Anda Ingin melatih Anak Anda Berpuasa? Ini Dia Beberapa Tips Melatih Anak Berpuasa

Puasa merupakan salah satu kewajiban umat muslim di bulan ramadhan. Anak-anak yang belum baligh memang belum mempunyai kewajiban untuk berpuasa, namun kita perlu melatihnya supaya saat anak-anak kita sudah baligh, mereka terbiasa dengan berpuasa.   Anda tidak perlu terlalu keras dan memaksa anak untuk berpuasa, karena jika anak anda terlalu di paksa, nanti malah anak anda tidak suka dengan berpuasa. Lakukanlah hal-hal yang bisa membuat anak anda menjadi senang untuk menjalankan ibadah puasa. Tapi bagaimana caranya melatih anak berpuasa?
Nah, ini ada beberapa tips untuk mengajarkan anak berpuasa.

1. Cobalah Menjelaskan Apa Itu Puasa Kepada Anak Dengan Menggunakan Bahasa Yang Mudah Dipahami Anak

image source: islamiccenterr.blogspot.com
Anak-anak perlu diberi tahu terlebih dahulu tentang berpuasa. Cobalah jelaskan apa itu puasa dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti oleh anak. Anda juga perlu menerangkan mengenai manfaat dan keutamaan berpuasa dengan cara yang menyenangkan. Anda juga perlu memberikan contoh saat menjelaskannya ke anak. Usahakan dalam menjelaskan penuh antusias suapa anak menjadi tertarik.

2. Memberikan Hadiah Kepada Anak Untuk Memberikan Motivasi Juga Perlu Anda Lakukan

image source: faisalchoir.blogspot.com
Anak-anak perlu diberikan dorongan dan motivasi untuk berpuasa. Berilah motivasi berupa hadiah kalau anak anda bisa berpuasa saat ramadhan. Hal itu penting supaya anak menjadi bersemangat dalam menjalankan puasa.

3. Apabila Anak Anda Masih Terlalu Dini, Latihlah Dengan Berpuasa Setengah Hari

image source: www.indonetwork.co.id
Jika anak anda masih terlalu dini, janganlah teralu memaksa anak anda untuk berpuasa sehari penuh. Berikan keringanan kepada anak anda, misalnya kalau anak anda memang belum mampu puasa sehari penuh, biarkan anak berpuasa setengah hari dulu. Usahakan puasa anak tiap harinya bertambah 1 jam, hingga akhirnya anak anda nisa sampai berpuasa sehari penuh.

4. Timbulkan rasa Percaya Diri Anak Dengan Menyanjungnya Karena Sudah Bisa Berpuasa

image source: www.noormuslima.com
Anak-anak memerlukan pujian untuk membuat anak lebih bersemangat dalam melakukan suatu hal. Hal ini bisa menjadi dorongan spiritual bagi si anak. Anda bisa melakukannya saat berbuka puasa supaya anak anda bersemangat untuk berpuasa lagi.

5. Mengajak Anak-Anak Makan Sahur Juga Penting Supaya Mereka Kuat Dalam Menjalankan Puasa

image source: khoirulkhafidin.blogspot.com
Supaya anak tidak mudah 'berhenti ditengah jalan' saat puasa, maka ajaklah anak-anak untuk ikut sahur. Dengan makan sahur, maka akan ada energi yang masuk dalam diri anak. Sehingga anak bisa bertahan sampai saat berbuka tiba.

Nah itu dia beberapa tips yang perlu anda lakukan untuk mengajak anak anda berpuasa. Semoga bermanfaat.