Tahukan Anda, Ada 5 Ruas Jalan Di Jogja Akan Jadi Searah - bukan.info

Bukan.info - Daerah Istimewa Yogyakarta atau yang lebih dikenal kota "jogja" merupakan kota yang Wilayah Kesultanan. Kota Jogja merupakan kota Pendidikan serta kota budaya, kota pelajar, dll. Kota Jogja bisa dikatakan merupakan kota metropolitan. Banyaknya Pendatang yang bekerja, Belajar ke jogja menjadikan jogja semakin ramai. Ditambah lagi mudahnya membeli kendaraan bermotor menjadikan arus lalu lintas di jogja semakin padat. Jalan kecil yang menjadi pusat keramaian pun menjadi macet ketika di persimpangan jalan. Apalagi saat libur sekolah datang, maka kepadatan lalu lintas tidak dapat terelakkan lagi.  


Pembangunan hotel-hotel baru ditambah laju pertumbuhan kendaraan serta tidak diimbangi perluasan jalan mengakibatkan jalanan kian makin padat. Hal ini menjadikan perhatian Serius Dinas Perhubungan (DisHub) Kota Jogja. Rekayasa lalu lintas dengan metode satu arah menjadi pilihan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kepadatan kendaraan diberbagai ruas jalan yang menjadi titik kemacetan. Apa saja jalan yang akan jadi searah? bukan.info akan mengulas 5 Ruas Jalan Di Jogja Akan Jadi Searah yang masih menjadi pembahasan Kepala Seksi Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan (DisHub) Kota Jogja yang segera dilakukan.


1. Jalan Lempuyangan Selatan Stasiun Akan Menjadi Searah Ke Timur.

image source: kompasiana.com

Untuk Jalan Lempuyangan Kepala Seksi Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan (DisHub) Kota Jogja masih mengalami dilema. Mengingat jalan sekitar Stasiun Lempuyangan ini juga terbilang padat. Seperti jalan Sutomo dan jalan Hayam Wuruk merupakan titik keramaian. Di jalan Lempuyangan yang sebagian bahu jalannya digunakan untuk parkir kendaraan tentu saat kita berkendara dijalan ini kepadatan terjadi. Untuk jalan Lempuyangan rencananya akan dijadikan searah ke arah timur. 


2. Ruas Jalan Prawirotaman Searah Menjadi Ke Timur.


image source: HotelmurahdiJogjas.com


Tidak bertambahnya ruas lebar jalan di ruas jalan Prawirotaman menjadikan kepadatan lalu lintas. Banyaknya kendaraan pribadi yang lalu-lalang menambah padat jalan di Prawirotaman. Hal lain yang menjadi penyebab adalah ada banyaknya hotel dan turis disekitar jalan ini. Rencananya ruas jalan prawirotaman akan disearahkan ke timur. 


3. Jalan Tirtodipuran Searah Menjadi Ke Arah Barat.

image source: decompression.ruangrupa.org

Sama dengan Nomor 2, Sekitar Jalan Tirtodipuran ada banyak hotel dan turis yang secara otomatis banyaknya pejalan kaki yang menyeberang jalan. Hal ini kendaraan yang melintas harus menurunkan kecepatannya. Laju kendaraan yang lambat serta seringnya berhenti mendadak menjadikan kepadatan tak terhindarkan. Dalam rencananya dijalan Tirtodipuran akan di searahkan menjadi arah barat.  


4. Jalan Kemasan Akan Diterapkan Satu Arah Dari Arah Utara Ke Selatan Bagi Mobil. 

image source: krjogja.com

wilyah Kotagede yang cukup padat terutama jalan Kemasan, serta jalan ini bisa dibilang cukup kecil untuk berpapasan mobil. Hanya dengan lebar jalan sekitar enam meter. Ditambah lagi parkir yang memakan badan jalan menambah padatnya laju lalu lintas dijalan ini. Parkir dari kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat di trotoar jalan Kemasan kebanyakan menggunakan motor untuk penduduk lokal dan menggunakan mobil untuk konsumen. hal ini Kepala Seksi Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan (DisHub) Kota Jogja kedepannya akan menerapkan arus satu arah bagi mobil dari arah utara ke selatan.


5. Jalan Mondorakan Menjadi Searah Ke Barat.

image source: ggpht.com

Begitu juga dengan Jalan Mondorakan, sama halnya di jalan Kemasan. Dijalan ini akan di berlakukan arus satu arah dari sisi selatan ke barat. Hal ini bertujuan untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas dari kegiatan masyarakat sekitar.   

Namun, Rencana menjadikan searah lima ruas jalan ini tidak mudah begitu saja. Realisasi dan proses sosialisasi harus gencar dilakukan. Mengingat banyak masyarakat yang sudah terbiasa melewati jalanan ini. Namun, Ada harapan dari rencana ini, Semoga kemacetan di jogja tidak terjadi. ^-^