Berburu Ta'jil Saat Ramadhan? Inilah Minuman Segar yang Banyak Diminati Ketika Bulan Ramadhan - bukan.info

Ramadlan segera datang. Bulan penuh keberkahan bagi keyakinan kaum muslim ini benar-benar membawa keberkahan bagi semua orang. Sunnah untuk berbuka puasa dengan yang manis, banyak di antara kita yang berbuka dengan minuman segar dan manis. Berbagai macam minuman pun dijajakan di mana-mana. Inilah bisa jadi salah satu keberkahan yang penulis katakan di atas tadi, banyak penjual musiman dan tentu membawa penghasilan tambahan bagi keluarga penjual tadi. Nah, jangan jauh-jauh ke keuangan deh hehe.. Langsung saja kembali ke topik bahasan kita, kali ini bukan.info akan berbagi tentang minuman apa saja yang banyak dijajakan dan diburu para pecinta es?

1. Es Bubur Kacang Ijo (Burjo)


image source:makanlagilagimakan.wordpress.com


Es ini sangat dicintai oleh masyaarakat. Mulai dari anak-anak sampai dewasa dari semua lapisan masyarakat. Selain cara membuatnya mudah, harga jual kalau kita membeli juga sangat terjangkau, ya sangat pas di kantong mahasiswa hehe. Es Burjo ini biasanya disajikan bersama campuran es parut, ketan hitam, potongan roti tawar dan cream coklat serta sirup cocopandan yang sangat menggoda untuk menyantapnya :D


2. Es Pisang Ijo


image source: ceritaperut.com

Nah, minuman ini salah satu favorit saya hehe. Selalin rasanya yang enak, makanan ini sangat mengenyangkan, so cukup makan sedikit saja yaa ketika berbuka puasa :D. Terdiri dari campuran buah-buahan seperti melon, semangka, nangka, pepaya dll plus bubur tepung beras dan taburan kacang tanah (ndak tahu nih kacang bawah atau bukan ya? tapi ndak asin sih hehe,,coba tanyakan ke penjualnya deh :D)

3. Cendol atau Biji Salak


image source: adilla-forever.blogspot.com

Bagi kamu yang suka es cendol, biji salak ini juga banyak yang suka lho. Biasanya terbuat dari tepung beras dan gula merah maupun gula aren. Tapi ada juga juga lho yang dibuat dari ubi ungu. Belum pernah nyoba? Besok kamu harus nyoba :D


4. Kolak Pisang



image source: videoresep.wordpress.com


Nah, ini nih. Salah satu khas di bulan Ramadlan. Kolak pisang. Biasanya yang suka ini para orang tua hehe, eh tapi enak lho..beneran..soalnya aku suka pisang :D Udah sering nyoba kan? Ini juga campuran potongan pisang raja atau pisang kepok, direbus bareng gula merah. Ada juga kolak singkong. Biasanya dicampur kolang kaling juga.


5. Es Biji Selasih


image source: dapuranda.com

 Biji selasih adalah biji dari bunga pohon kemangi. yang daunnya biasa dipake lalapan itu lho, teman ketika makan penyetan (makan ayam bakar, lele bakar, dkk). Biji yang hitam kecil ini banyak manfaatnya lho kalau dikonsumsi sesuai kebutuhan. Biasanya selasih dipakai sebagai teman membua berbagai macam es, tapi bisa juga dibuat es khusus biji selasih saja. Dibuat bareng agar-agar dan santan juga bisa, nanti jadinya seperti puding atau nata de coco deh hehe


6. Es Buah dan Es Campur


image source: wahyusiswaningrum.wordpress.com

Es buah ya pastinya es dicampur beberapa buah, hehe. Buah yang biasanya digunakan yaitu melon, pepaya, semangka, nangka, alpukat, mangga, dan kawan-kawannya. Apa bedanya dengan es campur ya? Kalau es campur biasanya ada tambahan rumput laut dan potongan cincau. Tapi keduanya sama-sama pakai es dan susu koq hehe :D

Wah, seger banget yaa...

Nah, itulah sobat, berbagai minuman segar dan mengenyangkan yang banyak dijajakan ketika bulan Ramadlan. Berbuka denga yang manis sebaiknya dengan mengonsumsi kurma, madu atau cukup air putih. Sebaiknya tidak terlalu sering minum es seperti ini, apalagi setiap hari. Satu bulan Ramadlan ini sepatutnya menjadi bulan untuk membiasakan pola hidup sehat, sehingga ketika nanti tiba di bulan Syawal tubuh kita semakin sehat, bukannya sakit karena terlalu banyak mengonsumsi gula  dan kolestrol ketika berbuka dan sahur. Semoga bermanfaat :)