Sakit Pinggang dan Sakit Kepala? Gunakan Daun Ajaib ini!

Sebagai orang Indonesia, kita selalu memilih pengobatan alami dari obat-obatan. Semakin alami dan menjauhkan penyakit, semakin baik kepercayaan yang kita miliki di dalamnya. Sebagian besar penyakit dapat diobati dengan pengobatan alami. Kita hanya perlu mengenalkan diri kita dengan 'ifs and buts' dari segala sesuatu yang kita miliki di rumah kita, dan akan mengejutkan melihat seberapa banyak kita dapat memperlakukan diri kita sendiri selama sakit, pada kenyamanan rumah. Salah satu obat ajaib tersebut, yang tersedia di setiap rumah tangga adalah daun salam!



Selain menambahkan rasa lezat ke berbagai masakan India, daun salam memiliki banyak manfaat kesehatan seperti mengurangi nyeri sendi dan sakit kepala. Selanjutnya, mereka membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menenangkan sistem saraf dan mengurangi stres dan kecemasan untuk memberi nama sangat sedikit.

Begini cara menyiapkan minyak dengan daun salam:


  1. Ambil 250 ml minyak zaitun dan daun salam 30 gms.
  2. Rendam daun salam di minyak zaitun.
  3. Tambahkan campuran dalam botol kaca dan simpan di tempat yang gelap selama 2 minggu.
  4. Pastikan Anda tidak banyak memindahkan botol dalam 2 minggu ini.
  5.  Kocok saja sesekali.
  6. Saring minyak 2 minggu kemudian dengan bantuan kain dan tuangkan ke dalam wadah lain.
  7. Simpan di tempat yang dingin dan oleskan pada yang terkena dampak adalah setiap kali Anda merasa sakit.


Manfaat daun salam lainnya:


  1. Daun Bay dapat digunakan sebagai pengganti asprins.
  2. Mereka membantu dalam penyembuhan sakit perut dan merangsang nafsu makan.
  3. Masalah kulit, pori-pori dan jerawat bisa diperbaiki dengan bantuan minyak daun salam.
  4. Daun Bay meningkatkan aktivitas mental.
  5. Mereka membantu dalam menstimulasi keringat.

Daun salam biasanya menjadi salah satu bumbu penyedap bagi masakan. Daun salam biasanya dicampurkan pada masakan dalam bentuk kering ataupun masih segar. Salam memang menjadi teman dapur bagi ibu rumah-rumah tangga, namun daun salam merupakan tanaman herbal yang mampu memberikan manfaat bagi kesehatan sebagai tanaman obat, bahkan untuk kecantikan. Berikut Ini beberapa diantaranya :


Manfaat Daun Salam Untuk Pengobatan


Daun salam mengandung senyawa, vitamin dan mineral yang menawarkan berbagai manfaat. Tanaman ini juga banyak dipercayai oleh orang-orang Yunani dan Romawi yang melambangkan kebijaksanaan, kedamaian dan perlindungan. Berbagai manfaat kesehatan daun salam seperti berikut :

1. Pengobatan Diabetes

Manfaat daun salam telah terbukti efektif untuk mengobati diabetes tipe 2 menurunkan glukosa darah, kolesterol dan trigliserida. Untuk hasil yang maksimal, daun salam bubuk dapat dikonsumsi selama 30 hari. Antioksidan pada daun salam memungkinkan tubuh untuk memproses insulin yang efisien, sehingga baik untuk penderita diabetes dan orang yang mengalami resistensi insulin.



Top Herbal Untuk Diabetes


2. Mempengaruhi Kardiovaskuler

Senyawa yang berharga seperti rutin, salisilat, asam caffeic dan fitonutrien yang kuat dalam daun salam, dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah stroke. Flavanoid  membantu menormalkan darah pada penderita hipertensi. 10 lembar daun salam di cuci bersih, kemudian rebus daun salam dengan tiga gelas air. Minum selagi hangat satu kali dalam sehari.


3. Meredakan Rasa Sakit

Minyak yang diekstrak dari daun salam mengandung sifat anti inflamasi yang akan mengurangi rasa sakit akibat keseleo, strain, arthritis, rematik serta nyeri. Minyak daun salam dapat membantu meringankan migrain dan sakit kepala. Daun salam juga akan meningkatkan sirkulasi darah. Dalam kasus nyeri sendi, daun salam tanah dan daun jarak yang diikatkan pada daerah sekitar sendi yang meradang, akan mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.


4. Pencegahan Kanker

Daun salam mengandung asam caffeic, quercetin, euganol dan catechin yang memiliki sifat perlindungan dan memberikan perlawanan terhadap berbagai jenis kanker. Daun salam juga salam mengandung phytonutrient yang disebut parthenolide dan telah terbukti secara khusus menahan proliferasi sel kanker serviks.


