Tips Sukses Jadi Mahasiswa Baru yang Mandiri… -Bukan.Info

Bulan bulan ini adalah masa bagi calon mahasiswa untuk mencari perguruan tinggi yang di minati. Bagi yang gagal mengikuti SNMPTN masih ada  jalur SBMPTN, Mandiri atau PTS. Setelah Diterima menjadi mahasiswa baru, terkadang masih bingung mau melakukan apa agar tetap sukses, agar tidak “ketingalan” ritme mengikuti dunia perkuliahan. Dunia perkuliahan tentunya berbeda dengan masa SMA. Kamu akan menemui teman baru, lingkungan baru, suasana baru, kurikulum baru maupun peraturan baru. Kamu yang kuliah di luar daerah, juga akan berpisah dengan orang tua dan harus mengatur segalanya secara mandiri. Nah Kali ini bukan.Info akan memberikan beberapa tips menjadi mahasiswa baru


Pastikan Jadwal Kuliah dan Kegiatan Lain Agar Tidak Bentrok 
                                    
Image Source http://peteradisaputro.blogspot.com
     
Mengatur waktu sangatlah penting saat menjadi mahasiswa, tidak seperti SMA yang sudah tahu pasti jam berapa berangkat sekolah dan pulang sekolah. Tetapi di Kuliah jadwal sudah kamu tentuin sendiri,pastikan jadwal tidak bentrok dengan satu sama lain. Apabila kamu ingin mengikuti kegiatan ekstra, pastikan kamu juga bisa mengatur waktu. Jangan sampai kamu mengabaikan kuliah dan tugas. Saat kuliah nanti kamu juga akan menemui banyak tugas yang dikerjakan berkelompok. Kalau tidak bisa mengatur waktu, kasian teman yang menjadi kelompok mu. Mereka akan terganggu dengan sikap kamu.


Rajinlah Mencatat Materi yang Disampaikan Dosen Saat Mata Kuliah Berlangsung

http://www.kesekolah.com

Kebiasaan mencatat pelajaran saat di sekolah, haruslah dipertahankan. Selain itu kumpulkan materi-materi dosen yang biasanya boleh dicopy atau materi presentasi teman-teman kamu. Karena kebiasaan ini akan sangat membantu saat UTS atau UAS berlangsung. Kamu tak usa repot menyalin atau mengcopy catatan teman kamu, dan kebingungan saat ujian berlangsung.


Buatlah Jadwal Belajar dan Membaca Buka dalam Sehari

Image Source http://pap.fkip.uns.ac.id

Dalam perkuliahan biasanya satu jam mata kuliah, diperlukan waktu dua jam belajar di luar kelas. Pelajarilah satu mata kuliah di hari yang sama. Untuk mengulang kembali materi yang telah disampaikan oleh dosen. Pelajari juga silabus perkuliahan, untuk mempersiapkan matakuliah selanjutnya. Selain itu persiapkan ruang belajar yang nyaman buat mengerjakan tugas. Agar setiap harinya kamu bersemangat dalam mengerjakan tugas dan belajar. Aturlah  juga waktu belajar dan mengerjakan tugas, tidak usah begadang sampai malam.


Istirahat yang Cukup dan Jaga Kesehatan terutama Makan Teratur

Image Source www.healthydiet.asia

Agar kamu tidak lelah mengerjakan tugas, sediakan 10 menit waktu istirahat untuk setiap satu jam belajar. Berikan waktu istirahat untuk mata dan otak kamu.  Hindari belajar secara terus menerus dalam beberapa jam, karena akan membuatmu cepat lelah.Tidur juga harus cukup, hinder begadang sampai larut malam. Menjaga pola makan juga penting, karena banyak mahasiswa yang sering terlambat makan sehingga sakit.

Manfaatkan Fasilitas yang Ada Di Kampus Kamu

dev.widyatama.ac.id

Saat di kampus nanti kamu akan menemuai banyak fasilitas kampus yang bisa mendukung kuliah mu. Banyak fasilitas seperti Wifi, Perpustakaan, Laboraorium, dll. Carilah informasi sebanyak-banyaknya cara memakai laboratorium, mencari literatur, informasi yang akan di perpustakaan.


Belajar Kelompok Bersama-Sama dengan Teman Kamu

Image Source dev.widyatama.ac.id


Carilah teman yang mau diajak belajar bersama, sehingga kamu akan mendapatkan pengetahuan yang lebih. Kamu bisa berdiskusi banyak hal bersama teman-teman mu, tentang kesulitan-kesulitan dalam memahami matakuliah. Bisa jadi kamu bisa mendapatkan semangat belajar, tetapi ingatlah kalau belajar tetaplah fokos dan tidak usah kenbanyakan gobrol sana-sini.

semoga bermanfaat...