Yogyakarta ? Fakta Unik Kota Yogyakarta

Hai guys tentunya kalian sudah tidak asing lagi mendengar kota Yogyakarta. Kota ini merupakan kota yang terkenal berkat gelarnya sebagai kota pelajar.  Semua anak muda Indonesia dari penjuru nusantara tentunya tertarik untuk menimba ilmu dikota ini. Hal ini disebabkan karena kota jogja menjadi salah satu pusat pengembangan informasi  begitu cepat. 

Akan tetapi guys ternyata dibalik gelar kota jogja sebagai kota pelajar ternyata banyak hal unik yang bisa kita temukan di kota ini. Tentunya hal ini tidak bisa kita temukan ditempat lain. Hal apakah itu ? penasaran ? yuk simak informasinya tentang fakta unik kota  Yogyakarta.

1.    Angkringan

image source : www.jogjanyam.com bagus
Angkringan apa tuh ? tentunya yang bukan  orang Jogja dan para pendatang baru tidak mengenal angkringan. Tapi ketahui kawan bahwa angkringan ini adalah hal yang unik dijogja. Angkringan merupakan tempat makan yang sangat terjangkau apalgi untuk kalangan mahasiswa. Dengan harga murah bisa dapat makanan dan perut keyang. Kita tinggal memilih mau angkringan kelas atas atau kelas sederhana semuanya ada. Hal unik yang ada di angkringan adalah nasi kucing  bentuknya yang imut dan sedikit, dilapisi daun pisang atau kertas membuat nasi ini disebut sebagai nasi kucing. Kucingkan makan sedikit makanya,,,heheha.... Jika ke Jogja harus singgah diangkringan.

2.    Batik Parang Rusak

image source : parang rusak indo-art.com
Batik, sepertinya setiap daerah di Indonesia mempunyai corak batik tersendiri termasuk juga Yogyakarta yang memiliki batik yang sangat bagus yaitu batik parang rusak. Corak batik ini sangat unik jika dipadukan dengan warna putih dan coklat.

3.    Tugu 

image source : kanaljogja.com
Tugu Jogja merupakan lalu lintas para wisatawan.  Jika belum mengunjungi tugu dan berfoto disana kamu berarti belum kejogja. Ketika memasuki kawasan tugu kita akan dimanjakan dengan pemandangan banyak orang diwaktu malam hari  bergantin berfoto ditugu yang berada ditengah jalan. Gimana caranya foto ya ? setiap kita berfoto disana harus ada tekniknya agar kendaraan tidak menabrak kita. Mau merasakan sensasinya ayo ke tugu Jogja yang menjadi simbol kajayaan kota Jogja. 

4.    Kraton  

image source ; yoktravel.blogspot.com

 Yogyakarta merupakan daerah istimewa karena dipimpin oleh seorang sultan dari zaman dahulu. Jogja juga menjadi  satu - satu kawasan yang tidak pernah dijajah karena sultan yang memimpin kuat untuk mempertahankan daerah nenek moyangnnya. Sampai sekarang yang memimpin  sebagai gubernur Jogja adalah seorang bangsawan keturunan kraton. Jika kita memasuki kraton maka kita akan dimanjakan dengan pemandangan hijau dan penginggalan kraton yang sangat bersejarah. Wisata sejarah di Jogja kapan lagi ? Yuk ke kraton. 

5.    Orangnya Ramah 

image source :  jogja.solopos.com
Jika kita ke Joja akan menemukan keramahan masyarakat yang sangat bagus. Setiap kita pergi maupun bertemu dijalan orang Jogja asli pasti akan menegur kita dengan sebutan monggo (silakan/mari) hal ini berlaku untuk orang yang mereka kenal maupun tidak. Jangan heran jika ke Jogja masyarakat aslinya sering memeprlakukan kita seperti raja atau orang yang sangat dihormati. Hal ini terjadi karena culture  masyarakatnya yang sudah terbentuk sejak zaman nenek moyang. Keramahan orang Jogja membuat para wisatawan betah berkunjung ke daerah isitmewa ini. 

Sekian infromasi uni tentang kota Jogja. Terima kasih atas kunjungannya di Bospedia.com. Baca juga artikel lainnya yang sangata menarik tantang wisata hati di Yogyakarta.