium yang nyaman dan sejuk ditambah arsitektektur yang unik dan menarik  membuat para mahasiswa betah berada lama didalalamnya, selaian untuk menghadap sang khalik juga bisa untuk menyelesaikan semua tugas sebagai mahasiswa. Banyak mahasiswa organisatoris yang melakukan kegiatan diskusi dimasjid. Jadi jangan heran jika ke laboratorium agama masjid UIN banyak orangnya.


   2. Restourant SUKA


 image source : uin-suka.ac.id


Tentunya semua orang mengenal yang namanya tempat makan bukan ?  jika masalah perut siapa sih yang gg kenal. Yang membuat unik restaurant di UIN Sunan Kalijaga adalah letaknya yang sangat strategis dan aneh bin ajaib restaurant berada di bawah laboratorium masjid kampus. Jadi jika kita mau sholat dan lapar tinggal ke satu tempat aja.

Jika lantai atas untuk ibadah, lantai dasar bawah tanah dijadikan sebagai tempat untuk mengisi perut yang kosong. Makanan yang ditawarkan bervariasi dan sesuai dengan ukuran kantong mahasiswa yang super irit. Hehe . 


3. Arch Bridge

image source : ebi.uin-suka.ac.id
Arh bridge merupakan terowongan atau jembatan yang terletak diketinggian. Arch brige berfungsi sebagai jalur yang menghubungkan kampus timur dan kampus barat. Hal ini bertujuan agar mahasiswa yang kuliah di lantai atas tidak susah – susah lagi untuk turun ke lantai 1 dulu, baru kekampus timur.
Ketika memasuki kawasan arch brigde semua orang akan terkagum-kagum dengan pemandangan kampus UIN Sunan Kalijaga yang sangat  bagus jika dilihat dari ketingian. Tempat ini cocok  untuk menghilangkan penak walapun hanya sebagai jalan pintas.


4. Terowongan Bawah Tanah 

image source : uzikhoo.blogspot.com

 

Jika arch bridge menghubungkan kampus timur dan barat, sama halnya dengan terowongan bawah tanah. Yang membedakan hanya terletak pada tempatnya jika arch bridge berada diketinggian dan terowongan bawah tanah ya berada dibwah tanah.  Bagi teman – teman yang belum pernah merasa kegelapan dan berada dibawah kendaraan yang melintas banyak, cocok nih untuk merasakan sensasinya. Heheh.. tenang di terowongan bawah tanah UIN gg gelap kog ka ada lampunya.

Untuk beberapa periode terowongan ini sering digunakan sebagai tempat pameran kesenian mahasiswa UIN. Jadi sambil jalan ke kampus timur kita bisa menikmati berbagai lukisan dan perabotan yang sangat bagus hasil dari karsa mahasiswa UIN.


   5.   Difabel Corner

 image source : kelanakelapa.wordpress.com


Inilah hal yang paling unik ketika berada di UIN, dikampus ini orang – orang yang mempunyai ketidak kesempurnaan fisik tetap bisa kuliah layaknya orang yang normal. UIN merupakan satu - satunya kampus yang inklusif jadi siapa aja boleh masuk. Tentunya pelayanan yang diberikan kepada mahasiswanya juga berbeda sesuai dengan kebutuhan masing-masing.  Jadi jangan takut untuk kuliah yuk berbagi ka yang lainnya. Banyak hal – hal posistif yang bisa kita dapatkan dari orang – orang difabel.

Itulah 5 hal unik yang berada UIN Sunan Kalijaga versi bukan.info terima kasih atas kunjungangnya. Tetap terus update informasimu di bukan.info untuk menambah infromasi baca juga 8 hal yang bisa dilakukan untuk memperingati hari bukusedunia ,katanya mahasiswa dekat dengan buku, yuk baca.