Android 8.1 Muncul untuk Mengurangi Ukuran Aplikasi yang Tidak Aktif

Google cenderung memperbaiki salah satu masalah penyimpanan terbesar pada perangkat Android-nya dengan fitur baru di Android 8.1 Oreo. Sepotong kode di kerangka AOSP (Android Open Source Project) mengisyaratkan fitur hemat ruang baru. Menurut kode yang pertama kali dilihat oleh XDA-Developers, Android 8.1 akan membuat aplikasi tidak aktif yang belum pernah digunakan dalam beberapa saat.



Perusahaan menekankan pada fitur yang akan "Mengurangi ukuran aplikasi dengan menurunkan aplikasi tidak aktif" seperti yang terlihat dalam kode. Perusahaan bulan lalu menyediakan Pratinjau Pengembang Android 8.1 untuk perangkat Pixel dan Nexus yang kompatibel. Fitur ini kemungkinan besar menandai aplikasi sebagai "tidak aktif" yang belum pernah digunakan untuk beberapa waktu dan akan mengurangi ukuran aplikasi.

Kode sumber menjelaskan fitur aplikasi baru yang tidak aktif, dengan mengatakan bahwa hal itu akan memicu saat perangkat memiliki ruang yang rendah. Aplikasi aktif adalah aplikasi yang baru aktif di latar depan atau latar belakang, atau bahkan saat digunakan oleh aplikasi lain. Aplikasi yang tidak aktif selama beberapa hari kemudian diturunkan versinya. "Di Android 8.1, aplikasi yang ditandai" tidak aktif "tidak berjalan melalui dexopt, alat Android yang mengoptimalkan file .dex untuk menghasilkan file .odex," jelas pos XDA-Developers. Tindakan ini berakibat pada aplikasi yang menghabiskan lebih sedikit ruang di cache kompilator.

Diumumkan baru-baru ini, Pratinjau Pengembang Android 8.1 membawa banyak perubahan. Android 8.1 akan memungkinkan aplikasi hanya membuat satu notifikasi peringatan suara per detik yang tidak akan mempengaruhi aspek lain dari perilaku pemberitahuan dan pesan pemberitahuan yang masih diposkan seperti yang diharapkan. Halaman Setting juga akan menerima refresh dan akan sport color navigation bar. Perubahan kecil lainnya adalah ikon untuk pemberitahuan Sistem Android yang biasanya memberitahukan pembaruan pada perangkat. Upgrade besar akan datang ke pengaturan Bluetooth yang sekarang akan menunjukkan tingkat baterai di Quick Settings yang berarti Anda dapat melihat tingkat baterai aksesori Bluetooth yang terhubung dari tombol Cepat Setelan. Pratinjau Pengembang Android 8.1 juga memperkenalkan bar Pencarian baru di bagian atas halaman Pengaturan yang sejauh ini terbatas pada perangkat Pixel baru.