Jadi Mahasiswa Baru?.. Ini Dia Hal Yang Perlu Kamu Persiapkan Untuk Menjadi Seorang Mahasiswa - bukan.info

Bagi kamu yang sudah berhasil masuk kesebuah Universitas impianmu, dimanapun itu tempatnya, saya ucapkan - Seelamaatt - karena sebentar lagi, kamu bakalan menjadi seorang Mahasiswa. Wahh,, senangnya.. Selamat datang didunia yang penuh dengan tantangan dan kreatifitas tiada batas. Dunia akademik yang pastinya akan membuat hidupmu menjadi lebih berwarna, dengan lingkungan dan teman baru dari segala penjuru tanah air, bahkan dari segala penjuru dinia.

Nah, bagi kamu yang saat ini masih berjuang untuk masuk ke Universitas impianmu, saya do'akan semoga dimudahkan ya, dan tetap semangat.. :D

Mungkin diantara kamu ada yang bertanya, Apa sih yang harus dipersiapkan oleh seorang mahasiswa baru?.. Dalam postingan kali ini, bukan.info akan menjawab secara khusus buat kamu mengenai persiapan apa saja si yang harus dilakukan oleh seorang mahasiswa baru (maba) saat pertama kali memasuki dunia perkuliahan? oke langsung saja kita simak bersama ya, Cekidot.. :D


1. Perhatikan Jadwal Kuliahmu

Perhatikan jadwal Kuliah
fairuzelsaid.files.wordpress.com

Menjadi seorang Mahasiswa, itu berarti kamu akan segera memasuki duia kampus. Kamu akan dihadapkan oleh jadwal perkuliahan yang dilakukan secara mandiri. Oleh karena itu, mulai sekarang persiapkanlah jadwal segala kegiatan yang akan kamu lakukan. Taati dan disiplinlah. Seperti contohnya, jadwal sosialisasi pembelajaran (sosialisasi yang dilakukan untuk mengenalkan lingkungan universitas dan sistem pembelajaran yang berlaku), jadwal untuk kuliah, serta berbagai jadwal kegiatan akademik lainnya.

2. Pahamilah Sistem Pembelajaran
Pahami Sistemnya
http://3.bp.blogspot.com
satu hal yang perlu kamu ketahui adalah, bahwa suasana belajar yang akan kamu hadapi dibangku perkuliahan akan sangat berbeda dengan suasana ketika kamu masih belajar dibangku SMA/SMK, yang bisa menghabiskan waktu belasan jam. Dalam dunia perkuliahan, makasiswa dituntut aktif dalam kegiatan belajar-mengajar. 
Oleh karena itu, pahamilah sistem SKS, sestem penilaian dengan IPK dan juga sistem jam perkuliahan yang berlaku. Dengan memahami itu semua, maka kamu tidak akan merasa keteteran dan cepat menyesuaikan dengan sistem belajar yang baru tersebut.

3. Jadilah Mahasiswa Yang Rajin, Jangan Malas Kuliah

Jangan Malas Kuliah, Jadilah Mahasiswa Yang Rajin
himkom.fisip-untirta.ac.id

Penyakit malas ini kerap kali melanda para mahasiswa jika sudah banyak tugas yang mendekati tenggang waktu dan padatnya jadwal kuliah, ditambah lagi dengan berbagai macam kegiatan di organisasi (bagi yang ikut organisasi) maka cenderung akan bermalas-malasan. 

Nah, sebelum penyakit yang satu ini benar-benar melanda, maka mulailah kebiasaan dari awal, untuk menyisihkan waktu ekstra, sebab akan ada banyak sekali tugas kuliah yang menanti selama kamu menjadi mahasiswa. Ingatlah selalu ya guys, bahwa tugas utama seorang mahasiswa ialah belajar dan belajar. Jadi, jangan malas untuk pergi kuliah dan mengerjakan tugas-tugasmu nanti ya, :)

4. Belajarlah Yang Rajin 
Belajar Yang Rajin
http://2.bp.blogspot.com
Dalam perkuliahan, sistem belajarnya adalah mandiri, mahasiswa dituntun untuk aktif belajar sendiri dluar jam perkuliahan. Perbanyaklah membaca buku yang berkaitan dengan materi perkuliahanmu, dengan begitu kamu akan bisa dengan mudah mengikuti jalannya perkuliahan. 

Selain itu, supaya sistem belajarmu optimal, maka buatlah catatan dikelas, pelajari itu semua dengan matang, lakukan uji kompetensi untuk dirimu sendiri, supaya kamu tau seberapa jauh kamu memahami materi yang disampaikan oleh dosen (staf pengajar di perguruan tinggi). Selain itu, kamu juga dapat membuat kelompok-kelompok belajar untuk mendiskusikan kesulitan-kesulitan dalam memahami suatu mata kuliah, dan membahasnya di forum dengan mengadakan pertemuan rutin dengan seluruh anggota kelompok. Dengan begitu, maka wawasanmu akan menjadi lebih luas, dan dapat membantumu memahami materi kuliah.
5. Bangun Sosialisasi Yang Baik Dengan Sekitar
Bangun Sosialisasi Yang Baik
www.antara.com
Ketika kamu memasuki dunia perkuliahan nanti, itu berarti kamu memasuki sebuah kesempatan besar dalam menjalin pertemanan dengan banyak orang dari berbagai kalangan. Berkenalan dan bertemanlah dengan orang-orang baru, jangan sungkan apalagi menutup diri. 

Ketahuilah Guys, teman-teman baru itulah yang akan menjadi penghiburmu ketika kamu sedang kangen dengan rumah, menjadi saudara berbagi suka dan duka kehidupan.