15 Manfaat Jambu untuk Kesehatan Tubuh Serta Mencegah Kangker

Jambu biji, yang dikenal dengan amrood dalam bahasa Hindi, hadir dengan biji-biji keras kecil di tengahnya. Hal ini diyakini memiliki asal usulnya di Amerika Tengah dimana ia dikenal sebagai "sand plum". Bentuknya bulat atau oval dengan warna hijau muda atau kuning muda, dan warnanya bervariasi dari putih atau merah muda sampai merah tua dan memiliki biji yang dapat dimakan.



Selain rasa dan wangi yang unik, jambu biji telah dipuji sebagai salah satu buah super karena berbagai manfaat bagi kesehatan. Ini memang pembangkit tenaga nutrisi. "Buah sederhana ini sangat kaya akan vitamin C, lycopene dan antioksidan yang bermanfaat bagi kulit. Jambu biji juga kaya akan mangan yang membantu tubuh menyerap nutrisi penting lainnya dari makanan yang kita makan. Jambu biji mengandung folat, mineral yang membantu meningkatkan kesuburan. Kalium dalam jambu biji membantu menormalkan tingkat tekanan darah juga. Sebenarnya, pisang dan jambu biji mengandung jumlah kalium yang hampir sama. Karena mengandung sekitar 80% air, ini membantu menjaga kulit tetap terhidrasi. Berikut adalah 15 manfaat jambu untuk kesehatan dan kulit yang perlu Anda ketahui.



1. Kekebalan Tubuh
Tahukah Anda: Jambu biji adalah salah satu sumber vitamin C terkaya? Itu benar. Jambu biji mengandung 4 kali kandungan vitamin C yang ada pada jeruk. Vitamin C membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi Anda dari infeksi dan patogen.

2. Menurunkan Resiko Kanker
"Lycopene, quercetin, vitamin C dan polifenol lainnya berperan sebagai antioksidan kuat yang menetralkan radikal bebas yang dihasilkan di dalam tubuh, mencegah pertumbuhan sel kanker. Jambu telah terbukti berhasil dalam mengurangi risiko kanker prostat dan juga menghambat pertumbuhan sel kanker payudara karena kaya lycopene, "kata Dr. Manoj K. Ahuja.

3. Mencegah Diabetes
Karena kandungan serat yang kaya dan indeks glikemik rendah, jambu mencegah perkembangan diabetes. Sementara indeks glikemik rendah menghambat lonjakan kadar gula yang tiba-tiba, kadar serat memastikan kadar gula diatur dengan baik.



4. Jantung Sehat
Jambu memperbaiki keseimbangan natrium dan kalium tubuh, sehingga mengatur tekanan darah pada penderita hipertensi. Jambu biji juga membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL), yang berkontribusi terhadap perkembangan penyakit jantung. Buah magis ini meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

5. Susah Buang air Besar
Ini adalah salah satu sumber serat makanan terkaya dibandingkan dengan buah lainnya dan hanya 1 jambu yang memenuhi sekitar 12% asupan serat harian Anda yang direkomendasikansehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan Anda. Jika Biji jambu tertelan utuh atau dikunyah, berfungsi sebagai obat pencahar yang sangat baik juga, sehingga membantu dalam melancarakan susah buang air besar.

6. Meningkatkan penglihatan
Karena adanya Vitamin A, jambu biji ini dikenal sebagai Pendorong untuk kesehatan penglihatan. Ini tidak hanya bisa mencegah penurunan penglihatan, tapi malah memperbaiki penglihatan. Ini bisa membantu memperlambat munculnya katarak dan degenerasi makula. Meskipun jambu tidak begitu kaya akan vitamin A sebagai wortel, mereka tetap merupakan sumber gizi yang sangat baik.



7. Selama kehamilan
Jambu biji mengandung asam folat, atau vitamin B-9, yang direkomendasikan untuk wanita hamil karena dapat membantu dalam mengembangkan sistem saraf bayi dan melindungi bayi dari gangguan neurologis.

8. Mencegah sakit gigi
Daun jambu memiliki tindakan anti-inflamasi yang manjur dan kemampuan antibakteri yang hebat untuk memerangi infeksi dan membunuh kuman. Dengan demikian, mengkonsumsi daun jambu biji juga sebagai obat yang fantastis untuk sakit gigi. Jus daun jambu biji juga telah dikenal untuk menyembuhkan sakit gigi, gusi bengkak dan bisul.

9. Stress
Magnesium yang ada dalam jambu membantu melemaskan otot dan saraf tubuh. Jadi setelah latihan keras atau hari yang panjang di kantor, jambu merupakan buah yang Anda butuhkan untuk mengendurkan otot, mengatasi stres dan memberi dorongan pada energi Anda.



10. Bagus untuk Otak Anda
"Jambu biji mengandung vitamin B3 dan vitamin B6, juga dikenal sebagai niacin dan pyridoxine, yang membantu meningkatkan sirkulasi darah ke otak, merangsang fungsi kognitif dan menenangkan saraf", komentar Dr. Manoj K. Ahuja.

11. Berat Badan
Tanpa mengurangi asupan protein, vitamin dan serat, jambu biji membantu menurunkan berat badan dengan mengatur metabolisme tubuh. Ini adalah win-win! Jambu biji membuat camilan yang sangat kenyal dan memuaskan nafsu makan dengan sangat mudah. Jambu biji, terutama jambu mentah, juga memiliki gula jauh lebih sedikit dibandingkan dengan apel, jeruk, anggur, dan buah lainnya.

12. Batuk dan Pilek
Jambu biji merupakan salah satu dari jumlah vitamin-C dan zat besi tertinggi di antara buah-buahan, dan keduanya terbukti menjadi pencegahan terhadap infeksi dan virus. Jus jambu mentah atau ramuan daun jambu biji sangat membantu dalam meredakan batuk dan pilek karena membantu menyingkirkan lendir dan mendisinfeksi saluran pernafasan, tenggorokan dan paru-paru.



13. Anti Penuaan
Jambu kaya akan vitamin A, vitamin C dan antioksidan seperti karoten dan lycopene yang membantu melindungi kulit dari keriput serta menjaga dari Panuan

14. Memperbaiki Kompleksi
Jambu biji juga merupakan sumber vitamin K yang hebat, yang membantu menghilangkan perubahan warna pada kulit, lingkaran hitam, kemerahan dan iritasi jerawat.

15. Meningkatkan Tekstur
Jambu biji tinggi sifat astringent, daun jambu biji dan jambu mentah yang lebih rendah sekalipun. Jambu biji membantu mengencangkan otot-otot wajah, sehingga anda bisa  mengoleskan ramuan daun dan buah ke kulit.