Untuk Kanker


5. Pengobatan Batuk

Daun salam yang efektif memerangi gejala pilek, flu dan infeksi. Dalam kasus gangguan pernafasan, rebus air dan tambahkan 2 sampai 3 lembar daun salam. Biarkan menguap selama 10 menit. Rendam kain dalam air ini dan letakkan di dada untuk meringankan flu, pilek dan batuk.

6. Pengusir Serangga

Daun salam adalah obat nyamuk alami yang dengan kandungan asam laurat. Hidangan dari daun salam akan mengusir serangga. Minyak dari ekstrak daun salam yang dioleskan, akan mengurangi sengatan dan gigitan serangga.


7. Pengobatan Gangguan Ginjal

Daun salam akan membantu mengobati infeksi ginjal, bahkan batu ginjal. Resep pengobatan ini hanya dengan mendidihkan 5 gram daun salam dan 200 ml air sampai 50 ml air. Saring dan minum ramuan ini dua kali sehari, untuk menghentikan pembentukan batu ginjal.

8. Pengobatan asam urat

Kandungan zat purin pada tubuh dapat bertumpuk dan menyebabkan gejala asma urat. Kita dapat mengambil manfaat daun salam untuk mengurangi asam urat. Caranya, ambil sekitar 10 lembar daun salam dan kemudian cuci bersih. Rebus dengan 10 gelas air, sampai sisa air tinggal 5 gelas. Minum rebusan ini dua kali sehari rebuasn ini.




Manfaat Daun Salam bagi Kecantikan


Nilai gizi daun salam membuat mereka bermanfaat bagi kesehatan rambut. Ini memiliki manfaat sebagai berikut untuk rambut Anda.

9. Mengatasi Rambut Rontok dan Ketombe

Air bilasan yang terbuat dari daun salam, efektif dalam mengobati ketombe. Daun salam dianggap sebagai obat yang bagus untuk rambut rontok. Minyak daun salam berguna sebagai tonik untuk rambut yang efektif memerangi ketombe dan rambut rontok.


10. Menyingkirkan Kutu Rambut

Untuk menyingkirkan kutu rambut, rebus sekitar 50 gram daun salam dengan 400 ml air sampai 100 ml air. Saring air untuk menerapkan ramuan ini pada akar rambut. Biarkan selama 3 sampai 4 jam dan bersihkan, untuk menyingkirkan kutu kepala secara efektif.


11. Meredakan Kulit Stress

Daun salam akan membantu mengatasi kulit stres, sehingga mencegah terjadinya kulit keriput. Caranya : didihkan 5 daun salam kering dengan 2 gelas air dengan wadah tertutup. Kemudian buka tutupnya dan biarkan mendidih sekitar 2 menit. Sekarang tuangkan minuman ke dalam mangkuk besar dan menutupi kepala Anda dengan handuk, menghirup uap ini.


Rincian Gizi Daun Salam


Berbagai manfaat daun salam dapat dikaitkan dengan nilai gizi yang kaya. Daun ini sangat kaya akan vitamin serta tembaga, kalium, kalsium, magnesium, seng, besi, selenium dan mangan. Mereka juga mengandung fitokimia penting dan minyak atsiri.

  1. Vitamin C – Daun salam merupakan sumber yang kaya manfaat vitamin C. 100 gram daun salam segar menyediakan sekitar 46,5 mg vitamin ini, yang setara dengan 77,5% kebutuhan harian yang direkomendasikan (RDA).
  2. Vitamin A – Daun salam merupakan sumber manfaat vitamin A yang sangat baik dan menyediakan sekitar 6.185 IU (International Unit) atau 206% dari asupan harian vitamin ini.
  3. Asam Folat – Daun salam mengandung asam folat, setiap 100 gram daun salam menyediakan sekitar 180 mg atau 45% dari asupan harian.
  4. Mineral – Daun salam sangat kaya akan mineral seperti tembaga, kalium, kalsium, magnesium, mangan, seng, besi dan selenium. Kalium adalah sebuah komponen penting dari sel dan cairan tubuh, untuk mengontrol tekanan darah dan detak jantung. ,Mangan dan tembaga digunakan tubuh sebagai faktor co enzim.
Ada beberapa jenis tanaman yang disebut daun salam, tapi satu-satunya daun salam yang benar adalah jenis Laurus nobilis. Daun dari tanaman lain tidak dapat dikatakan memiliki manfaat kesehatan yang sama, dan beberapa dapat menjadi racun, meskipun terlihat mirip dengan daun salam. Daun salam California, atau Umbellularia californica sering dijual sebagai “daun salam California,” tetapi mereka diduga merusak sistem saraf pusat dan menyebabkan gangguan pernapasan saat dihirup