7 Tanda Dan Gejala Diabetes Yang Harus Anda Ketahui

Diabetes adalah kondisi kronis yang berhubungan dengan kadar gula dalam darah yaitu abnormal. Insulin yang diproduksi oleh pankreas menurunkan glukosa darah. Tidak adanya atau tidak cukupnya produksi insulin, atau ketidakmampuan tubuh untuk dalam menggunakan insulin menyebabkan diabetes.

tech.co


Diabetes memiliki banyak tanda awal, tapi cukup halus sehingga Anda mungkin tidak menyadarinya. Diabetes tipe 2 dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius, oleh karena itu penting untuk mengetahui tanda-tanda peringatan dan mendapat tes diabetes jika Anda memiliki gejala apapun. Mengobati diabetes dini dapat membantu mencegah komplikasi serius. Inilah tanda-tanda yang harus diwaspadai:


1. Meningkatnya buang air kecil, haus yang berlebihan: 

Jika Anda merasa perlu buang air kecil sering, terutama jika Anda bangun di malam hari lebih sering dari biasanya untuk menggunakan kamar mandi, itu bisa menjadi gejala diabetes. Ginjal harus menyingkirkan semua glukosa ekstra dalam darah, karena itu keinginan untuk meringankan diri. Ada rasa haus berlebihan yang berarti tubuh Anda mencoba mengisi kembali cairan yang hilang itu.

2. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan: 

Kadar gula darah tinggi dapat menyebabkan penurunan berat badan namun ini bukan penurunan berat badan yang sehat. Karena hormon insulin tidak mendapatkan glukosa ke dalam sel, dimana bisa digunakan sebagai energi, tubuh menganggapnya kelaparan dan mulai memecah protein dari otot sebagai sumber alternatif bahan bakar.

3. Kelaparan: 

Kelaparan yang berlebihan adalah tanda diabetes lainnya dan bisa berasal dari puncak dan kadar gula darah yang tajam. Ketika kadar gula darah menurun, tubuh mengira belum diberi makan dan sangat membutuhkan glukosa sehingga sel perlu berfungsi.

4. Masalah kulit: 

Kulit gatal, mungkin akibat kulit kering atau sirkulasi yang buruk, seringkali bisa menjadi tanda peringatan diabetes, seperti juga kondisi kulit lainnya, seperti acanthosis nigricans, yang merupakan penggelapan kulit di sekitar leher atau ketiak. daerah.


5. Lambat penyembuhan luka:

 Infeksi, luka, dan memar yang tidak sembuh dengan cepat adalah tanda lain diabetes. Hal ini biasanya terjadi karena pembuluh darah mengalami kerusakan akibat jumlah glukosa dalam perjalanan yang berlebihan di pembuluh darah dan arteri. Hal ini membuat darah sulit, yang dibutuhkan untuk memudahkan penyembuhan, hingga mencapai area tubuh yang berbeda.


6. Kelelahan dan mudah tersinggung: 

Kelelahan yang sedang berlangsung merupakan gejala penting untuk diperhatikan; Ini mungkin berarti makanan yang Anda makan untuk energi tidak dipecah dan digunakan oleh sel seperti seharusnya. Bila Anda memiliki kadar gula darah tinggi, Anda merasa tidak enak badan dan mungkin mudah marah. Padahal, gula darah tinggi bisa meniru gejala mirip depresi. Anda merasa sangat lelah, Anda tidak ingin melakukan apapun, Anda tidak ingin keluar dan mungkin hanya ingin tidur.


7. Penglihatan kabur: 

Pada tahap awal diabetes, lensa mata tidak fokus dengan baik karena glukosa menumpuk di mata, yang sementara mengubah bentuknya. Memiliki penglihatan yang menyimpang dan melihat floaters atau kilatan cahaya sesekali merupakan akibat langsung kadar gula darah tinggi.

Jika Anda memiliki tanda peringatan diabetes yang disebutkan di atas, diskusikan dengan dokter Anda dan dapatkan tes yang diperlukan untuk menegakkan diagnosis diabetes. Tanda-tanda peringatan ini mungkin tidak berarti Anda menderita diabetes tetapi jika Anda melakukannya, dengan diet yang benar, olahraga teratur, dan pengobatan (jika diperlukan), Anda dapat mengatur diabetes tipe 2 dengan mudah dan menjalani kehidupan yang aktif dan produktif.