Anak Anda Rewel Ketika Akan Tumbuh Gigi? Berikut Ini Beberapa Tips Untuk Mengatasi Gusi Anak Yang Gatal Saat Gigi Mulai Tumbuh - bukan.info

Menjadi seorang ibu??.. Wah, luar biasa senangnya ya, apalagi kalau si kecil tumbuh dengan sehat dan pintar. Ibu mana si yang tidak bahagia?.. Namun, seiring dengan proses tumbuh kembang si kecil, pasti ada suatau hal yang membuatnya tidak nyaman, dan akhirnya menjadikannya rewel.

Seperti halnya ketika si kecil akan tumbuh gigi, maka akan timbul rasa sakit (nyeri) digusinya, serta rasa gatal. Untuk mengurangi rasa sakit dan gatal saat gigi anak Anda sedang tumbuh, maka biarkanlah anak Anda untuk menggigit-gigit sesuatu. 

Berikut ini bukan.info akan memberikan tips untuk mengatasi rasa nyeri dan gatal pada gusi anak yang akan tumbuh gigi. langsung saja kita simak bersama ya, monggo.. :D

1. Gunakan Gelang gigit (teething ring)


teeting ring
http://melindahospital.com

Gelang gigit atau teething ring, yang terbaik biasanya berisi gel. meskipun cukup lama berada di luar lemari es atau lemari pendingin, gelang seperti itu biasanya tetap dingin. selain memberikan anak gelang gigit, Anda juga dapat memberinya lap handuk yang dingin, basah, atau lap yang dimasukkan ke dalam tempat es, atau memebrinya es yang dibungkus dengan lap handuk.

2. Sikat Gigi Yang Bersih


sikat gigi bayi
http://family.fimela.com

Bunda, ketika Anda memandikan si kecil, berikan dia sikat gigi yang bersih untuk dipakai sebagai mainan yang dapat digigit. Selain dapat dijadikan hiburan agar si kecil tidak rewel ketika mandi, juga dapat mengurangi rasa gatal pada gigi. 

3. Pisang Masak Yang Dibekukan


Pisan Untuk Bayi
http://www.parenting.co.id

Anda dapat memberikan si kecil pisang masak yang dibekukan. sebelum dibekukan, potong pisang dengan arah memanjang.

4. Mainan Yang Cukup Besar Untuk Digigit

mainan untuk bayi
http://i01.i.aliimg.com

Ular-ularan atau mainan yang cukup besar untuk digigit, tetapi tidak cukup kecil untuk bisa tertelan (berdiameter lebih dari 5 cm). Jangan memberi anak Anda mainan yang mengandung bagian yang rapuh atau mudah lepas. Atau Anda dapat juga memberi si kecil buah-buahan dingin yang dipotong-potong kecil, kue yang renyah, salep gusi. 

5. Bekukan Dot Bayi

Dot Bayi
http://blog.melindacare.com

Untuk mengurangi rasa nyeri dan gatal pada gusi anak yang akan tumbuh gigi, Anda dapat memakai botol dot yang diisi air, dibekukan, dan dipasang pada botol susu.


Nah, demikian tadi beberapa tips yang dapat Anda coba untuk dapat mengurangi rasa sakit (nyeri) dan gatal pada gusi si kecil ketika hendak tumbuh gigi. Semoga bermanfaat, terimakasih.. :)



Sumber : Ensiklopedi Ibu, Stacy M. Debroff