Pernahkah Anda Mencoba Merasakan Masakan Khas Maluku? Berikut Empat Masakan Khas Maluku-Bukan.info

Daerah yang terdiri dari berbagai pulau kecil di timur Indonsia ini terdiri dari berbagai suku. Karena itulah menjadikan Maluku memiliki kekayaan kuliner dengan berbagai kekhasan. Beragamnya kuliner masyarakat maluku ini tidak dibarengi dengan promosi atau pemasaran dari berbagai pihak, terutama oleh pemerintah setempat. Sehingga sebagian masyarakat Indonesia tidak begitu akrab dengan kuliner Maluku. Oleh karena itu, kali ini bukan.info kembali menemani pembaca setianya dengan suguhan tulisan mengenai kuliner dari daerah Timur Indonesia. Karean bukan.info memahami dengan baik bahwa Indonesia merupakan negara dengan kekayaan kuliner yang tak tertandingi oleh egara lain. Sehingga pada kesempatan kali ini akan kami sajikan empat masakan khas daerah Maluku:


1.    Popeda

Image source Google.com

Popeda merupakan makanan masyarakat maluku yang bisa dikatakan sudah tua usianya. Makanan yang terbuat dari bubur sagu ini tidak hanya merupakan makanan masyarakat Maluku, melainkan juga oleh masyarakat Papua. Dengan usianya yang sudah tua, popeda mengalami berbagai inovasi. Dulu masyarakat Maluku ketika memakan popeda, kuahnya adalah Kuah Gibi Soru atau dalam bahasa Indonesia adalah Kuah Celup. Namun saat ini masyarakat lebih suka makan popeda dengan kuah kuning atau kuah yang berwarna kuning yang juga kaya dengan bumbu-bumbu.

2.    Nasi Jaha

Image source Google.com

Nasi Jaha adalah makanan tradisional di Maluku Utara. Biasanya makanan khas Maluku Utara yang terbuat dari beras biasa dan beras pulo (ketan) dan santan kelapa tersebut dimasukan ke dalam bambu dengan ukuran 30-50 cm. Beras yang dimasukan tersebut sebelumnya telah dikukus hingga setengah matang. Pada mumnya nasi Jaha merupakan makanan yang dibuat pada saat dilaksanakannya sebuah hajatan, seperti pernikahan, sunatan, laela atau malam lailatur kadar, dll. Samapi saat ini nasi jaha telah dijadikan barang komoditas untuk oleh-oleh khas Maluku.

3.    Nasi Lapola Khas Maluku

Image source Google.com

Nasi lapola adalah makanan khas Maluku yang di olah dengan menggunakan kacang tolo. Beras yang dimasak dengan nyala api yang tidak begitu besar sampai setengah matang yang kemudian dicampurkan dengan kacang tolo rebus, kelapa parut, dan garam, lalu diaduk rata. Setelah itu adonan nasi lapola ini dikukus hingga matang.

4.    Bubur Sagu Ubi

Image source Google.com

Bubur sagu ubi merupakan makanan khas yang berbahan dasar sagu, pembuatanya yaitu sagu lempengan direndam dalam air hingga mengembang. Setelah itu airnya dibuang dan ditiriskan. Lalu, rebus gula merah, gula pasir dan daun pandan dalam air hingga gula larut. Setelah itu air gula dicampurkan dengan sagu yang telah lunak dan ubi merah rebus. Bubur sagu ubi yang diberi santan kental dan taburan kenari siap di sajikan.