10 Cara Agar Tidak Menunda-nunda Waktu

Semua orang berharap agar mereka memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang perlu mereka lakukan.



Sepertinya tidak ada cukup waktu untuk menyelesaikan semua hal di dunia yang bergerak cepat. Tapi ada sesuatu yang bisa Anda lakukan. Caranya adalah dengan bisa menggunakan waktu secara bijak sehingga membantu memaksimalkan waktu Anda.

Buatlah daftar waktu anda

Salah satu cara yang baik untuk meningkatkan produktivitas Anda adalah memulai dengan tugas yang Anda tahu bisa Anda selesaikan dengan mudah. Siapkan daftar to-do untuk awal hari yang hanya mencakup tugas cepat yang bisa Anda dapatkan dengan cepat. Memulai hari Anda dengan ledakan produktivitas akan membuat Anda mengambil tugas lebih besar saat Anda terus bekerja. Saat Anda menyelesaikan dan memeriksa setiap tugas, Anda akan merasa puas dengan pencapaian Anda, dan ini akan memotivasi Anda untuk melanjutkan ke tugas selanjutnya.


Atur Kalender Anda

Beli kalender untuk mengatur tugas Anda. Kalender fisik yang bisa Anda tulis sebenarnya lebih disukai oleh beberapa orang. Beberapa orang menemukan kesuksesan dengan kalender elektronik yang dapat Anda instal di ponsel atau komputer Anda. Apapun jenis yang Anda inginkan, kalender akan membantu Anda mengatur waktu Anda lebih efektif dengan tetap menjalankan tugas Anda secara langsung.

Tetapkan Waktu Tugas Anda

Tetapkan waktu untuk aktivitas atau percakapan apa pun yang penting bagi tujuan Anda. Terlalu banyak hal dalam daftar tugas membuat mereka sulit untuk menyelesaikannya. Anda juga bisa menggunakan buku janji temu. Jadwalkan janji pribadi dan buat blok waktu untuk percakapan, tindakan dan pemikiran tersebut. Jadwalkan permulaan dan akhiran mereka. Pastikan Anda menyelesaikannya sesuai jadwal. Juga, letakkan batasan waktu pada pekerjaan yang Anda lakukan. Terkadang hanya tindakan menempatkan batas waktu pada sesuatu akan membuat Anda jauh lebih efisien. Bahkan jika itu adalah sesuatu yang hanya memakan waktu beberapa menit, berikanlah persyaratan waktu. Tuliskan di daftar tugas Anda dan lihatlah seberapa efektifnya siang hari.

Libatkan Sumber Daya Anda

Lihatlah ke dalam mengambil kelas manajemen waktu. Mungkin Anda hanya tidak yakin bagaimana mengatur waktu Anda. Mengambil kelas dapat membantu Anda mengetahui apa yang penting dan mana yang tidak. Anda dapat menemukan kelas-kelas ini di perguruan tinggi setempat dan bahkan online. Biasanya harganya murah atau bahkan gratis.

Katakan tidak

Tidak ada kata yang kuat. Banyak orang melakukan terlalu banyak hal karena mereka merasa tidak bisa mengatakan tidak, dan kemudian menimbulkan stres sendiri. Pertimbangkan jadwalnya. Lihat apakah beberapa tugas dapat ditangani secara efektif oleh orang lain. Bila bisa, katakan ya untuk membantu!

Delegasikan Tugas Anda

Jika mengelola waktu menjadi masalah dalam hidup Anda, mulailah mendelegasikan posisi Anda. Di rumah, mintalah orang lain untuk mengambil langkah atau kendur, sehingga Anda semua bisa menjadi lebih efisien. Di tempat kerja, pastikan Anda tidak terus-menerus mengatasi kelemahan orang lain. Delegasi sebagian beban Anda dan atur waktu dengan lebih baik. Ini akan berjalan jauh dengan mengatur waktu Anda.


Hentikan Waktu yang sia-sia

Jika Anda menemukan manajemen waktu yang menantang, cobalah menghilangkan pemboros waktu Anda! Periksa apa yang Anda alami selama satu hari, seperti mengobrol di pendingin air, berlama-lama saat makan siang atau berkeliaran di Internet. Sadarilah apa yang membuang-buang waktu Anda dan berhenti melakukannya, atau simpan untuk akhir hari begitu segala sesuatu penting telah selesai.

Anda Perlu Fokus

Untuk membuat hidup lebih menyenangkan, penting untuk tidak membiarkan diri Anda terganggu saat Anda perlu menyelesaikan sesuatu. Jika Anda terganggu, Anda mungkin juga membuang jadwal Anda di luar jendela. Ada orang yang akan mencoba membajak waktu Anda dengan menambahkan lebih banyak tugas ke tugas yang sudah Anda lakukan. Jangan biarkan hal ini terjadi. Sebelum Anda melakukan hal lain, selesaikan apa yang Anda lakukan terlebih dahulu. Juga, satu gangguan utama yang harus Anda hindari adalah telepon seluler Anda. Jika Anda mengerjakan beberapa tugas penting, letakkan telepon Anda agar diam dan tidak terlihat, dan hentikan pengecekan email, kirim teks atau telepon penjawab. Melakukan hal ini akan memastikan Anda menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan tanpa gangguan.

Simpan Jurnal atau deary Anda

Simpan jurnal hari Anda selama seminggu atau dua minggu. Sertakan semua yang Anda lakukan di siang hari. Setelah Anda menyusun daftar semua aktivitas Anda, Anda akan dapat menemukan di mana Anda membuang-buang waktu. Dengan cara ini, Anda bisa menghilangkan aktivitas yang tidak perlu pada siang hari.


Bagaimana Memecahnya

Jika Anda bertanggung jawab atas tugas besar, memecahnya menjadi tugas kecil yang mudah dikelola. Ini akan memungkinkan Anda berkonsentrasi pada sebagian kecil tugas tanpa merasa terbebani. Dengan menggunakan teknik ini, Anda dapat memastikan bahwa Anda tetap pada jadwal untuk menyelesaikan tugas yang lebih besar.

Itu hanya membutuhkan sedikit usaha dan perencanaan tapi hasilnya layak usaha. Jadi mulailah mengatur waktu Anda hari ini agar Anda bisa menyelesaikan lebih banyak besok.