Wow! Video Kamera Sharp 8K Seharga Rp 1 Miliar

Dengan perekaman 4K yang tersedia di banyak smartphone dan resolusi 4K cukup banyak spesifikasi standar pada perangkat TV, sepertinya industri ini sekarang mendorong untuk pindah ke wilayah 8K lebih cepat. Kontribusi Sharp hadir dalam bentuk camcorder 8C-B60A 8K yang baru yang ditujukan untuk penyiar dan akan ditempatkan di Olimpiade Tokyo 2020.



Kamera ini dilengkapi dengan sensor Super 35mm yang ukurannya kira-kira sama dengan yang ada di Red Helium Weapon 8K dan mampu merekam rekaman 60 fps 10 bit. Codec HQX Grass Valley membantu menjaga ukuran file pada tingkat yang dapat diatur namun kamera dilengkapi dengan paket SSD 2TB khusus yang dikembangkan bekerjasama dengan Astrodesign dan dapat menampung sekitar 40 menit video 8K.

Lensa PL dapat menggunakan lensa Zeiss dan Leica, yang seharusnya memberi banyak pilihan bagi Produksi film untuk membuat tampilan yang spesifik dan menjadikan kamera sebagai pilihan yang jauh melampaui bidang berita dan olahraga.

Selain itu, 8C-B60A dilengkapi dengan sejumlah fitur yang ditujukan untuk pengguna siaran, seperti pegangan dan jendela bidik terpadu, serta perekaman dan keluaran simultan dan bantalan bahu.

Semua fitur itu tidak murah harganya. Dengan label harga $ 77.000 atau sekitar Rp. 1 Miliar , 8C-B60A akan berada di luar jangkauan penggemar dan pengguna, namun ini akan membantu penyiar dan produsen besar menggerakkan 8K dan membantu produsen, seperti Sharp, mendorong angka penjualan untuk display 8K.