Apakah Suplemen Glukosamin Bermanfaat untuk Radang Sendi?

Gula amino yang diproduksi secara alami di dalam tubuh, glukosamin telah digunakan sebagai suplemen diet untuk pengobatan artritis. Penyakit degeneratif yang menyebabkan rasa sakit dan kekakuan pada persendian, memburuk seiring bertambahnya usia dan tidak banyak obat yang bisa dilakukan. Dengan itu menyebabkan kesulitan dalam berjalan, arthritis menyebabkan nyeri sendi yang luar biasa dan bahkan cacat. Meskipun tidak ada kemungkinan penyembuhan radang sendi, seseorang hanya bisa bekerja untuk memperlambatnya dan membuatnya kurang parah. Dan suplemen glukosamin telah terbukti menjadi pengobatan yang efektif untuk arthritis.



Suplemen glukosamin tersedia dalam bentuk minuman campuran, kapsul, gel lunak atau tablet. Para ilmuwan percaya bahwa suplemen glucosamine membantu melindungi tulang rawan di dalam sendi. Selain itu, mereka membantu mengurangi peradangan, yang merupakan alasan utama untuk rincian tulang rawan pada pasien arthritis.

Seberapa efektif suplemen glucosamine?

Efektivitas suplemen glukosamin telah menjadi topik yang bisa diperdebatkan.

Osteoartritis dan rheumatoid arthritis adalah dua jenis radang sendi yang paling umum.

Beberapa penelitian mengklaim bahwa glucosamine mungkin membantu mengurangi nyeri pada persendian dan gejalanya pada pasien osteoartritis dari waktu ke waktu. Namun, ada kemungkinan studi ini dipengaruhi industri. Saat ini, tidak ada penelitian jangka panjang dan besar yang dapat memberi sikap positif terhadap dampak glukosamin pada pasien osteoarthritis. Ada peneliti yang percaya bahwa suplemen glukosamin secara klinis tidak relevan.

Rheumatoid arthritis, di sisi lain, kurang umum dibandingkan dengan osteoartritis dan merupakan kondisi di mana sistem kekebalan menyerang sendi. Rheumatoid arthritis tidak disebabkan karena keausan sehari-hari. Dikatakan bahwa para ilmuwan telah mengasumsikan bahwa suplemen glukosamin tidak berpengaruh pada pasien yang menderita rheumatoid arthritis. Meskipun demikian, masih ada bukti terbatas yang menyatakan bahwa glukosamin hidroklorida dapat memperbaiki kondisi pasien rheumatoid arthritis.

Miliki dosis glukosamin yang tepat

Pasien arthritis disarankan untuk mengkonsumsi suplemen glukosamin dengan makanan sebanyak 3 kali dalam sehari. Sebanyak 1500 mg glukosamin harus dikonsumsi dalam satu hari. Selain itu, tidak ada efek samping serius yang dilaporkan dari suplemen glukosamin.

Pilih suplemen glukosamin dengan bijak

Para ahli menyarankan agar seseorang memilih suplemen yang berbentuk sulfat dan bukan yang berbentuk hidroklorida. Selain itu, pilih suplemen hanya setelah hati-hati menjalankan pemeriksaan kualitas produk.