Anda Sering Merasa Stres Padahal Sedang Hamil? Ini Dia 4 Tips Ampuh Untuk Mengurangi Stres Saat Hamil - Bospedia.com

Untuk menjadi seorang ibu hamil, tidak hanya dituntut kesiapan secara fisik saja, namun juga mental. Kedua hal tersebut berguna untuk mempersiapkan diri dalam menyambut datangnya gejala-gejala perubahan fisik tubuh yang mempengaruhi kondisi kejiwaan calon ibu.

Banyak perubahan yang terjadi secara fisik pada ibu hamil, seperti perubahan bentuk tubuh dengan perut yang semakin membesar, munculnya jerawat diwajah, atau kulit muka yang mengelupas. Akan tetapi satu hal yang pasti, perubahan secara mental pada ibu hamil sangat sulit ditebak dan tidak selalu sama antara sesama ibu hamil pada setiap kehamilannya. 

Setiap detak jantung ibu dapat dirasakn pula oleh janin yang ada didalam kandungannya. Apabila ibu sering mengalami stres, maka detak jantunya akan semakin meningkat. Detak jantung yang semakin cepat dapat mempengaruhi gerakan pada janin. Janin akan lebih gelisah didalam rahim. Selain itu, hormon pemicu stres juga akan ikut meningkat. 

Nah, dalam postingan kali ini akan diuraikan mengenai kiat-kiat mengatasi stres pada ibu hamil, Anda penasaran apa saja kiat-kiat tersebut? Baiklah langsung saja kita simak bersama, cekidot.. :D
 1. Carilah penyebab stres

cari penyebab stress
http://cdn.klimg.com


Cobalah untuk mencari tahu akah yang menjadi penyebab stres. Apakah itu berkaitan dengan hubungan personal, atau berhubungan dengan pekerjaan, atau hal lainnya. Kemudian, setelah diketahui penyebabnya, maka carilah jalan keluar yang efektif untuk dapat mengatasi dan menghadapinya.

2.      2. Pola makan yang sehat dan baik
 
pola makn yang baik
http://nurmungil.com

Apabila ibu dalam kondisi sehat dan prima, maka ibu akan dapat mengatasi stres dengan cara lebih baik. Untuk itu, maka jagalah pola makan yang sehat, istirahat yang cukup, serta lakukanlah olahraga yang teratur yang akan membantu Anda untuk tetap fit.

3.       3. Istirahat yang cukup dan nyaman

istirahat yang cukup
http://segiempat.com

Pastikan waktu istirahat Anda cukup. Kondisikan tempat Anda beristirahat sebagai tempat yang membuat Anda nyaman. Cobalah untuk berbaring pda satu sisi 9lebih dianjurkan sisi kiri) sambil mendengarkan musik yang lembut. 

4.       4. Konsultasikan dengan dokter
konsultsi dengan dokter
http://assets-a2.kompasiana.com

Utarakanlah keluhan kesehatan Anda. Komunikasikan tanpa ragu dan malu. Dokterlah yang mampu menilai apakah Anda memerlukan pengobatan atau tidak. Lakukan secara berkala supaya gangguan sekecil apapun dapat terdeteksi dan tindakan pencegahan dapat dilakukan secepat dan sebaik mungkin.

Demikia tadi beberapa kiat untuk mengurangi stres bagi ibu hamil. Semoga bermanfaat ya, terimakasih.. :)