Detik-Detik Ujian Hafalan - Bukan.info

Ujian hafalan Al-Qur'an adalah moment-moment paling menegangkan di antara ujian hidup yang lain. Bisa dikatakan, inilah yang paling tersulit yang harus dilampaui oleh para penghafal Al-Qur'an. Tak ada yang bisa dilakukan lagi kecuali banyak-banyak muroja'ah (mengulang hafalan) dan terus mengulangnya sampai lancar diluar kepala.

Detik-detik ujian pun semakin dekat. Persiapan pun sudah dilakukan. Sejak H-30 mungkin, atau jauh-jauh hari yang lalu. Tetap saja yang namanya manusia ada keluhan. Entah belum lancar lah, belum siap lah atau keluhan-keluhan lainnya. Tetap saja yang namanya ujian harus dilalui. Apalagi jika moment itu sudah diagendakan dari pusat. Hmm...

metode sima'an Al-Qur'an
sumber: nonosoft.jifisa.net

Itulah sekilas tentang ujian hafalan. Sedikit banyak, selalu ada hikmah yang dapat dipetik dari sini. 
Perjuangan dalam menghafal Al-Qur'an itu sangatlah berat. Tak hanya untuk melancarkan bacaannya secara lughawi, tetapi juga makna yang terkandung dalam kalam-Nya. Bagaimana seorang haamilul Qur'an mampu mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Quran dalam kehidupan sehari-harinya. Tanggungan yang dipikul pun sangatlah berat.

"Nglancarin bacaannya aja susah, apalagi mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari"

Betul memang. Tak sedikit yang bilang seperti itu. Ujian bukanlah sesuatu yang dihindari, tetapi harus dihadapi dan pasti akan dilalui. Entah bagaimana hasilnya dan seperti apapun nanti, usaha adalah satu-satunya jalan untuk melampauinya atas idzin-Nya. Lalu apa yang harus dilakukan? Yah, lagi-lagi jawabannya tetap sama, "banyak-banyaklah mengulang bacaan (muroja'ah)!"

metode menghafal al-qur'an dengan cepat
sumber rizkafitri.wordpress.com

Banyak yang nanya, "bagaimana caranya bisa menghafal Al-Qur'an cepat dan lancar us?". Lagi-lagi, jawabannya itu sama. Banyak-banyaklah berdzikir dengan Al-Qur'an di siang dan malammu. Kalau nggak percaya, coba aja cari di beberapa buku tentang tips cepat menghafal Al-Qur'an. Pasti intinya juga sama. Memang terkadang manusia itu pengennya yang serba instan dan cepat tanpa memikirkan proses. Padahal nikmatnya proses itu sungguh luar biasa. Dari proses itulah, manusia belajar apa arti kesabaran, apa arti pentingnya bersyukur dan bagaimana ujian tersulit yaitu istiqomah. Ketika manusia bisa menerapkan ketiganya itu, InsyaAllah hasil segala maksud dan tujuan yang ingin dicapai. Tinggal mau atau tidak?

semangat menghafal Al-Qur'an
sumber: solihudin.com

Pilihan ada di dalam diri masing-masing individu. Selamat ujian kakak!!