Apakah Anda Seorang Pencinta Burung? Berikut 8 Jenis Burung Indonesia Yang Terancam Punah-Bukan.info

Hai sahabat bukan.info, gimana kabarnya? kali ini bukan.info kembali menghadirkan informasi mengenai hewan-hewan yang terancam punah karena ulah manusia. Hai sahabat, rusaknya alam dan terancamnya segala isinya yang dikarenakan ulah manusia tersebut seperti perburuan secara liar binatang-binatang tersebut oleh manusia, ataupun penebangan atau eksploitasi hutan besar-besaran oleh manusia yang secara langsung merupakan merusak rumah atau habitat hewan (burung) yang ada.

Sahabat, Indonesia yang dikenal sebagai jantung dunia dan surganya dunia, kini mulai redup cahaya keindahan surganya. Fauna yang dibanggakan oleh masyarkat Indonesia kini terancam punah. Flora yang kami tulis disini adalah mengenai burung-burung di Indonesia yang terancam punah. Berikut delapan jenis burung di Indonesia yang terancam punah;


1. Jalak Bali

Image source Google.com

Burung dengan nama ilmiahnya Leucopsar Rothschildi, yang habitatanya hanya di pulau Dewata Bali ini merupakan burung jenis endemik yang berukuran sedang. Merupakan jenis burung berkicau dan dinobatkan sebagai lambang fauna Provinsi Bali. 

2. Maleo Senkawor

Image source Google.com

Burung ini merupakan jenis burung gosong berukuran sedang. Burung yang habitatnya ada di daerah timur Indonesia ini memiliki nama ilmiahnya adalah Macrocephalon maleo terancam punah seiring dengan pergusuran dan penyempitan lahan hutan liar. Sehingga untuk saat ini diperkirakan habitatnya tinggal 10.000 ekor.

3. Elang Jawa

Image source Google.com

Burung yang satu ini merupakan spesies burung kebanggaan masyarakat Jawa. Burung dengan nama ilmiahnya Spizaetus bartelsi ini merupakan jenis burung endemik di pulau Jawa. Sebagian masyarakat Jawa menganggap burung ini mirip dengan lambang negara Republik Indonesia burung Garuda. Burung ini dikategorikan oleh salah satu badan dunia (IUCN) dengan status EN (Endangered, terancam punah), begitupun dengan pemerintah Indonesia.

4. Merak Hijau

Image source Google.com

Burung yang bulunya merupakan simbol Krisna dalam roman kuno India ini merupakan burung yang terancam punah. Burung yang nama ilmiahnya Pavo muticus adalah salah satu dari tiga spesies merak yang ada di muka bumi. 

5. Kakatua Kecil Jambu Kuning

Image source Google.com

Kakatua kecil jambu kuning atau dalam nama ilmiahnya disebut Cacatua sulphurea,  ini merupakan burung yang habitatnya kebanyakan di daerah Maluku timur Indonesia, selain itu di daerah Papua. Burung ini merupakan jenis burung berukuran sedang. Saat ini burung ini terancam punah, karena masyarakat selalu melakukan perburuan liar untuk dijual. 

6. Kuau Kerdil Kalimantan

Image source Google.com

Burung yang nama ilmiahnya Polyplectron schleiermacheri,  merupakan burung yang habitatnya di hutan hujan dataran rendah Kalimantan.Burung ini memiliki status sebagai burung yang terancam punah atau kritis punah oleh IUCN.

7. Kasuari Gelambir Ganda

Image source Google.com

Burung yang habitatnya di Indonesia hanya di daerah Maluku dan Papua ini, saat ini rentan terhadap ancaman kepunahan. Burung ini nama ilmiahnya adalah Casuarius casuarius,  merupakan burung yang memiliki kaki yang besar dan kuat, serta postur tubuh yang sedikit besar dan kuat.

8. Gosong Maluku

Image source Google.com

Gosong Maluku yang dalam bahasa ilmiahnya Eulipoa wallacei  adalah satu-satunya spesies di dalam genus tunggal Eulipoa. Burung ini saat ini terancam punah karena sering diburu oleh masyarakat Maluku. Kini burung ini termasuk burung yang berstatus sebagai kirits terhadap kepunahan oleh IUCN.