Panduan Membuat Foto Hitam Putih dalam Fotografi Pemula

Panduan Membuat Foto Hitam Putih dalam Fotografi Pemula - Jika Anda belum pernah mencoba fotografi efek hitam dan putih, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang menarik? Setelah semua, tidak sedikit seperti televisi hitam putih atau film diam.

Jawabannya adalah tidak, pasti tidak. Dalam dunia fotografi, hitam dan putih dianggap sebagai bentuk seni. Beberapa bahkan akan mengatakan hanya fotografer terbaik bekerja di monokrom hitam putih. Sama pentingnya, bekerja di hitam putih dan dapat membantu Anda menjadi seorang fotografer yang lebih baik. Bagaimana? Ini semua harus dilakukan dengan komposisi.

Panduan Membuat Foto Hitam Putih dalam Fotografi Pemula
Source Image : dps.com

Warna ini sangat kuat, dan cenderung mendominasi foto begitu banyak sehingga sulit untuk melihat unsur-unsur lain seperti tonal kontras, tekstur, bentuk, bentuk dan kualitas cahaya. Fotografer berpengalaman secara naluriah melihat hal-hal ini, terlepas dari apakah mereka bekerja terutama dalam warna atau hitam dan putih. Tetapi jika Anda baru memulai, Anda mungkin perlu beberapa bantuan untuk melakukannya, dan bekerja dalam fotografi hitam dan putih yang akan membantu Anda.

Panduan Membuat Foto Hitam Putih dalam Fotografi Pemula
Source Image : dps.com

Tentu, ada mata pelajaran tertentu yang cenderung bekerja lebih baik daripada yang lain dalam warna hitam dan putih; dua khususnya lancape dan potret. Jika ini adalah pertama kalinya Anda menjepret dalam warna hitam dan putih, maka ini adalah pelajaran besar untuk mencoba mencoba dan memulai

Panduan Membuat Foto Hitam Putih dalam Fotografi Pemula
Source Image : dps.com

Penggunaan Hitam dan putih pada kamera 

Sebelum fotografi digital satu-satunya cara untuk bekerja dalam warna hitam dan putih adalah menggunakan film hitam dan putih. Syukurlah, sekarang itu jauh lebih mudah untuk bekerja dalam warna hitam dan putih, hanya dengan beralih kamera Anda untuk Monochrome Mode (cek manual pada kamera jika Anda tidak yakin bagaimana untuk melakukannya, carilah Picture Styles dalam pengaturan).

Kamera dengan viewfinder elektronik otomatis menampilkan gambar hitam dan putih, membantu Anda melihat bagaimana gambar akan terlihat, sebelum Anda menekan tombol Shutter Jika Anda memiliki SLR digital Anda akan mendapatkan efek yang sama di Live View. Ini mungkin berguna jika Anda bekerja dengan kamera pada tripod (misalnya, mengambil foto landscape).

Biasanya pada saat ini saya menyarankan Anda untuk menggunakan format baku. Dalam jangka panjang itu lebih mudah daripada menggunakan JPEG, dan memberikan kualitas gambar yang lebih baik. Tapi saya menghargai bahwa jika Anda masih baru dalam dunia fotografi Anda mungkin masih bekerja secara eksklusif dalam format JPEG. 

Monochrome mode
Setelah berada dalam mode monokrom Anda akan melihat beberapa opsi tambahan. Mereka membantu Anda mengatur kamera untuk menghasilkan hasil yang terbaik. Sekali lagi, periksa manual Anda jika Anda tidak yakin di mana untuk menemukan mereka.

Filter Warna
Pengaturan filter warna yang tersisa dari hari film fotografi. Fotografer akan membeli filter yang berwarna, dan menggunakannya untuk mengubah nada dalam foto hitam putih. Misalnya, jika Anda termasuk adegan langit biru, kemudian menggunakan filter kuning akan membuat langit sedikit lebih gelap, filter oren membuatnya bahkan lebih gelap, dan filter gelap masih merah.

Panduan Membuat Foto Hitam Putih dalam Fotografi Pemula
Source Image : dps.com

Source Image : dps.com

Ada juga tempat untuk filter hijau, yang dapat membawa keluar lebih dalam pengambilan hijau seperti hutan berdaun. Empat filter berwarna (merah, oren, kuning dan hijau) telah membuat jalan mereka ke kebanyakan kamera digital sebagai pengaturan hitam dan putih.

Kontras
Jika Anda mengambil foto dalam cahaya datar (misalnya, potret seseorang yang berdiri di tempat teduh) foto mungkin terlihat datar (dua dimensi). Jadi, Anda perlu untuk mengkompensasi dengan meningkatkan kontras. Anda juga dapat melakukan ini di Photoshop atau Lightroom setelah foto telah diambil, atau Anda dapat melakukannya di-kamera dengan pengaturan kontras.

Panduan Membuat Foto Hitam Putih dalam Fotografi Pemula
Source Image : dps.com

Source Image : dps.com

Tanam dan format persegi
Kebanyakan kamera modern membiarkan Anda mengubah rasio aspek. Alasan mengapa Anda mungkin ingin melakukan yang sedikit rumit, tapi yang utama adalah bahwa hal itu memungkinkan Anda menembak dalam format persegi, sesuatu yang Anda mungkin sudah digunakan untuk jika Anda menggunakan sebuah aplikasi seperti Instagram pada smartphone Anda. Jika kamera Anda memiliki jendela bidik elektronik, maka akan muncul gambar persegi untuk Anda, membuat komposisi lebih mudah.


Panduan Membuat Foto Hitam Putih dalam Fotografi Pemula
Source Image : dps.com

Toning
Akhirnya, Anda mungkin memiliki pilihan untuk nada gambar yang Anda miliki. Sejujurnya, kecuali kamera Anda memungkinkan Anda menerapkan toning mempengaruhi secara halus, saya tidak akan repot-repot dengan ini, karena efeknya biasanya terlalu kuat.