Kamu Pencinta Hal Unik ? Inilah 3 Hal Unik Daerah Gunungkidul - Bospedia.com

Indonesia merupakan daerah yang luas, terdiri dari banyak kabupaten kota dan provinsi. Kabupaten Gunungkidul merupakan kawasan yang sangat indah dengan pesona wisata dan kekayaan alamnnya. Taukah kamu banyak hal unik yang ada di Gunungkidul  selain pesona alamnya. Hal unik ini hanya terdapat di daerah Gunungkidul. Baiklah disini Bospedia.com akan berbagi tentang hal unik yang ada di kawasan Gunungkidul.

1. Tempat Penampungan Air di Setiap Rumah Warga

image source : bebasbanjir2025.wordpress.com
Tempat penampungan air ? apa sih yang unik. Ketika kita memasuki kawasan Gunungkidul kita akan melihat disetiap rumah warga masyarakat pasti ada tempat penampungan air. Yang unik disini adalah tempat penampungannya besar bisa menampung air untuk kebutuhan keluarga selama dua minggu hingga satu bulan.  Penampungan ini dibuat, mengingat masih banyaknya daerah Gunungkidul yang tidak memilki aliran air, so masyarakat harus membeli air dan tempat penampungannya seperti bak besar mirip dengan rumah teletubish (film anak-anak).

2. Batu Kapur

image source : pramukaupdate.wordpress.com
Guys, saat kita memasuki kawasan Gunungkidul kita akan melihat banyak batu kapur didaaerah ini. Hampir semua dataran Gunungkidul dikelilingi dengan batu kapur. Batu kapur yang sudah lama akan mengalami perubahan warna menjadi warna hitam dan semakin kuat. So jika kalian ingin batu kapur tinggal ke Gunungkidul aja minta sama warganya, heheh... Disini dalam pembangun rumah, warga selalu memanfaatkan batu kapur sebagai pondasinya, sungguh karunia Allah yang luar biasa bukan?

3. Suhu Udara yang Unik

image source : sains.kompas.com

Kawasan Gunungkidul terkenal dengan objek wisata pantainya. Akan tetapi ada yang berbeda disini guys, kita tau bahwa daerah pantai merupakan kawasan yang memilki suhu udara panas. Akan tetapi tidak dengan daerah Gunungkidul, disini kita akan mearasakan sensasi suhu udara yang dingin baik siang maupun malam. Jika sudah mendekati malam huft suhu udaranya akan dingin banget. So buat kamu orang Jogya yang  mau ke Gunungkidul persiapkan baju hangat dan minuman hangat ya, untuk menjaga stamina tubuh agar tidak sakit. 

Itulah hal unik yang ada di Gunungkidul, so jika ingin kesana harus membawa persiapan agar stamina tetap fit. Ketika sudah sampai disana pasti akan banyak hal unik lainnya. Sekian informasi dari Bospedia.com terima kasih atas kunjungannya. Untuk menambah informasi baca juga artikel tentang wisata pantai Gunungkidul.