10 Tips Mudik Sehat dan Aman dengan Kendaraan Sendiri-Bukan.info

Hai sahabat bukan.info, sebentar lagi kita memasuki bulan romadhan. Nah, di negara kita yang dikenal dengan tradisi mudik dikala bulan suci romadhan mulai tiba dan bahkan berakhirnya bulan tersebut. Nah, bagi sahabat yang akan melakukan mudik, baik sendiri, berkeluarga, teman ataupun pacar maka berhati-hatilah ketika dalam perjalanan mudik. Makannya sahabat harus memahami hal-hal yang sekiranya bisa menjamin keselamatan sahabat dikala melakukan mudik nanti. Berikut ada sepuluh tips yang bisa diberikan bukan.info kepada sahabat setia bukan.info.



1.    Persiapkan diri anda 


Image source Google.com

Mempersiapakan diri kita baik secara fisik maupun psikologis merupakan sebuah keharusan ketika kita melakukan aktifitas yang berat dan memakan waktu lama. Oleh karena itu dalam melakukan mudik sebaiknya tidak berangkat setelah pulang kerja, karena selain badan capek, psikologi anda juga lelah. Dalam kondisi seperti ini sangat berbahaya bagi diri kita ketika melakukan perjalanan mudik.

2.    Periksa kesehatan anda terlebih dahulu 

Image source Google.com

Terutama jika anda memiliki riwayat sakit tertentu. Jangan lupa membawa obat-obatan sesuai kebutuhan.

3.    Siapkan makanan dan minuman

Image source Google.com

Bagi anda yang berpergian atau mudik dan membawa serta anak-anak anda maka perlu jangan lupa membawa makanan dan minuman untuk sibuah hati anda. Terutama untuk anak-anak di bawah lima tahun. Sebaiknya pula anda tidak membeli makanan sembarangan di pinggir jalan.

4.    Siapkan peta mudik 

Image source Google.com

Dalam melakukan perjalanan yang jaraknya ratusan kilometer maka pastikan bahwa anda membawa peta untuk petunjuk arah perjalanan anda. Selain itu gunakan juga alat bantu petunjuk arah, missal kompas atau GPS, jika diperlukan.

5.    Siapkan alat komunikasi 

Image source Google.com

Siapkan alat komunikasi anda seperti handphone dalam kondisi online untuk memudahkan dalam melakukan panggilan jika diperlukan. Jangan lupa membawa charger mobil.

6.    Manfaatkan Posko Medis Yang Tersedia

Image source Google.com

Jika memerlukan pertolongan medis, gunakan posko-posko kesehatan yang diberikan oleh pemerintah di sepanjang arus mudik.

7.    Dilangan mengemudi dalam keadaan lelah atau mengantuk. 

Image source Google.com

Istirahat secara periodik untuk mengatasi lelah dan mengantuk. Ingat keluarga menunggu di rumah.

8.    Jaga Stamina Tubuh Agar Tetap Fit

Image source Google.com

Jika stamina tubuh terasa berkurang, jangan memaksakan diri dengan meminum obat atau minuman yang dapat menambah tenaga tubuh sesaat.

9.    Periksa kondisi kendaraan dan pastikan kondisinya prima

Image source Google.com

Dalam hal kendaraan yang anda gunakan pastikan bahwa kondisinya aman dan prima, terutama mulai dari tekanan ban, oli, saringan udara, aki dan kelistrikan. Bawa sikring (fuse) cadangan bila diperlukan.

10.    Istirahatlah Setelah Tiba Di Tujuan

Image source Google.com

Setelah tiba ditujuan, pastikan anda beristirahat yang cukup sebelum melakukan silaturahmi berkeliling rumah untuk menemui sanak saudara.