Bulan Ramadhan Tinggal Beberapa Hari Lagi? Bagaimana Cara Menyambut Kedatangan Bulan Keberkahan Ini?

Ramadhan segera datang. Ramadhan, bulan penuh keberkahan. Bulan penuh ampunan. Bulan suci ummat Islam. Sebagai muslim, bagaimanakah sebaiknya kita bersikap? Apakah kita harus bahagia atau sedih karena dalam satu bulan ke depan kita akan berpuasa? Lantas, apa saja yang seharusnya  kita siapkan untuk menyambutnya kedatangan bulan mulia ini? Bulan diturunkannya al-Quran? Nah, kali ini Bospedia.com akan berbagi tentang hal-hal yang seharusnya kita lakukan untuk menyambut bulan Ramadhan ini. Inilah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menyambut kedatangan bulan Ramadhan :)


1. Sambutlah Ramadhan dengan Diri yang Suci, dengan Taubat Nasuha.

Bulan Ramadhan Tinggal Beberapa Hari Lagi? Bagaimana Cara Menyambut Kedatangan Bulan Keberkahan Ini? - Bospedia.com
image source: imgarcade.org
Ramadhan adalah bulan yang suci. Maka sepantasnya kita memasukinya dengan diri yang suci juga. Menyucikan diri dengan bertaubat dari segala maksiat. Taubat yang sebenar-benarnya. Menyesal, meninggalkan, memohon ampunan dan berjanji tidak melakukannya lagi.


2. Perbanyak Puasa di Bulan Sya’ban
 
image source: akhi.fikri.blogspot.com

Sebagaimana yang terdapat dalam hadits, Aisyah ra berkata bahwasanya tidaklah beliau melihat Rasulullah berpuasa sebulan penuh kecuali dalam bulan Ramadhan dan tidaklah paling banyak melakukan puasa di bulan selain Ramadhan kecuali di bulan Sya'ban. Bulan Sya'ban merupakan bulan ke-8 dalam kalender Hijriah, tepat sebelum bulan Ramadhan. Di bulan ini kita sebaiknya melatih diri lebih giat lagi untuk beribadah, sehingga ketika nanti di bulan Ramadhan kita sudah terbiasa melakukan ibadah secara terus-menerus.



3. Bergembira dengan Datangnya Bulan Ini

Bulan Ramadhan Tinggal Beberapa Hari Lagi? Bagaimana Cara Menyambut Kedatangan Bulan Keberkahan Ini? - Bospedia.com
image source: arhamvhy.blogspot.com
Datangnya bulan kemuliaan hendaknya disambut dengan gembira, penuh suka cita. Bagaimana tidak? di bulan ini semua amalan baik dilipatgandakan pahalanya. Diampuni segala dosa dan dijauhkan dari azab neraka. Pintu surga dibuka selebar-lebarnya, pintu neraka ditutup serapat-rapatnya. Setan pun dibelenggu. Maha Benar Allah, Allah Maha Penyayang.


4. Berdoa


Bulan Ramadhan Tinggal Beberapa Hari Lagi? Bagaimana Cara Menyambut Kedatangan Bulan Keberkahan Ini? - Bospedia.com
image source: www.alkamalblitar.com
 Sebagai hamba sudah seharusnya kita berdoa. Berdoa dan berharap hanya kepada Allah. Meminta hanya kepada Allah. Kita berdoa semoga disampaikan pada bulan Ramadhan :)


5. Perbanyak Membaca Al-Quran



image source: www.beshopp.com

Jadikanlah membaca Al-Quran  menjadi kebutuhan kita. Bukan hanya membaca tetapi mentadabburi kemudian mengamalkan dan mengajarkannya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, "Sungguh sebaik-baik di antara kalian adalah yang mempelajari al-Quran dan mengajarkannya". Di bulan ramadhan nanti pahal membaca Al-Quran akan berkali-kali lipat. Oooh, sungguh rugi kalau kita tidak memperbanyak membaca Al-Quran. Di bulannya Al-Quran, bulan diturunkannya Al-Quran sebagai pedoman hidup, sebagai pemberi peringatan dan kabar gembira.


6. Bekali Diri dengan Ilmu Tentang Bulan Ramadhan
 

image source: ujangzero.deviantart.com

Ramadhan sebagai bulan ilmu. Bagaimana tidak? Setiap hari, dari pagi, siang, sore sampai malam di mana-mana ada majlis ilmu. Ilmu agama diajarkan di mana-mana. Menyambut ramadhan juga harus dengan ilmu. Kita mengupdate atau mengingat kembali ilmu yang telah kita pelajari, tentang puasa, sholat tarawih dan segala yang berkaitan dengan Ramadhan.


7. Menyelesaikan Tanggungan Puasa Qadha


Bulan Ramadhan Tinggal Beberapa Hari Lagi? Bagaimana Cara Menyambut Kedatangan Bulan Keberkahan Ini? - Bospedia.com
image source: ishariatiz.blogspot.com


Nah ini yang tidak kalah penting. Apabila kita mempunyai hutang puasa ketika Ramadhan tahun lalu, sudahkah kita membayarnya? Sudahkah kita mengqadhanya? Jika belum, ayo mulai sekarang. Jangan sampai kita menjadi orang yang lalai. :(


Itulah Sobat, beberapa hal yang harus kita persiapkan. Hal-hal yang kita perhatikan untuk menyambut bulan ramadhan ini. Jangan sampai Ramadhan kali ini sama seperti bulan Ramadhan yang telah lalu. Semoga ramadhan kali ini lebih baik dan lebih berkualitas yaa..dan semoga dipertemukan kembali dengan Ramadhan tahun selanjutnya. Mari kita sama-sama membekali diri dengan segala kebaikan termasuk ilmu. Selamat menyambut bulannya Al-Quran ini :)