7 Makanan yang menyebabkan Psoriasis (Penyakit Kulit)

Psoriasis adalah penyakit peradangan kronis dan bersifat autoimun (penyakit yang muncul sebagai akibat dari reaksi sistem kekebalan atau sistem imun tubuh) yang terjadi pada kulit yang ditandai dengan bercak putih, perak, atau merah bersisik tebal di berbagai bagian tubuh terutama pada kaki, punggung bawah, lutut, siku, tangan, dan kulit kepala. Penyakit tidak menular ini biasanya terjadi pada orang dewasa, walaupun ada juga beberapa kasus pada anak-anak dan remaja.



Gangguan pada kulit ini dipicu oleh faktor lingkungan, serangan kekebalan tubuh (autoimun) karena jumlah limfosit yang tidak normal, dan sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif. Psoriasis diduga disebabkan oleh proliferasi atau penyebaran sel-sel kulit yang sangat cepat. Psoriasis dapat bersifat ringan, sedang, ataupun berat. Meskipun pasien dengan kasus ringan hampir tidak tgejalanya, pasien yang menderita kasus yang lebih parah akan memperlihatkan gejala seperti kulit tebal, merah, dan bersisik pada seluruh tubuh mereka.

1. Alkohol

Alkohol adalah salah satu pemicu terburuk. Sebenarnya, gejala psoriasis Anda mungkin memburuk bahkan jika Anda adalah peminum ringan sampai sedang.




2. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji, karena mereka cenderung tinggi pati, lemak trans dan gula, yang cenderung meningkatkan peradangan.



3. Pemicu asam

Beberapa pemicu asam seperti kafein, gula, tepung putih, alkohol, daging merah, MSG, dll dapat meningkatkan peradangan juga.

4. Susu

Mengikuti dua poin terakhir, produk susu seperti telur dan susu juga mengandung asam peradangan alami, jadi cobalah untuk mengurangi dari makanan Anda.



5. Perekat

Perekat adalah bahan yang mampu mengikat dua permukaan atau lebih dengan ikatan yang kuat dan permanen. Secara umum perekat adalah bahan yang memiliki kekuatan tarik dan kekuatan geser yang tinggi[1]. Perekat bekerja berdasarkan prinsip adesi, yaitu gaya tarik-menarik antara molekul-molekul dari jenis bahan yang berbeda. Perekat juga memiliki potensi untuk memicu peradangan pada beberapa orang.

6. Kecap dan Saus

Bumbu tertentu seperti kayu manis, cuka, mayones, kecap, saus Tabasco, dll cenderung meningkatkan peradangan.



7. Sayuran Nightshade

Tanaman 'Nightshade' seperti kentang, tomat, terong, paprika, dan lain-lain karena mengandung alkaloid dan lektin, yang dapat menyebabkan peradangan. Mereka juga mengandung solanin, senyawa kimia, yang telah terbukti memicu rasa sakit pada beberapa orang.