Bagaimana Menggunakan WhatsApp pada PC atau Laptop

WhatsApp tidak diragukan lagi adalah salah satu aplikasi pesan instan terpopuler. Ini memiliki sekitar 1 miliar pengguna aktif. Aplikasi ini adalah iklan multi platform satu ini merupakan bagian terbaiknya. Whatsapp benar-benar menyenangkan di layar yang lebih kecil tapi bagaimana jika Anda ingin menggunakannya di layar yang lebih besar seperti di laptop atau PC Anda?



Nah jangan khawatir karena para pengembang sudah Mempersiapkannya. Namun, kami akan menjelaskan proses bagaimana menggunakan Whatsapp di komputer secara lebih rinci disini.

Bagaimana Menggunakan WhatsApp Di Komputer atau Laptop


Dengan teknologi yang semakin maju setiap harinya, pilihan untuk semuanya semakin luas. Jadi, ketika harus menggunakan Whatsapp di komputer, ada tiga cara yang mungkin untuk itu dan kami telah menjelaskan semuanya secara rinci di sini. Sebelum melanjutkan prosesnya, pastikan persyaratan berikut.

  1. Whatsapp terinstal di telepon Anda
  2. Telepon terhubung ke internet (Gunakan data mobile atau Wi-Fi)
  3. Komputer ke Wi-Fi juga atau terhubung internet.


Metode 1: Web Client


  1. Pertama, masuklah ke halaman web Whatsapp melalui link web.whatsapp.com Saat membuka tautan, kode QR besar akan ditunjukkan kepada Anda.
  2. Selanjutnya, buka Whatsapp di ponsel Anda dan masuk ke Settings> Whatsapp web. Berikut scroll ke bawah untuk memilih pilihan Scan QR code.
  3. Sekarang pegang telepon Anda ke layar komputer, pastikan untuk mengarahkan kamera ke arah yang benar dan akan memindai kode QR secara otomatis.
  4. Setelah pemindaian dilakukan, Whatsapp di komputer akan segera dibuka dan Anda dapat mulai menggunakannya dengan benar di komputer Anda. Ponsel bisa ditutup saat itu. Begitulah, jadi nikmati Whatsapp di layar lebar Anda.


Metode 2: Melalui Aplikasi Desktop

Metode kedua untuk menggunakan Whatsapp di komputer adalah melalui aplikasi desktop Whatsapp yang berdiri sendiri. Aplikasi ini diluncurkan pada bulan Mei 2016 yang memungkinkan pengguna Mac dan Windows menggunakan aplikasi instant messaging di PC mereka tanpa kerumitan. Prosesnya dijelaskan di bawah ini.



  1. Pertama, buka halaman  Download WhatsApp web.whatsapp.com/download di komputer Anda dan pasanglah.
  2. Jika Anda pengguna Windows PC, ekstrak file .exe dan jalankan perintah berikut pada petunjuk di layar. Tapi pengguna Mac perlu unzip file terlebih dahulu dan kemudian memindahkan aplikasi ke folder Application.
  3. Selanjutnya, Anda akan melihat kode QR yang besar.
  4. Sekarang makan siang aplikasi yang sama di ponsel Anda dan masuk ke setting> Whatsapp Desktop.
  5. Begitu juga memindai kode QR pada sistem dengan menempatkan kamera ponsel di PC.
  6. Pemindaian akan berlangsung secara otomatis setelah itu Whatsapp akan siap di PC Windows dan Mac Anda.


Apa perbedaan antara desktop Whatsapp dan web Whatsapp? Aplikasi desktop mandiri memungkinkan Anda menggunakan pintasan keyboard dan Anda dapat menggunakannya seperti program lain pada mesin. Tapi tidak bisa digunakan pada mesin apa pun hanya saat versi web aplikasi dapat digunakan di setiap sistem, baik di rumah atau di kantor.


Metode 3: Melalui BlueStacks Emulator

Cara lain yang bagus untuk mendapatkan Whatsapp di PC adalah melalui emulator BlueStacks. Dua jenis emulator BlueStacks tersedia, normal dan Tipis. Banyak pengguna telah menyatakan masalah saat menggunakan emulator BlueStacks Normal, jadi kami sarankan Anda menggunakan emulator BlueStacks Tipis. Baca prosesnya selangkah demi selangkah.



  1. Pertama, download dan instal emulator BlueStacks di PC Anda. Tapi pastikan terlebih dahulu memiliki minimal 2GB ruang kosong sebelum men-download.
  2. Setelah diunduh, Anda akan mendapatkan layar yang berisi pilihan berbeda seperti fashion, game, messaging dll. Pilih messaging dan kemudian Whatsapp dari daftar. Selain itu, Anda dapat menelusuri aplikasi ini di bilah penelusuran yang tersedia di sana.
  3. Ketuk untuk mendownload dan saat proses download selesai, tekan tombol 'Agree' untuk melanjutkan.
  4. Pertama, Anda akan diminta masuk ke negara Anda dan kemudian nomor teleponnya. Begitu nomor telepon masuk, proses verifikasi akan dimulai. Anda akan mendapatkan kode verifikasi ke nomor kontak Anda. Masukkan kode yang Anda terima ke PC.
  5. Tetapi jika Anda tidak menerima kode verifikasi melalui SMS, gunakan fungsi panggilan untuk mendapatkannya.
  6. Setelah memasukkan kode verifikasi ke ruang yang tersedia, proses penyiapan akan dimulai. Jadi, siapkan profil Anda saat itu dan mulailah menggunakan aplikasi di PC.


Ini adalah cara menggunakan Whatsapp di komputer. Tiga proses dijelaskan disini. Anda bisa menggunakan salah satu yang paling sesuai untuk Anda. Namun ketiga proses tersebut mengharuskan Anda untuk tetap terhubung dengan koneksi internet melalui Wi-Fi. Gunakan WhatsApp pada layar yang lebih besar dan ketik dengan lancar sebanyak yang Anda inginkan dengan menggunakan shortcut keyboard. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk menggunakan emo, GIF dan hal-hal lain seperti versi mobile.