Berlatih dan Bersiaplah di Bulan Sya'ban Demi Menggapai Ramadhan Terbaikmu

14 hari menuju Ramadhan tahun 1435 H. Wah semakin dag dig dug nih. Menanti kedatangan tamu yang spesial. Apa saja yaa yang harus kita persiapkan? Agar Ramadhan kali ini lebih baik dari Ramadhan tahun lalu? Agar waktu istimewa tidak tersia begitu saja. Agar tamu spesial kita tidak kecewa? Hmm...mungkin saran dari bospedia.com bisa kita lakukan sobat.. :)
 Kata Ustadz, Rasulullah SAW bersabda yang intinya biasanya di bulan Sya'ban banyak manusia yang lalai. Mulai santai-santai, padahal seharusnya mulai mempersiapkan yang terbaik untuk menyambut Ramadhan. Bulan Sya'ban berada di antara bulan Rajab dan Ramadhan dan termasuk 4 bulan haram. Nah, maka dari itu bulan Sya'ban juga termasuk istimewa. Lalu apa saja yaa yang sebaiknya kita lakukan di bulan Sya'ban ini? Mungkin Sobat bisa melakukan beberapa hal di bawah ini:

1. Perbanyaklah Berpuasa di Bulan Sya'ban, karena Rasulullah Tidak Pernah Berpuasa Sebulan Penuh Kecuali di Bulan Ramadhan dan Tidak Berpuasa Paling Banyak di Bulan Tertentu Selain Bulan Sya'ban.


Berlatih dan Bersiaplah di Bulan Sya'ban Demi Menggapai Ramadhan Terbaikmu - bospedia.com
image source: ekriboy.blogspot.com

Bulan Sya'ban kita dianjurkan perbanyak berpuasa. Tapi, ada pendapat ulama yang menyatakan bahwa kalau Sobat tidak terbiasa puasa, maksimal kita berpuasa sampai tanggal 15 Sya'ban yaa,, tepatnya hari ini hari terakhir kita boleh berpuasa. Keccuali kalau Sobat sudah istiqomah berpuasa, misalnya puasa Dawud maka Sobat masih boleh berpuasa sampai H-2 atau H-3 sebelum Ramadhan.


2. Berlatihlah Bersedekah


Berlatih dan Bersiaplah di Bulan Sya'ban Demi Menggapai Ramadhan Terbaikmu - bospedia.com
image source: www.blograidah.com

Bulan Ramadhan adalah bulannya berbagi. Nah, jika sobat belum terbiasa berbagi setiap harinya, bisa mulai sobat latih di bulan Sya'ban ini. Tidak perlu banyak yang penting istiqomah, ikhlas dan tepat sasaran hehehe :)


3. Perbanyaklah Tilawahnya, Bacalah Terjemahnya


Berlatih dan Bersiaplah di Bulan Sya'ban Demi Menggapai Ramadhan Terbaikmu - bospedia.com
image source: nitahiras.blogspot.com

Ini yang paling penting dan jangan ditinggalkan. ramadhan adalah bulannya Al-Quran. Bulan di mana Al-Quran diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Al-Quran sebagai mukjizat terbesar Rasulullah. Maka sebagai umat Islam, kita harus dekat dengan Al-Quran. Caranya dengan membacanya setiap hari, mentadabburi, mengamalkan dan mengajarkannya. Kalau bisa menghafal itu lebih bagus lagi. Jika sobat tinggal di Indonesia dan belum mahir berbahasa Arab, maka untuk mentadabburi Al-Quran kita perlu membaca terjemahannya. Niatkan dan mulai dari sekarang yuuk untuk menamatkan baca terjemahnya :)


4.  Menuliskan Harapan dan Target Ibadah atau Amalan di Bulan Ramadhan


Berlatih dan Bersiaplah di Bulan Sya'ban Demi Menggapai Ramadhan Terbaikmu - bospedia.com
image source: rfline.wordpress.com

Untuk menggapai Ramadhan terbaik, kita harus mempunyai target di bulan Ramadhan sobat. Target dan harapan kita tidak usah muluk-muluk, sesuai kemampuan kita saja. Dan jangan lupa menuliskannya yaa... :)

Misalnya, target Ramadhan kali ini Sobat ingin:
a. mengkhatamkan tilawah Al-Quran minimal 2 kali
b. Qiyamul lail dan Tahajjud tidak pernah bolong
c. Bersedekah minimal 5000 rupiah setiap hari
d. Hafalan juz 29
e. Mengajar ngaji setiap hari dan sebagainya.

Nah, dengan target ini kita akan lebih termotivasi dan terkontrol. Bisa juga membentuk grup atau kelompok dengan teman-teman agar saling mengingatkan :)

Itulah Sobat, beberapa hal yang bisa kita persiapkan untuk menggapai Ramadhan Terbaik di tahun ini. Sudahkah Sobat mempersiapkannya? Ayook kita belomba dalam kebaikan :) Fighting! :D
Semoga bermanfaat yaa...