Ujian Datang? Teguhkan Diri dengan 5P - bukan.info

Ujian. Sebuah kata yang sangat akrab di telinga kita. Kali ini yang kita bahas adalah ujian dalam jenjang pendidikan khususnya anak sekolahan dan kuliahan, bukan ujian hidup atau yang lainnya ( :D ). Sampai usia segini, sudah berapa kali ya ikut ujian? (nyoba ngitung). Beragam reaksi menghiasi kata ujian ini. Ada yang bersemangat ketika mendengarnya sambil mengatakan "Yes!" (ini bagi yang rajin kali ya? dan hanya ada 1 dari 10.000 orang mungkin di dunia ini), ada yang spontan jawab: "yaaahh...", ada yang bilang: "Adduh..mampus gue, kenapa harus ada ujian?", ada yang langsung mikir gimana caranya nyontek, ada yang tertunduk lesu, dan ada  pula yang tersenyum lebar dan berbagai reaksi spontan lainnya. Termasuk yang mana kah dirimu? :)
Ujian Datang? Teguhkan Diri dengan 5P - bukan.info
image source: tosarsmada.blogspot.com

Ujian berasal dari kata uji, yang menurut KBBI artinya adalah percobaan untuk mengetahui mutu sesuatu (ketulenan, kecakapan ketahanan, sedangkan ujian adalah hasil menguji; hasil memeriksa; sesuatu yg dipakai untuk menguji mutu sesuatu (kepandaian, kemampuan, hasil belajar, dan sebagainya (wadduh koq jadi kaya nulis makalah hehe).

Tenang..tenang..santai Sob, ini nggak akan keluar di soal ujian koq :D.

Eum, ngomong-ngomong soal ujian, ada tulisan bagus nih dari Abang Fatan Fantastic dalam bukunya Ujian Stres Tanpa Stress!. Boleh yaa kita tuliskan di sini?

Ketika di "doi" datang hadapi saja dengan senyuman. Ujian datang bukan hanya untuk menguji seberapa kuat diri kita tapi juga untuk mengukur kemampuan kita, mengevaluasi proses yang telah kita lalui selama satu semester, tengah semester atau tiap bab ilmu yang telah kita pelajari. Ujian juga diadakan untuk menaikkan derajat, coba kalau tidak ada ujian? bisa jadi kita tetap di kelas 1 SD terus,, iya nggak? :D

Nah, seharusnya bagaimana ya biar ketika ujian kita tidak stress? Pasti banyak yang perlu kita persiapkan, salah satunya adalah persiapan mental. Persiapan mental bisa dilakukan dengan kata-kata/bahasa. Kata-kata yang baik akan menjadikan kita percaya diri dan yakin, pikiran akan lebih postif, in syaa Allah.

Abang Fatan menuliskan ada kiat 5P untuk meneguhkan diri dalam menghadapi ujian, yaitu:


P pertama adalah personal.
Gunakan kata ganti pertama. Gunakan: aku, saya atau sebut langsung nama kita.


Ujian Datang? Teguhkan Diri dengan 5P - bukan.info
image source: yoppyheddy.wordpress.com

P kedua adalah positive
Gunakan kata-kata yang berarti positif, seperti: bisa, yakin, mampu. Daripada bilang, "aku tidak akan terlambat", lebih baik berkata "in syaa Allah aku datang tepat waktu".


Ujian Datang? Teguhkan Diri dengan 5P - bukan.info
image source: himakom.fisip-untirta.ac.id

P ketiga adalah present time.
Gunakan "saat ini". Bukannya "nanti", apalagi "kemarin". Usahakan kurangi penggunaan kata: mungkin, nanti, hampir, nyaris. "Mungkin" berarti belum tentu, sedangkan "nanti", "nyaris", dan "hampir" memiliki makna belum/tidak terjadi. Kata "aku nyaris saja lulus" berarti ia tidak lulus. Lalu? Gunakan saja "saat ini" atau sebut waktu yang ditarget. "In syaa Allah aku bisa lulus UN"!..


image source: staff.unila.ac.id

P keempat adalah pengulangan.
Ulang-ulang pernyataan itu. Itulah doamu. Itulah pengharapanmu kepada Allah. Ingatlah bahwa Allah tidak akan pernah bosan dengan doa-doamu.


Ujian Datang? Teguhkan Diri dengan 5P - bukan.info
image source: gaulfresh.com

P kelima adalah passion.
Itulah luapan perasaan yang penuh harap. Harap dan cemas menjadi satu. Berharap agar pinta dikabulkanNya dan cemas jika doa tak dikabulkan-Nya. Rayulah Yang Maha Mengetahui dengan segenap rayuanmu untuk meraih kesuksesan.


Ujian Datang? Teguhkan Diri dengan 5P - bukan.info
image source: arti-tafsir-mimpi.blogspot.com

Itulah teman-teman kiat 5P yang perlu kita katakan pada diri kita untuk meneguhkan hati kita ketika menghadapi ujian. Semoga bisa membantu menenangkan psikis kita sehingga ujian pun dilalui dengan santai dan percaya diri. Selamat Ujian :)