5 Tempat Bersejarah Terfavorit di Bengkulu - bukan.info

Setiap tempat yang ada didunia pasti memilki sejarah, hal tersebut juga berlaku di negara Indoensia. Indonesia terkenal dengan banyaknya daerah kepulawan dan daratan. Setiap daerah tentunya mempunyai tempat yang bersejarah  yang bagus dan sering dikunjungi untuk edukasi masyarakat. Jika kita ingin wisata sejarah bisa dilakukan di daerah Bengkulu yang memilki bangunan sejarah menarik  dan sangat sanyang jika dilewatkan.

Baiklah sekarang bukan.info akan membagikan informasi tentang tempat bersejarah terfavorit di daerah Bengkulu. Ada apa saja yuk simak informasinya.

1. Benteng Marlborough

image source : arisabenk.hexat.com

Nama benteng tentunya tidak asing lagi bagi kita, hampir setiap daerah memiliki benteng pertahanan. setiap benteng yang dibuat pasti memiliki sesuatu yang berbeda baik itu dari segi warna dan penataan tempat yang sama hanyalah tembok yang tinggi yang digunakan sabagai benteng pertahanan.

Benteng Marblorough meruapakan tempat yang persejarah dibengkulu didirikan pada tahun 1713-1719. Saat memasuki kawasan ini kita akan dimanjakan oleh pemandangan hijau yang indah. Ketika melewati gerbang kita akan menemukan makam petinggi Ingris dan bangunan bersejarah lainnya. Dari atas benteng kita bisa melihat pemadangan yang indah daerah Bengkulu termasuk melihat keindahan pantai dari atas benteng.


2. Kampung Cina

image source : potokito.blogspot.com

Sesuai dengan namanya kampung Cina tentunya yang tinggal adalah orang  - orang Cina.  Kampung Cina teletak disebelah selatan benteng Marlboroug. Saat memasuki kampung ini kita akan melihat bangunan – bangunan bearsitektur Cina asli yang kuno. Jadi ketika memasuki kampung ini, kita akan merasakan betapa klasiknya zaman dahulu. Kampung Cina  sudah ada sejak abad ke-18.  Sampai sekarang kampung Cina  tetap menrik perhatian wisatawan yang berkunjung ke Bengkulu.

 

3. Rumah Fatmawati

image source : www.kaskus.co.id

Siapa yang tidak mengenal Ibu Fatmawati? Pasti semua rakyat Indonesia yang belajar sejarah tau akan hal itu. Beliau adalah istri presiden pertama Indonesia yaitu Bung Karno. Fatmawati merupakan perempuan asli Bengkulu, baliau adalah sosok isteri yang kuat dan tegar  yang setia menemani Seokarno untuk melawan penjajah dan menegakkan basis pemerintahan negara Indonesia. Rumah fatmawati masih berdiri megah walaupun sudah mengalami beberapa kali renovasi, hal ini dilakukan agar   bangunan bersejarah ini tetap berpenampilan bagus. Setiap wisatawan yang pergi ke Bengkulu pasti menyinggahi rumah ini.


4. Rumah Pengasingan Soekarno

image source : koleksihijab1.blogspot.com

Jika diatas kita membicarakan rumah fatmawati sekarang kita beralih ke Rumah pengasingan Soekarno. Bengkulu merupakan  saksi  perjuangan Bung Karno. . Beliau tidak hanya diam dalam tempat pengasingan, akan tetapi bung Karno tetap bekarya bersama masyarakat Bengkulu, salah satu bangunan yang dibuat oleh Bung Karno adalah Masjid jamik. 

5. Masjid jamik’

image source : sukresnaputra.blogspot.com


Masjid jamik merupakan masjid yang didirikan oleh Bung Karno selama beliau berada di Bengkulu.  Beliau bersama masayarakat Bengkulu membangun masjid ini sebagai symbol peradaban umat Islam. keunikan masjid ini terletak pada atap masjid yang unik, bentuk ini menggambarkan persatuan negara Indonesia, awalapun bersuku – suku akan tetapi tetap satu dengan Bhineka Tunggal Ika.

Ayo wisata sejarah tunggu apa lagi?  Selain bisa menentramkan hati dan fikiran, wisata sejarah juga bisa menambah pengetahuan, jadi dapat double , hehe. Itulah 5 tempat wisata sejarah terfavorit di Bengkulu versi bukan.info terima kasih atas kunjungannya. Untuk menambah infomasi  baca juga tentang 5 masakan terlezat khas Bengkulu yang bisa menjadi teman pengisi perut lapar anda saat wisata.